Gender Equality – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Gender Equality – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Gender Equality – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Isu kesetaraan gender masih terus digulirkan karena masih ada deskriminasi atau penindasan kepada para wanita di berbagai negeri dan biasanya yang memproklamasikan masalah ini orang islam sendiri dan mereka melakukan ini karena tak adanya rasa aman dan wanita selalu di deskriminasi.


Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook :
Syafiq Riza Basalamah Official / https://www.facebook.com/SyafiqRizaBasalamahOfficial

Instagram :
Syafiq Riza Basalamah Official /
https://www.instagram.com/syafiqrizabasalamah_official/

Twitter :
Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq /
https://twitter.com/ustadzsyafiq

Telegram :
Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official
https://t.me/SRB_Official

Website :
http://www.syafiqrizabasalamah.net/

Soundclud :
https://soundcloud.com/syafiqrizabasalamah

source


Comments

16 responses to “Gender Equality – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.”

  1. Barakallahu fiik,,
    Smg dg gender in tdk merubah fitrah n tggjwb sbg anak n sbg ibu,,,🙏🙏🙏

  2. assalamualaikum ustadz

  3. Bismillahirrahmanirrahim

  4. Assalamualaikum ustadz

  5. Alhamdulillah terimakasih ustadz sudah membahas tema ini, jujur miris kdang liat ada influencer yg membahas begini, dan mendukung kesetaraan gender.. padahal dalam agama sudah jelas

  6. "salafi palsu/wahabi"*PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN*
    (salafi palsu/wahabi)

    1. Maraknya para professional salafi palsu yang bertitle LC menjadi “ustadz-ustadz‟ mereka (di Indonesia).

    2. Ustad salafi palsu yang sering menjadi rujukan mereka adalah:

    a. Ibnu Taymiyyah al-Harrani

    b. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah

    c. Muhammad bin Abdul Wahhab

    d. Syekh Abdul Aziz bin Baz

    e. Nasiruddin al-Albani

    f. Syeikh Sholeh al-Utsaimin

    g. Syeikh Sholeh al-Fawzan

    h. Adz-Dzahabi dll.

    3. Sering mendakwahkan untuk kembali kepada al-Qura-n dan Hadits tetapi hanya paham seporoh (tanpa menyebut para ulama’, sedangkan al-Qur-an dan Hadits sampai kepada umat Islam melalui para ulama’ dan para ulama’ juga lah yang memelihara dan menjabarkan kandungan al-Qur’an dan Hadits untuk umat ini).

    4. Sering mengkritik Imam al-Ghazali dan kitab “Ihya’ Ulumuddin”

    PENGKHIANATAN "salafi palsu/wahabi" KEPADA UMAT ISLAM

    1. Bersekutu dengan Inggris dalam menjatuhkan kerajaan Islam Turki Utsmaniyyah.

    2. Melakukan perubahan kepada kitab-kitab ulama’ yang tidak sehaluan dengan mereka.

    3. Banyak ulama’ dan umat Islam dibunuh sewaktu kebangkitan mereka di timur tengah.

    4. Memusnahkan sebagian besar peninggalan sejarah Islam seperti tempat lahir Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, meratakan maqam al-Baqi’ dan al-Ma’la [makam para isteri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di Baqi’, Madinah dan Ma’la, Mekah], tempat lahir Sayyiduna Abu Bakar dll, dengan hujjah tempat tersebut bisa membawa kepada syirik.

    5. Di Indonesia, sebagian mereka dulu dikenali sebagai Kaum Muda atau Mudah [karena hukum fiqh mereka yang mudah, ia merupakan bentuk ketaatan bercampur dengan kehendak hawa nafsu].
    6. Hanya luar saja terlihat sunah seperti berjenggot celana cingkrang dan menyombongkan sunah lainnya tetapi aqidah dan tauhid tidak sunah "terputus dari ajaran rosul"

  7. sunni salaf (terdahulu) asli bukan palsu yang dari arab sebelum didirikan negara arab oleh wahabi/salafi palsu
    Nama=.               Lahir

    Imam Hanafi      80 h
    Imam Maliki        93 h
    Imam syafiih      150 h
    Imam Hambali   164 h
    Imam as asy,ari  240 h

    Silsilah sampai ke rossul

    Sebaik-baik manusia adalah pada generasiku (yakni sahabat), kemudian orang-orang yang mengiringinya (yakni tabi’in), kemudian orang-orang yang mengiringinya (yakni generasi tabi’ut tabi’in).” (mutawatir. HR. Bukhari

    Salafi palsu/Wahabi/ngaku salafi >Kholaf (terakhir)
    Nama                                            lahir

    Ibnu Taimiyah                              661 h                        
    Muhamad bin Abdul Wahab.    1115 h
    Abdullah bin baz.                        1330 h
    Shaikh Albani                               1333 h
    Shaikh ustmaini.                          1347 h

    Silsilah terputus

    Diakhir zaman Akan lahir suatu kaum yang masi muda dan bodoh mereka mengatakan sebaik baiknya perkataan manusia (Muhamad),membaca Alqur'an tidak sampai kecuali pada kerongkongan mereka keluar dari agama sebagaimana melawat anak panah dari busurny
    HR Bukhori & muslim

  8. 😘😍😍 ᴮⁱˢᵐⁱˡˡᵃʰ

    ᴮᵉʳⁱᵏᵘᵗ ⁱⁿⁱ ᵃᵈᵃˡᵃʰ ᵈᵃᶠᵗᵃʳ ᵁˡᵃᵐᵃ, ᵁˢᵗᵃᵈᶻ² & ᵖᵃʳᵃ ᴴᵃᵇᵃⁱᵇ ᴬˢʷᵃʲᵃ ᴵⁿᵈᵒⁿᵉˢⁱᵃ  ʸᵃⁿᵍ ᵇⁱˢᵃ ᵏⁱᵗᵃ ʲᵃᵈⁱᵏᵃⁿ ʳᵘʲᵘᵏᵃⁿ ᵈᵃˡᵃᵐ ᵇᵉʳᵃᵍᵃᵐᵃ .

    ¹.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴿᴵᶻᴵᴱQ ˢʰⁱʰᵃᵇ
    ².ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᴬᵇᵈᵘˡ ˢᵒᵐᵃᵈ ᴸᶜ ᴹᴬ
    ².ᴮᵘʸᵃ ʸᵃʰʸᵃ ᵖⁱᵐᵖⁱⁿᵃⁿ ᵖᵒⁿᵈᵒᵏ ᵖᵉˢᵃⁿᵗʳᵉⁿ ᵃˡ⁻ᵇᵃʰʲᵃʰ
    ³.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᴬᵈⁱ ᴴⁱᵈᵃʸᵃᵗ ᴸᶜ ᴹᴬ
    ⁴.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᴴᵃⁿᵃⁿ ᵃᵗᵃᵏⁱ
    ⁵.ᴷ.ᴴ ᴵᵈʳᵘˢ ᴿᵃᵐˡⁱ
    ⁶.ᴳᵘˢ ᴮᵃʰᵃ
    ⁷.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴮᵃʰᵃʳ ᵇⁱⁿ ˢⁱᵐⁱᵗ
    ⁸.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᵈᵃˢ'ᵃᵈ ᴸᵃᵗⁱᶠ
    ⁹.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴸᵘᵗᶠⁱ ᵇⁱⁿ ʸᵃʰʸᵃ
    ¹⁰.ᴷ.ʰ ᴬⁿʷᵃʳ ᶻᵃʰⁱᵈ
    ¹¹.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᵀᵃᵘᶠⁱq ᴬˢˢᵉᵍᵃᶠ ᴾᵃˢᵘʳᵘᵃⁿ
    ¹².ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴺᵒᵛᵉˡ ᴬˡᵃʸᵈʳᵘˢ
    ¹³.ᴷʰ.ᴹᵘˢᵗᵃ'ⁱⁿ ˢʸᵃᶠⁱ'ⁱ
    ¹⁴.ᴳᵘˢ ᶠᵃʰᵐⁱ ⁽ᶜᵘᶜᵘⁿʸᵃ ᴹᵇᵃʰ ᴴᵃˢʸⁱᵐ ᴬˢʸ'ᵃʳⁱ⁾
    ¹⁵.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᴴᵃⁱᵏᵃˡ
    ¹⁶.ᴴᵃᵇⁱᵇ ˢʸᵉᵏʰ ᵇⁱⁿ ᴬᵇᵈᵘˡ Qᵒᵈⁱʳ ᴬˢˢᵉᵍᵃᶠ
    ¹⁷.ᵁˢᵗᵃᵈ ᵘᵇᵃⁱᵈⁱˡˡᵃʰ ʰᵃᶠⁱᶻᵘˡˡᵃʰ ᵖⁱᵐᵖⁱⁿᵃⁿ ᵖᵒⁿᵈᵒᵏ ᵖᵉˢᵃⁿᵗʳᵉⁿ ᵃˡ. ᶠᵃᵗʰ ᵗᵉᵐᵇᵒʳᵒ ᵐᵃᵍᵉᵗᵃⁿ
    ¹⁸. ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴬⁿⁱˢ ᴬˢˢᵉᵍᵃᶠ
    ¹⁹. ᴴᵃᵇⁱᵇ ᵐᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ ᵇⁱⁿ ʰᵘˢᵉⁱⁿ ᵃˡ ʰᵃᵇˢʸⁱ ⁽ ˢᵒˡᵒ⁾
    ²⁰.ᴷ.ᴴ ᴳʸᵐⁿᵃˢᵗⁱᵃʳ
    ²¹. ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᴮᵃᶜʰᵗⁱᵃʳ ᴺᵃˢʰⁱʳ
    ²².ᴷʰ.ᴹᵘˡʸᵃᵈⁱ ᵖᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᵖᵒⁿᵈᵒᵏ ᵖᵉˢᵃⁿᵗʳᵉⁿ ᵈᵃʳᵘˡ ᴵʰˢᵃⁿ ᴳʳᵉˢⁱᵏ
    ²³.ᴮᵘʸᵃ ᴹᵃʷᵃʳᵈⁱ ᴬᵈᵈᵃʳʸ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᵖᵒⁿᵈᵒᵏ ᵖᵉˢᵃⁿᵗʳᵉⁿ ᵈᵃʳᵘˡ ᵁˡᵘᵐ ᴹᵃⁿᵈᵃⁱˡⁱⁿᵍ ᴹᵉᵈᵃⁿ
    ²⁴.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴬˡⁱ ᶻᵃⁱⁿᵃˡ ᴬᵇⁱᵈⁱⁿ ⁽ᴬᶻ⁻ᶻᵃʰⁱʳ⁾
    ²⁵.ᴷʰ ᴴᵃᶠⁱᵈ ʰᵃᵏⁱᵉᵐ ᴺᵒᵉʳ
    ²⁶.ᴳᵘˢ ᵐᵘʷᵃᶠⁱq ⁽ᴶᵒᵍʲᵃ⁾
    ²⁷.ᴴᵃᵇⁱᵇ ʲⁱⁿᵈᵃⁿ ᴶᵃᵏᵃʳᵗᵃ
    ²⁸.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴶᵃᵐᵃˡ ᵇⁱⁿ ᵀʰᵒʰᵃ
    ²⁹.ᵁˢᵗᵃᵈ ᴬʰᵐᵃᵈ ˢᵃˡⁱᵐ ᶠⁱˡˡᵃʰ
    ³⁰.ᵁˢᵗᵃᵈ ᶠᵉˡⁱˣ ˢᵃᵘʷ
    ³¹.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᶻᵘˡᵏⁱᶠˡⁱ ᴹᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ ᴬˡⁱ
    ³².ᴴᵃᵇⁱᵇ ᶻᵃⁱⁿ ᴬˡᵏᵃᶠᶠ ⁽ᴬˡᵇᵃʸʸⁱⁿᵃᵗ⁾
    ³³.ᴴᵃᵇⁱᵇ ˢᵉⁱᶠ ᴬˡʷⁱ ᵇᵃ ᴬˡᵃʷⁱ ᵖⁱᵐᵖⁱⁿᵃⁿ ᵐᵃʲᵉˡⁱˢ ᵃʰᵇᵃᵇᵘʳʳᵃˢᵘˡ ˢᵃʷ
    ³⁴.ˢʸᵉᵏʰ ᴬˡⁱ ᴶᵃᵇᵉʳ
    ³⁵.ᵁˢᵗᵃᵈ ʸᵃʰʸᵃ ᴵˢʰᵃᵃq ᴸᶜ.ᴹᵃ
    ³⁶.ᵁˢᵗᵃᵈ ᴬʳⁱᶠⁱⁿ ᴵˡʰᵃᵐ
    ³⁷.ᴷʰ.ᵐᵃⁱᵐᵘⁿ ᶻᵘᵇᵃⁱʳ
    ³⁸.ᴷ.ᵐᵘˢᵗʰᵒᶠᵃ ᵇⁱˢʳⁱ
    ³⁹.ᴳᵘˢ ᴰᵘʳ
    ⁴⁰.ᴳᵘʳᵘ ᴬᵇᵃʰ ˢᵉᵏᵘᵐᵖᵘˡᵃⁿ
    ⁴¹.ᵁˢᵗᵃᵈ ᴶᵉᶠʳⁱ ᴬˡ'ᵇᵘᵏʰᵒʳⁱ
    ⁴². ᴷᴴ. ᵀᵒʰⁱʳ ᶻᵃⁱⁿ ᴴᵃᵐⁱᵈ ⁽ᴹᵃᵐᵇᵃᵘˡ ᵁˡᵘᵐ ᴮᵃᵗᵃ⁻ᴮᵃᵗᵃ⁾ ᴾᵃᵐᵉᵏᵃˢᵃⁿ ᵐᵃᵈᵘʳᵃ.
    ⁴³.ᴴᵃᵇⁱᵇ ˢᵉᵍᵃᶠ ᵇⁱⁿ ᴴᵃˢᵃⁿ ᴮᵃʰᵃʳᵘⁿ
    ⁴⁴.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴹᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ ᴬˡ'ʰᵃᵇˢʸⁱ
    ⁴⁵.ᴷ.ᴴ ᵀᵉⁿᵍᵏᵘ ᶻᵘˡᵏᵃʳⁿᵃⁱⁿ
    ⁴⁶.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴬʰᵐᵃᵈ ᴬˡ'ʰᵃᵇˢʸⁱ
    ⁴⁷.ˢʸᵉᵏʰ ᴬʰᵐᵃᵈ ᵃˡ⁻ᵐⁱˢʳⁱ
    ⁴⁸.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴬʰᵐᵃᵈ ᵇⁱⁿ ᴹᵘˢᵗʰᵒᶠᵃ ᴬˡ ᴴᵃᵈᵈᵃᵈ
    ⁴⁹.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᵁˢᵐᵃⁿ ᵇⁱⁿ ᵁᵇᵃⁱᵈⁱˡˡᵃʰ ᴮⁱⁿ ʸᵃʰʸᵃ ᶜⁱˢᵃʳᵘᵃ ᴮᵒᵍᵒʳ ᵖᵘⁿᶜᵃᵏ
    ⁵⁰.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴺᵃᵇⁱˡ ᵇⁱⁿ ᶠᵘᵃᵈ ᴬˡ ᵐᵘˢᵃʷᵃ
    ⁵¹.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴴᵘˢᵃᵉⁿⁱ
    ⁵².ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴹᵃʰᵈⁱ ᴬˢˢᵉᵍᵃᶠ
    ⁵³.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᶻᵃᶜᵏʸ ᴮⁱⁿ ᴺᵃʲⁱᵇ ᴮⁱⁿ ʸᵃʰʸᵃ
    ⁵⁴.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴴᵃˢᵃⁿ ᵇⁱⁿ ᴶᵃ'ᶠᵃʳ
    ⁵⁵.ᴷʰ.ᶻᵃⁱⁿᵘᵈᵈⁱⁿ ᴹᶻ
    ⁵⁶. ᴴᵃᵇⁱᵇ ˢʰᵒˡᵉʰ ᴬˡ⁻ᴶᵘᶠʳⁱ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴰᵃʳᵘˡ ᴹᵘˢᵗʰᵒᶠᵃ ˢᵒˡᵒ
    ⁵⁷.ᴷᴴ.ᴿ. ᴹᵃᵘˡᵃⁿᵃ ᴺᵃⁿᵃⁿᵍ ᴵˢʰᵃq, ᴹᴬ. ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴹᵃᵈⁱⁿᵃᵗᵘˡ ᵁˡᵘᵐ ᴮᵃⁿᵈᵘⁿᵍ
    ⁵⁸.ᴷᴴ. ᴹᵃᵘˡᵃⁿᵃ ᴮᵃᵇᵃⁿ ᵀᵃᵘᶠⁱq. ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴬˡ ᴹᵃᵈⁱⁿᵃʰ ᴮᵃⁿᵈᵘⁿᵍ
    ⁵⁹.ᴷᴴ. ᴹᵃᵘˡᵃⁿᵃ ᴳʰᵒᶻᵃˡⁱ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴬˢˢᵃᶠⁱʳ ᴮᵃⁿᵈᵘⁿᵍ
    ⁶⁰.ᴷᴴ. ᴹᵃᵘˡᵃⁿᵃ ᴴᵃʳᵘⁿ ᴬʳ⁻ ᴿᵃˢʸⁱᵈ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴺᵃʲᵐᵘˡ ᴴⁱᵏᵐᵃʰ ᴮᵃⁿᵈᵘⁿᵍ
    ⁶¹.ᴷᴴ. ᴬʰᵐᵃᵈ ᴹᵘᵏʰˡⁱˢᵘⁿ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴰᵃʳᵘˡ ᴹᵘᵏʰˡᵃˢⁱⁿ ᴹᵃᵍᵉˡᵃⁿᵍ
    ⁶².ᴷᴴ.ᴹ. ᴹᵘʰʸⁱᵈᵈⁱⁿ ᴬᵇᵈᵘˡ Qᵒᵈⁱʳ ᴬˡ⁻ᴹᵃⁿᵃᶠⁱ, ᴹᴬ. ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴬˢʸ ˢʸⁱᶠᵃ ᵂᵃˡ ᴹᵃʰᵐᵘᵘᵈⁱʸʸᵃʰ ˢᵘᵐᵉᵈᵃⁿᵍ
    ⁶³.ˢʸᵃⁱᵏʰ ᴹᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ ᴺᵘʳᵘᵈᵈⁱⁿ ᴹᵃʳᵇᵘ ᴬˡ⁻ᴮᵃⁿʲᵃʳⁱ ⁽ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴬᶻ⁻ᶻᵃʸⁿ ᴬˡ⁻ᴹᵃᵏᵏⁱ ᴬˡ⁻'ᴬˡⁱ ᴸⁱᵗᵗᵃᶠᵃqqᵘʰ ᶠⁱᵈᵈⁱⁿ ᴮᵒᵍᵒʳ ⁾
    ⁶⁴.ᴾʳᵒᶠ.ᴰʳ. ᴬˡ ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴬᵇᵘʸᵃ ᴬˢ ˢᵃʸʸⁱᵈ ᴹᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ ᵇⁱⁿ ᴬˡᵃʷⁱ ᴬˡ ᴹᵃˡⁱᵏⁱ ᴬˡ ᴴᵃˢᵃⁿⁱ ⁽ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴰᵃʳᵘˡˡᵘᵍʰᵃʰ ᵂᵃᵈᵈᵃ'ʷᵃʰ ᴮᵃⁿᵍⁱˡ ᴾᵃˢᵘʳᵘᵃⁿ ⁾ ᴬʰˡⁱ ᴴᵃᵈⁱᵗˢ & ᴾᵉⁿᶜᵉᵗᵃᵏ ᴿⁱᵇᵘᵃⁿ ᵁˡᵃᵐᵃ
    ⁶⁵.ᴾʳᵒᶠ.ᴰʳ. ᴬˡ ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴬᵇᵈᵘˡˡᵃʰ ᵇⁱⁿ ᴬᵇᵈᵘˡ Qᵒᵈⁱʳ ᴮⁱˡᶠᵃqⁱʰ ⁽ ᴾᵉⁿᵍᵃˢᵘʰ ᴾᴾ ᴰᵃʳᵘˡ ᴴᵃᵈⁱᵗˢ ᴬˡ ᶠᵃqⁱʰⁱʸʸᵃʰ ᴹᵃˡᵃⁿᵍ ⁾ ᴬʰˡⁱ ᴴᵃᵈⁱᵗˢ & ᴾᵉⁿᶜᵉᵗᵃᵏ ᴿⁱᵇᵘᵃⁿ ᵁˡᵃᵐᵃ
    ⁶⁶. ᴴᵃᵇⁱᵇ Qᵘʳᵃⁱˢʸ ᴮᵃʰᵃʳᵘⁿ ⁽ᴷᵘⁿⁱⁿᵍᵃⁿ, ᴶᵃʷᵃ ᴮᵃʳᵃᵗ⁾
    ⁶⁷. ᴴᵃᵇⁱᵇ ˢʸᵉᵏʰ ᴬˡ ᴴᵃᵇˢʸⁱ ⁽ᴷᵘⁿⁱⁿᵍᵃⁿ, ᴶᵃʷᵃ ᴮᵃʳᵃᵗ⁾
    ⁶⁸. ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴿⁱᶠᵏʸ ᴬˡᵃʸᵈʳᵘˢ ⁽ᴷᵘⁿⁱⁿᵍᵃⁿ, ᴶᵃʷᵃ ᴮᵃʳᵃˣᵗ⁾
    ⁶⁹. ᴷᴴ. ᴹᵘᵏʰˡⁱˢᵘⁿ  ᵇⁱⁿ ᴹᵘᵏʰˡᵃˢⁱʸⁿ ⁽ᵖⁱᵐᵖⁱⁿᵃⁿ ᵖᵒⁿᵖᵉˢ ˢⁱʳᵒʲᵘˡ ᵐᵘʰᵏˡᵃˢⁱⁿ ᵖᵃʸᵃᵐᵃⁿ ᵐᵃᵍᵉˡᵃⁿᵍ⁾
    ⁷⁰.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴹᵃʰᵈⁱ ᵇⁱⁿ ᴬᵇᵘ ᵇᵃᵏᵃʳ ᴬˡ⁻ᴴᵃᵐⁱᵈ
    ⁷¹.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᴼᵐᵃʳ ᴹⁱᵗᵃ ᴸᶜ
    ⁷².ᵁˢᵗᵃᵈ ᴰᵉʳʳʸ ˢᵘˡᵃⁱᵐᵃⁿ
    ⁷³.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ʸᵃʰʸᵃ ᵂᵃˡᵒⁿⁱ
    ⁷⁴. ᴴᵃᵇⁱᵇ ˢᵃˡᵉᵐ ˢᵉᵍᵃᶠ ᴬˡ ʲᵘᶠʳⁱ
    ⁷⁵. ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ʸᵘˢᵘᶠ ᵐᵃʳᵗᵃᵏ ᵏᵉᵗᵘᵐ ᴾᴬ ²¹²
    ⁷⁶. ᵁˢᵗᵃᵈ ᶻᵃⁱᵗᵘⁿ ʳᵃˢᵐⁱⁿ ᵂᵃˢᵉᵏʲᵉⁿ ᴹᵁᴵ ᵖᵘˢᵃᵗ
    ⁷⁸.ᵁˢᵗᵃᵈᶻ ᵈⁱⁿ ˢʸᵃᵐˢᵘᵈⁱⁿ
    ⁷⁹.ᴷʰ.ᵃᵇᵘʸᵃ ⁱʰʸᵃ ᵁˡᵘᵐᵘᵈᵈⁱⁿ
    ⁸⁰.ᴴᵃᵇⁱᵇ ⁿᵒᵛᵉˡ ᴬˡᵃʸᵈʳᵘˢ ⁽ˢᵒˡᵒ⁾
    ⁸¹.ᴷ.ᴹᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ ˢᵘʳʸᵒ ⁽ᴹᵃᵈᵘʳᵃ⁾
    ⁸².ᴷ.ᵁᶠⁱˡ ᴹᵘʰᵗᵃᵈⁱ ᴹᵘʰᵃᵐᵐᵃᵈ
    ⁸³.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴴᵃᵐⁱᵈ ᵇⁱⁿ ʸᵃʰʸᵃ
    ⁸⁴.ᴴᵃᵇⁱᵇ ˢᵒˡᵉʰ ᴬˡ'ʲᵘᶠʳⁱ
    ⁸⁵.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᵀᵃᵘᶠⁱq ᴶᵃⁱˡᵃⁿⁱ
    ⁸⁶.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴬᵇⁱ ᵇᵃᵏᵃʳ ᵇⁱⁿ ᴴᵃˢᵃⁿ ᴬˢˢᵉᵍᵃᶠ ⁽ᴾᵃˢᵘʳᵘᵃⁿ⁾
    ⁸⁷.ᴴᵃᵇⁱᵇ ᴺᵃˢʳᵃˡˡᵃʰ ᴬˡ'ʲᵘᶠʳⁱ
    ⁸⁸.ᴴᵃᵇⁱⁿ ᶻᵉⁱⁿ ᵇⁱⁿ ᴬᵇᵈᵘˡˡᵃʰ ᵇᵃ'ᵃᵇᵘᵈ ⁽ᴸᵃʷᵃⁿᵍ⁾
    ⁸⁹.ᴷʰ .ᴬˡⁱ ᵏᵃʳʳᵃʳ ⁽ᵃᵘᵐᵃ ᴹᵃᵈᵘʳᵃ⁾
    ⁹⁰.ᴷʰ.ᴹⁱˢᵇᵃʰᵘˡ ᴬⁿᵃᵐ ᵃᵗᵗⁱʲᵃⁿⁱ

    ᴰᵃⁿ ᵐᵃˢⁱʰ ᵇᵃⁿʸᵃᵏ ˡᵃᵍⁱ ᵁˡᵃᵐᵃ² ᵈᵃⁿ ᵖᵃʳᵃ ᴴᵃᵇᵃⁱᵇ ᴬˢʷᵃʲᵃ ʸᵃⁿᵍ ᵇᵉˡᵘᵐ ᵈⁱᵗᵘˡⁱˢᵏᵃⁿ ᵈⁱˢⁱⁿⁱ 🤗

  9. Alhamdulilah..makasih ustadz….semoga selalu sehat…agar terus menyebarkan ilmu…

  10. good logic ustadz ..barakallah fikum

  11. SJW Feminis kepanasan denger ini wkwkwkw

  12. Maasyaa Allah tabaarakallaah, ilmiah dan logic..
    Syukran jazaakallaahu khayran ustadz Syafiq..
    Baarakallaahu fiikum..

  13. Jenis kelamin tidak menentukan kedudukan sebagai seorang pemimpin dalam Al Qur'an. Enough said.

    Beberapa kata yang sering dipakai sebagai gender dalam Al Qur'an adalah Ar Rijal dan Adz Dzakar sebagai laki-laki, An Nisaa dan Al Untsa sebagai wanita. Tetapi apakah benar demikian yang dimaksud?

    Di sini saya akan coba membawa perspektif baru yang berbeda dari pemahaman tradisi di atas. Bahasa dalam Al Qur'an sangat detail, pemilihan katanya sangat menarik dan punya layer yang bisa kita gali. Pemahaman yang kaya ini sehingga bisa menghasilkan kekonsistenan makna pada seluruh surat.

    Berikut pengertian kata-kata itu berdasarkan pemahaman saya terhadap Al Qur'an :

    Ar Rijal adalah independen, aktif, mampu berdiri sendiri, berdaya.

    An Nisaa adalah dependen, pasif, bergantung pada yang lain, lemah.

    Adz Dzakar adalah hal positif, sempurna.

    Al Untsa adalah hal negatif, cacat.

    Kedua pasangan ini tidak menggambarkan jenis kelamin. Namun sifat keduanya sering berada pada jenis kelamin tertentu, terutama pada sistem patriarki, sistem yang menjadikan laki-laki sebagai pemimpin. Berbeda pada masyarakat matriarki di mana wanita di posisi kan sebagai Ar Rijal.

    AR RIJAL & AN NISAA

    Ar Rijal dan An Nisa adalah pasangan. Yang kuat berdaya dan berkuasa melindungi yang lemah. Yang aktif merawat yang pasif. Yang mampu berdiri sendiri dapat mengayomi yang butuh bantuan. Mereka berada dalam simbiosis mutualisme dimana Ar Rijal memiliki derajat lebih tinggi.

    Perspektif ini bisa melebar ke segala penjuru tanpa dibatasi oleh jenis kelamin.

    🔸Suami yang bekerja adalah Ar Rijal, istri sebagai ibu rumah tangga adalah An Nisaa.
    🔸Orang tua pencari nafkah adalah Ar Rijal, anak-anak yang dibiayai menjadi An Nisaa.
    🔸Manager pemberi kerjaan adalah Ar Rijal, staf yang diberi kerjaan adalah An Nisaa.
    🔸Pemilik perusahaan adalah Ar Rijal, si manajer tadi adalah An Nisaa.
    🔸Pemimpin Negara adalah Ar Rijal, warga negara adalah An Nisaa.
    🔸 Jika ada orang tuna netra dan orang tuna daksa berjalan di sebuah trotoar, mereka bisa berubah menjadi Ar Rijal dan An Nisa tergantung situasi. Si tuna netra sebagai Ar Rijal (pengatur) gerakan, si tuna daksa sebagai Ar Rijal (pengatur) arah. Mereka saling melengkapi.

    Perspektif ini membuat siapapun bisa berada pada sepatu berbeda tergantung situasi dan kondisinya saat itu. Al Qur'an memandang manusia dari sudut ini, kapabilitas terkait siapa yang layak jadi pemimpin.

    ADZ DZAKAR & AL UNTSA

    Kedua kata ini menunjukkan dua hal yang bertolak belakang, yaitu hal yang positif dan negatif, atau yang sempurna dan yang cacat. Kata ini tidak selamanya mengenai gender. Bentuk kelamin tidak menunjukkan keistimewaan manusia di hadapan Allah.

    Pada dasarnya kita adalah nasfin, jiwa, yang dalam bahasa Arabnya berjenis mu'anats, feminin. Namun ini tidak berarti kita semua manusia adalah wanita. Jenis kelamin bergantung pada alat kelamin yang ada di tubuh kita, jiwa kita (nafs) tetaplah feminin, artinya cacat tidak sempurna, karena jiwa tidak mampu berdiri sendiri, ia butuh tubuh agar sempurna. Dan ada yang mengatur jiwa kita, yaitu Allah, He is my Rabb, your Rabb.

    Dalam bahasa Arab apabila disebut dengan bentuk maskulin, maka hal itu merujuk juga pada bagian feminin. Misal disebut Mu'minin (maskulin), ini merujuk kepada orang beriman laki-laki dan juga ke orang beriman wanita. Jika disebut Shalihin (maskulin) maka ini berarti orang saleh laki-laki dan juga orang saleh wanita.

    Lalu apa bedanya antara Mu'minin dan Mu'minat? Shalihin dan shalihat?

    Menurut pandangan saya (yang bisa salah), maskulin dan feminin pada golongan manusia akan merujuk pada sifat 4 kata di atas..Mu'minin menandakan tingkat keimanan yang lebih matang. Sedangkan mu'minat menandakan tingkat keimanan yang masih pemula. Ada level expert dan beginner. Shalihin menandakan ia orang yang kebermanfaatannya sudah sering diimplementasi, shalihat merujuk kepada orang yang level kebermanfaatannya lebih rendah, tergolong masih newbie. Seorang Ar Rijal yang shaleh akan disebut dengan shalihin. Ia sudah independen dan auranya positif. Sedangkat seorang An Nisa yang shaleh akan disebut dengan shalihat, karena ia sedang mencoba menjadi manusia yang bermanfaat.

    Dengan demikian ayat tentang "Laki-laki itu pemimpin Wanita" (An Nisa 4:34) dapat kita bedah berdasarkan pemahaman di atas.

    الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

    Ar Rijal itu adalah pelindung bagi An Nisaa, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (Ar Rijal) atas sebahagian yang lain (An Nisaa) , dan karena mereka (Ar Rijal) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka shaalihat, patuh memelihara saat tak diawasi, sebagaimana mereka dipelihara Allah.

    Dan mereka (An Nisaa) yang kamu (Ar Rijal) khawatirkan membangkang/kurang-ajar/melawan balik, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka dari zona nyaman mereka, dan tegaslah kepada mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

    Ayat di atas tidak berbicara soal suami istri saja, tapi universal seperti pada contoh-contoh yang sudah kita lihat sebelumnya.

    🩸 Orang tua dapat menghukum anak yang kurang ajar, awalnya nasihati, masih bebal maka buat ia tak berada pada zona nyaman nya lagi, Masih bebal juga, bersikap tegas sesuai rule of thumb yang berlaku di keluarga.
    🩸Pemilik perusahaan dapat berikan surat peringatan kepada karyawan yang lalai. Tapi sebelumnya nasihati dulu, panggil dan ajak diskusi. Bila mengulangi kesalahan yang sama, pindah tugaskan ke tempat lain. Dan jika masih berantakan juga, berilah surat peringatan sebagai teguran terakhir.
    🩸Dosen memberikan nilai buruk kepada mahasiswa yang mencontek berulang kali, bahkan bisa membuat di DO.

    🩸Kapten kesebelasan berhak menasihati rekan setimnya. Bila tidak kooperatif saat pertandingan, ia bisa minta manajer mengganti pemain itu dengan pemain cadangan. Kalau masih ngeyel juga, berikan denda karena tidak disiplin. Masih bebal juga, usulkan ke pelatih/manajer/owner agar pemain itu dijual.

    Namun bila si An Nisaa sadar, tak perlu lah kita sebagai Ar Rijal mencari-cari kesalahan. Ar Rijal tugasnya melindungi An Nisaa.

    LABORATORIUM

    Akan tidak lengkap apabila pemahaman di atas tidak kita uji pemahaman ini pada ayat-ayat Al Qur'an yang lain. Oleh karena itu, saya tuliskan beberapa ayat terkait 4 kata yang selama ini kita sangka hanya terkait jenis kelamin.

    ⭐Apabila kamu memutuskan hubungan dengan An Nisaa, lalu mereka mendekati akhir masa temponya, maka pertahankanlah mereka dengan cara yang baik, atau lepaskanlah mereka dengan cara yang baik. Janganlah kamu pertahankan mereka untuk menyusahkannya, itu melewati batas. Barangsiapa berbuat demikian, maka sungguh ia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Janganlah kamu jadikan ayat-ayat Allah permainan, dan ingatlah nikmat Allah padamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepadamu yaitu Al Kitab dan Al Hikmah. Allah memberi instruksi kepadamu dengan apa yang diturunkan-Nya itu. Dan bertakwalah kepada Allah serta ketahuilah bahwasanya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Al Baqarah 2:231)

    Ayat di atas tidak hanya berbicara perceraian, tetapi bisa juga diimplementasikan untuk kontrak kerja antara Pengusaha dan Pekerjanya. Pemutusan perjanjian atas suatu kesepakatan dapat merujuk ke ayat ini.

    ⭐Allah mengetahui apa yang dibawa oleh Al Untsa, dan ikatan/hubungan yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.(Ar Rad 13:8)

    Ayat ini awalnya terdengar tentang kehamilan. Dengan pemahaman lebih luas bisa kita tarik kesimpulan bahwa hal kecil yang tak digubris saja Allah tahu. Manusia melihat pada kecacatan, tapi Allah mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada di diri mereka. Dia mengetahui apa yang manusia tak ketahui.

    ⭐Dan mereka klaim Allah penyebab keturunan yang lemah/cacat (Al Banati). Maha Suci Allah, sedang untuk mereka klaim sendiri apa yang mereka sukai. Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar buruk (Al Untsa – anak yang cacat), hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)?. Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu. (An Nahl 16:57-59)

    Kisah yang selama ini kita terima adalah, masyarakat jahiliyah mengubur hidup-hidup anak wanita. Karena anak wanita dianggap sebagai kehinaan kala itu. Secara logis, masyarakat yang berpikir demikian akan segera punah, karena tak ada satupun keluarga yang mau mengasuh anak perempuan, maka tak akan ada ibu-ibu yang bisa melahirkan generasi penerus. Dengan sudut pandang baru ini, kita bisa menerima dan memahami bahwa bayi yang lahir cacat menjadi aib bagi keluarga. Aib itu mereka salahkan penyebabnya adalah Allah. Tapi ketika mereka mendapat anak yang lahir normal sempurna, ganteng atau cantik, mereka klaim "Siapa dulu bapaknya".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading