╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗

*SBUM*
*Sobat Bertanya*
*Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 0⃣8⃣8⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
https://grupislamsunnah.com

*Kumpulan Soal Jawab SBUM*
*Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

*Judul bahasan*
*CARA MENGHADAPI SUAMI YANG*
*SUKA MABUK DAN TIDAK SHALAT*

*Pertanyaan*
Nama : Ita Arfita
Angkatan : 01
Grup : 134
Domisili : –

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz bagaimana cara menghadapi suami yang suka mabuk, tidak shalat juga dan selalu mengatakan kepada istri katanya tidak usah banyak mengerjakan yang lain (istri sering puasa Sunnah, sering ikuti dan percaya Sunnah-Sunnah Nabi yang ada pada hadits-hadits), si suami tidak terlalu suka… Dan suami itu mengatakan kalau dia yakin masuk syurga karena Nabi sudah bilang begitu katanya…. Ummatnya semua masuk syurga dan si suami tidak mau tahu tentang hadits kecuali yang enggan..

Dia mengatakan kepada istri lagian yang bertanggung jawab di hadapan Allah ana semua.. Jadi si istri disuruh sekiranya kerjakan yang wajib-wajib saja.

Apa yang seharusnya istri lakukan dalam menghadapi suami yang seperti itu?

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وعليكم السلام ورحمة اللّه وبركاته

بسم الله

Jawaban :

Wajazakillahu khairan wa baarakallahu fiiki.

1. Ketika suami melakukan kesalahan-kesalahan hendaknya seorang istri tidak berhenti untuk memberikan nasihat. Karena nasihat itu bermanfaat untuk orang-orang yang beriman.

Allah Ta’ala berfirman :

وَذَكِّرْ فَإِنَّ ٱلذِّكْرَىٰ تَنفَعُ ٱلْمُؤْمِنِينَ

“Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang Mukmin”.
(QS. Az-Zariyat: 55).

2. Kesalahan yang dilakukan oleh suami anti adalah kesalahan yang sangat berat, yaitu lalai dalam melaksanakan shalat lima waktu. Shalat lima waktu berjama’ah di masjid merupakan kewajiban bagi laki-laki.

Allah Ta’ala berfirman :

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

“Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk”.
(QS. Al-Baqarah: 43).

Dari dalil ini menunjukkan bagi laki-laki untuk shalat di masjid. Begitu pun banyak hadist yang menjelaskan kewajiban bagi laki-laki shalat di masjid. Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu ’Alaihi Wa Sallam mengancam laki-laki yang tertinggal shalat berjama’ah dengan membakar rumah-rumahnya.

Meninggalkan shalat merupakan salah satu sebab boleh seorang istri untuk meminta gugatan cerai ke pengadilan agama. Beberapa fatwa ulama memperbolehkan akan hal tersebut. Karena shalat merupakan asas pondasi seorang Mukmin. Apabila pondasi tidak dibangun, maka dia tidak dapat membangun rumah tangga dengan baik dan benar.

3. Permasalahan minuman keras juga bukan perkara yang ringan.

Allah berfirman :

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِۗ قُلْ فِيْهِمَآ اِثْمٌ كَبِيْرٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِۖ وَاِثْمُهُمَآ اَكْبَرُ مِنْ نَّفْعِهِمَاۗ وَيَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ ەۗ قُلِ الْعَفْوَۗ  كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَۙ

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang minuman keras dan judi. Katakanlah, ‘Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar dari pada manfaatnya.’ Dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, ‘Kelebihan (dari apa yang diperlukan).’ Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkan”.
(QS. Al Baqarah: 219).

Para ulama membolehkan seorang istri menggugat cerai kepada suami yang sering minum-minuman keras.

Maka hendaklah terus memberikan nasihat dan apabila tidak ada perubahan boleh minta cerai. Dan yang lebih utama dalam masalah ini hendaknya istri tidak bosan-bosan untuk memberikan nasihat. Jangan terlalu gegabah dalam mengambil keputusan untuk pisah.

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading