Antara Nikmat Dan Ujian – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, M.A

Antara Nikmat Dan Ujian – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, M.A

Antara Nikmat Dan Ujian – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, M.A

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook :
Syafiq Riza Basalamah Official / https://www.facebook.com/SyafiqRizaBasalamahOfficial

Instagram :
Syafiq Riza Basalamah Official /
https://www.instagram.com/syafiqrizabasalamah_official/

Twitter :
Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq /
https://twitter.com/ustadzsyafiq

Telegram :
Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official
https://t.me/SRB_Official

Website :
http://www.syafiqrizabasalamah.net/

Soundclud :
https://soundcloud.com/syafiqrizabasalamah

source


Comments

11 responses to “Antara Nikmat Dan Ujian – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, M.A”

  1. Kajian : antara nikmat dan ujian
    Penceramah : ustad Syafiq Riza Basalamah

    Pemberian Allah kepada manusia seperti harta yang berlimpah, usaha bisnis yang berkembang dan menguntungkan, rumah yang indah dan mewah, kendaraan yang bagus, karir promosi jabatan, ilmu yang bertambah, popularitas . Yang di anggap oleh banyak orang itu NIKMAT.
    Akan tetapi dibalik itu ada UJIAN dari Allah buat kita. Karena sejatinya hidup itu ujian

    Sungguh beruntung perkara orang beriman, kalau dia di kasih nikmat dia bersyukur maka itu baik buat dia, kalau di pompa bencana yang tidak enak dia bersabar.. dia menerima musibah dengan hati yang lapang.

    Surah Al Araaf ayat 168 :
    Artinya, 168. Dan Kami pecahkan mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan; di antaranya ada orang-orang yang saleh dan ada yang tidak demikian. Dan Kami uji mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran).

  2. Bismillahirrahmanirrahim semarang menyimak

  3. Hadir sebagai pendukung channel dakwah islam 👍🏾

  4. Barakallahu fii kum ustadz

  5. Jogja hadir pk ustad safik riza basalamah,,,

  6. Manado hadir, Tabarokallah…. sehat selalu Ustaz😇

  7. Masyaallah begitu indahnya mendengar. Kajianya uztazd membuat hati bahagia sampai hamba bertobat dan beriman kepadanya

  8. Antara Nikmat Dan Ujian – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, M.A

    10:10 Andaikata kalian hendak menghitung nikmat2 yg Allah berikan kalian tidak akan pernah dapat menghitungnya.Ini menunjukkan bahwa kita hidup bergelimang nikmat, walaupun sedang ditimpa musibah.

    10:35 Namun kebanyakan kita memandang nikmat itu adalah harta, dia lupa rasa aman, kesehatan, waktu luang.

    11:57 Ada pemberian Allah yg sejatinya adalah adzab, sebab nikmat adalah ujian.

    16:23 Sebagaimana musibah itu sendiri juga merupakan ujian

    13:58 “Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999)

    15:50 Kisah tentang bani israil, bagaimana Allah memberikan nikmat dan bala’ sebagai ujian di surat al-a’raf ayat 168.

    20:27 “Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya () Kami itu benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus.” (QS: Al-Kahfi Ayat 7-8)

    21:51 Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami. QS. Al-Anbiya' Ayat 35

    22:43 Nikmat itu ujian dari Allah, tapi ada nikmat yg menjadi adzab.

    23:15 Kebanyakan manusia itu di dunia ini memandang kemuliaan sebagai orang yg dicintai oleh dan dimuliakan Allah dengan standar dunia.dan orang yg beriman tidaklah seperti itu.

    24:40 “Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia imuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: “Tuhanku telah memuliakanku” dan adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: “Tuhanku menghinakanku“.Surat Al-Fajr Ayat 15–16

    26:46 Allah membagi dunia ini kepada semua masyarakat yg Allah kehendaki, bukan Allah cintai, maka tatkala engkau diberi nikmat yg lebih, jangan pernah berfikir bahwa ini tanda cinta Allah kepada kita. Namun Allah tidak memberikan keimanan kecuali kepada orang yg Allah cintai.

    27:46 Banyak orang yg diuji dengan dunia ini dan dia gagal dalam ujian itu, contoh seperti firaun, qorun, hamman, Dsb.

    30:23 Cerita tentang 3 orang di kalangan bani israil yg diberi penyakit kulit, penyakit di kepala sehingga botak dan menjijikkan, dan seorang yg diberi mata yg buta. yg tatkala mereka diuji dengan diberi nikmat kesembuhan dan diberi rizki yg melimpah, 2 diantaranya lupa dan diadzab sedangkan yg dulunya buta diridhoi oleh Allah.

    45:45 Kita seharusnya berhati-hati dengan nikmat yg Allah berikan kepada kita, jangan sampai kita seperti 2 orang yg gagal ujian dalam kisah 3 orang bani israil itu.

    47:16 Jikalau engkau melihat Allah memberikan nikmat dunia kepada seseorang apa yg dia sukai dia dapatkan, apa yg dia inginkan dia raih dalam kondisi dia sedang berbuat maksiat maka itu adalah bentuk istidraj.

    47:55 Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.QS. Al-An'am Ayat 44

    51:12 “Jika Allah mencintai suatu kaum maka mereka akan diuji, barangsiapa yg ridho, maka ia yg akan meraih ridho Allah” (HR. Ibnu Majah no 4031 dihasankan oleh syaikh Al-Albani).

    52:13 Allah Subhanahu Wa ta’ala berfirman dalam Alqur’an surat al-qalam ayat 44-47 tentang bagaimana orang2 yg menentang dakwah para nabi dan mendustakan ayat2 Allah ternyata Allah bukakan rizki kepada mereka.

    55:07 Di surat al-mu’minun 55-56 Allah mengingatkan orang2 yg dikasih harta, diberikan anak yg bagus2 dan sukses2, jangan mengira itu tanda cinta Allah, jangan mengira itu bukti keridhaan Allah kepada mereka.

    58:30 Bagaimana cara kita membedakan antara anugrah yg Allah berikan kepada kita yg dapat mengantarkan kita kepada surga dan memberatkan timbangan kebaikan kita dengan pemberian Allah yg ternyata akan menambah berat hukuman kepada kita. Contoh seperti orang yg menghafal alqur’an pun bisa saja hal itu nikmat ataupun bala’.

    1:03:06 Allah tidak menerima amalan kecuali yg ikhlas untuk Allah Azza wa jalla. Maka setiap ilmu yg dibarengi dengan amalan yg ikhlas untuk Allah semata maka itu karunia. tapi jika ternyata punya ilmu tapi tidak diamalkan atau diamalkan tapi tidak ikhlas maka ilmu itu akan menjadi penggugat pada hari kiamat kelak.

    1:05:31 Semua kekuatan, fisik yg sehat, badan yg bugar kalau didampingi pelaksanaan perintah2 allah maka ini adalah karunia dari Allah.

    1:07:41 Semua kondisi yg menjadikan orang itu terdorong untuk membela agama Allah, mengajak orang2 kepada kebaikan maka kondisi orang ini adalah karunia dari Allah.

    1:10:21 Semua harta yg dibarengi dengan diinfaqkan dijalan allah dengan ikhlas bukan karena mengharap sanjungan dari makhluk maka hal ini adalah karunia,, jika tidak maka hartanya menjadi bencana.

    1:13:00 Pujian adalah ujian. Para sahabat ketika mendapat pujian maka mereka mengucapkan

    اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ بِمَا يَقُوْلُوْنَ، وَاغْفِرْلِيْ مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ [وَاجْعَلْنِيْ خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ

    Allahumma laa tu akhidzni bima yaquuluuna, waghfirlii maa laa ya'lamuuna [Waj 'al nii khairommimmaa yazhunnuun

    Ya Allah, semoga Engkau tidak menghukumku karena apa yang mereka katakan. Ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui. Dan jadikanlah aku lebih baik daripada yang mereka perkirakan

    HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 761. Isnad hadits tersebut dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Adabul Mufrad no. 585. Kalimat dalam kurung tambahan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman 4/228 dari jalan lain

    1:18:10 [PERTANYAAN] Bagaimana menyikapi orang yg berpandangan bahwa sabar ada batasnya?

    1:24:20 [PERTANYAAN] Bagaimana cara kita agar bisa lulus ujian nikmat dari Allah dan adakah amalan yg harus kita lakukan ketika mendapat nikmat dari Allah?

  9. Sidoarjo hadir
    Semoga ustadz syafik riza basalamah dan keluarga selalu dlm lindungan Allah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading