Siapa Bilang Musik Haram – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A

Siapa Bilang Musik Haram – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A

Siapa Bilang Musik Haram – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook :

Syafiq Riza Basalamah Official / https://www.facebook.com/SyafiqRizaBasalamahOfficial

Instagram :

Syafiq Riza Basalamah Official

Twitter :

Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

Telegram :

Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

Website :

http://syafiqrizabasalamah.com/

source


Comments

29 responses to “Siapa Bilang Musik Haram – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A”

  1. Masya Allah Tabarakallah

  2. Yg bilang musik itu haram mulai sekarang loe ga usah pakai hape karena pada media ini banyak menggunakan unsur musik contoh : nada dering iklan dan film yg loe tonton baik di TV atau dihape semua menggunakan backsound atau soundtrack musik jadi kalau loe nonton acara di televisi ga usah pakai volume alias pake suara loe tonton tuh film bisu yg ga ada backsound nya atau kalau ga loe pindah hidup dihutan ga usah pakai teknologi lagi karena sebagian dari perkembangan teknologi tak lepas dari pengaruh musik. INGAT JANGAN PERNAH JADI MANUSIA MUNAFIK!!!

  3. Klw menyanyikan lagu Indonesia raya di iringi piano boleh gak ustad..

  4. Mau tanya apa beatbox an juga haram? Sekedar info beatbox an seperti membuat suara musik tapi tak menggunakan alat melainkan menggunakan suara mulut…

  5. Ustadz, rumah ana deket pos satpam, hampir tiap hari mereka setel lagu2. Pernah ana tegur, krn volumenya tinggi bikin hingar bingar, tapi tetap mrk pasang walaupun vol-nya tidak setinggi sebelum ana protes… ana hrs bgmn, tadz?

  6. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita semua untuk meninggalkan musik. Amin

  7. Pernah eksperimen ke diri sendiri, bandingkan mendengar musik dgn murottal ketika dada panas dan gundah. Hasilnya? Dengar musik dada masih panas,, gundah berkurang sedikit,, tapi merasa gamang. Saat dengar murottal, masya Allah, lapang,, adeemm,, dada berangsur-angsur dingin dan seperti ada solusi yang sebelumnya kalut, padahal arti ayat-ayat nya pun tidak bisa saya pahami dan untuk diterjemahkan semua. . Masya Allah, miracle of al-Qur'an..

  8. Saya mau bertanya, jika kita melihat seorang muslim yang sedang mendengarkan musik, apakah kita wajib Mengingatkan mereka?

  9. Bagaimana jika punya channel lagu anak2 tanpa musik? (Kyk melantunkan syair/lirik dan vokal)) yg dimaksud utk pembelajaran anak? Boleh tidak?

  10. Jazakallah khair ustadz

  11. Astagfirullah, bener2 berat hidup di masa akhir zaman ini. Semoga Allah ttp melindungi kita semua 😭😭

  12. Saya setuju musik itu haram dan identik dengan budaya barat ..tapi saya mau tanya hukum an untuk orang yg membunuh karena dia bermusik seperti Taliban yg teleh membunuh karena mengharamkan musik di Afganistan terimakasih

  13. Zaman sekarang didakwahi dalam bentuk apapun u para pekerja seni memang sulit ditengah orang 2 yg menganggap musik sudah biasa, hanya orang tertentu yang diberikan hidayah u mau berubah dan istiqamah

  14. Sebagian orang biasa nya mencari pembenaran dg kalimat "buang aja hp mu, kan ada musik nya".
    Kalau saya pribadi meninggalkan musik dengan cara mendelete lagu2 yg ada di HP atau gadget lain yg saya miliki.
    Sedangkan nada dering yang masih tersisa dan tidak bisa di delete, yang sudah di biar kan, HP nya mode silent atau pun mode Getar.
    Dan manusia mana sih yang mau menikmati nada dering dalam kegiatan sehari-hari, menggunakan earphone sambil kerja dengar nada dering HP.

    Untuk Lagu religi, berapa persen sih orang yang selalu meninkmati/mendengarkan sampai hari ini.

    Lagu indonesia raya, dalam undang2 di jelaskan, boleh di lantunkan tanpa alat musik.
    Lirik lagu indonesia raya, aman2 aja tuh, isi nya tak ada unsur kesyirikan.

    Kalau di mall/pasar/tempat umum ada musik, yaudah cuekin aja, selesaikan keperluan/hajatmu, lalu pulang.

    Demi allah, hafalan musik itu berbenturan dengan hafalan al qur'an, kalian mau korban kan yang mana ?

    Coba tanya kepada diri masing2, merenung, "Apakah dosa meninggalkan musik?" "Apakah rugi jika tak menikmati musik lagi?"

  15. اَللَّهُمَّ اسْتُرْ عَيْبَ مُعَلِّمِي عَنِّي وَلَا تُذْهِبْ بَرَكَةَ عِلْمِهِ مِنِّي

    “Ya Allah, tutupilah aib guruku dariku, dan jangan Engkau hilangkan berkah ilmunya dariku.”

  16. Sya masih ngeband ustadz…sya tdk mengganggap musik haram..karna kami main musik stelah kami usai melaksanakan ibadah wajib dan sunnah….
    Musik kami musik dakwah,bermain tdk di saat adzan,dan waktu2 yg di haramkan

  17. Apakah musik religi semisal opick itu haram apa halal, ?

  18. Ada kerajaan kerajaan bueeesar…..woooww….

    Nabi sulaeman menangis sedih mendengar pak ustad syafiq ceramah akirnya batal masuk surga gara gara musik…

    Krna kerajaan kerjaaan nabi sulaeman buesaaarr juga ada musik….

  19. Masya Allah, pertanyaan buat ustadz. Apakah isalam memghilangkan kerasulan nabi daud as. Setahu saya sampai hari ini kerasulan itu wajib di akui seluruh umat muslim. 25 rasul di dalam islan termasuk nabi daud. As. Apakah nabi kita tidak mengakuinya.
    Daud as. Mukjizat nya bersuara emas ( buat apakah mukjizat itu?), itu salah satu mukjizat dari Allah. Muzikaf (musik) alat musik yg dimainkan bernama Mizkaf sejenis hatpa. Nabi daud beenyanyi bermain musik. Apakah mungkin Allah menurunkan seoramg rasul dan nabi melakukan satu pekerjaan haram. Nauzubillahi min minzalik, maha suci Allah dari perbyatan itu. Apakah kerasulan nabi daud tidak diakui dalam hal bsrmusik. Allah menurunkan akal dan pemikiran bagi manusia. Allah menyukai orang2 yg berfikir, berakal dan memikirkan. Maaf, buat saya berbahagialah org yg di kasih bakat bernusik karena tidak semua orang dikasih bakat itu. Sama seperti halnya nabi daud, tidal semua nabi dan rasul dikasih mukjiat Suara emas. Maaf, mrnghafal tdk tidak berfikir tidak sama dg berfikir dan memikirkan. Mari sama sama kita berfikir menggali bahwa ada RASUL yg sampai hari ini diakui kerasulannya. Dan jauh sebelum zaman nabi muhammad, nabi musa, dan nabi sulaiman. Nabi DAUD pemakn mizkaf sampai hari ini dilakui kerasulan nya dan itu wajib. Buat saya rasul saya 25 bukan 24 krn saya muslim, teemasuk didalam nya nabi daud. Maaf

  20. Maaf ya mas, alquran itu selalu berbicara 3 masa, masa lalu masa sekarang dan masa akan datang. Apapun persoalannya termasuk alat mysin nusik dan bunyi. Allah telah berfirman bahwa kamu tidak akan mendapati perubahan pada sunnatullah.
    Musik dan alat musik masa lalu ada nabi daud, masa sekarang adalah manusia yg hodup sekarang. Masa depan adalah malaikat israfil meniup sangkakala, bagaimanapun bentuk sangkakala tapi jelas disebut malaikat israfil meniuo sangkakala.

  21. Arab sekarang sering ada konser…yg dulu mengharamkan…apa halal dan haram cuma buatan manusia?

  22. Dulu saya berprofesi sebagai pemusik/musisi professional Dan alhamdulillah setelah mengenal manhaj salaf saya akhirnya bisa meninggalkan musik melalui perantara kajian ustadz2 salaf

  23. Ustadz saya mau tanya, kalo musik itu haram ada didalam Al-Qur'an tapi kenapa kita semua masih menggunakan handphone kan didalam nya ada musik juga, ada nada ringtone, suara alarm, dan lain², terus kalo yang seperti itu gimana ustadz, masa kita mau ninggalin hp kan gak mungkin, jaman sekarang kan pake hp ustadz, mohon penjelasannya 🙏🏻

  24. Assalamu'alaikum Ustad…. Kalau musik di lingkungan sekolah seperti pembelajaran lagu daerah, lagu nasional dan kalau di TK dan anak anak kan suka belajar dengan metode bernyanyi Ustad. Itu bagaimana ya Ustad?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading