╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗

*SBUM*
*Sobat Bertanya*
*Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 4⃣6⃣5⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
https://grupislamsunnah.com

*Kumpulan Soal Jawab SBUM*
*Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

*Judul bahasan*
*ALLAH MENGAMPUNI DOSA*
*SIAPA SAJA YANG ALLAH*
*KEHENDAKI*

*Pertanyaan*
Nama : Vena
Angkatan : 02
Grup : 044
Domisili : Gorontalo

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Semoga Ustadz beserta keluarga senantiasa dalam lindungan dan limpahan rahmat Allah Subhaanahu Wa Ta’ala. Aamiin.

Afwan Ustadz izin bertanya.

Saya pernah mendengar atau membaca dan ada yang sempat bertanya, ada kisah seorang wanita yang maaf dia seorang wanita yang bekerja sebagai PSK tapi hanya karena dia memberi minum seekor anjing, dia masuk surga.

Pertanyaan itu bagaimana, Ustadz?

Apakah dosa-dosanya yang telah lalu sudah diampuni kendati dia seorang wanita seperti itu?

Bagaimana penjelasan hal itu, Ustadz?

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وعليكم السلام ورحمة اللّه وبركاته

بسم الله

Baarakallahu fiiki

Bismillah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa Rasulillaah. Amma ba’du.

Kisah tersebut sangat masyhur namun banyak yang salah paham dan menggenerasilasi kisah sebagai dalih untuk melegalkan maksiat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu, bahwa Rasullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam bersabda,

غُفِرَ لِامْرَأَةٍ مُومِسَةٍ مَرَّتْ بِكَلْبٍ عَلَى رَأْسِ رَكِيٍّ يَلْهَثُ قَالَ كَادَ يَقْتُلُهُ الْعَطَشُ فَنَزَعَتْ خُفَّهَا فَأَوْثَقَتْهُ بِخِمَارِهَا فَنَزَعَتْ لَهُ مِنْ الْمَاءِ فَغُفِرَ لَهَا بِذَلِكَ

“Seorang wanita pezina diampuni oleh Allah. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di sisi sebuah sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan. Si wanita pelacur tersebut lalu melepas sepatunya, dan dengan penutup kepalanya. Lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya ini, dia mendapatkan ampunan dari Allah”.
(HR. Al Bukhari No. 3321, Muslim No. 2245).

✓ Jadi, hadits di atas adalah dalil bahwa pelaku dosa besar bisa jadi akan diampuni oleh Allah. Al Mula Ali Al Qari rahimahullahu menjelaskan,

قَالَ ابْنُ الْمَلَكِ: وَفِي الْحَدِيثِ دَلِيلٌ عَلَى غُفْرَانِ الْكَبِيرَةِ مِنْ غَيْرِ تَوْبَةٍ وَهُوَ مَذْهَبُ أَهْلِ السُّنَّةِ

“Ibnul Malak mengatakan: dalam hadits ini terdapat dalil tentang bisa diampuninya pelaku dosa besar, dan ini adalah madzhab Ahlus Sunnah”.
(Mirqatul Mafatih, 4/1339).

Kesimpulannya, pezina yang belum bertaubat dari dosa zina, memang bisa jadi Allah akan ampuni dia kemudian ia masuk surga, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits. Namun ini tidak berlaku untuk semua pezina, karena Allah katakan (yang artinya)
“bagi orang-orang yang Allah kehendaki.”

وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ يَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan yang ada di bumi. Dia memberi ampun kepada siapa yang Dia kehendaki; Dia menyiksa siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Ali Imran: 129).

✓Lebih lagi, jika pezina itu bertaubat dari perbuatan zinanya, karena tidak ada keterangan dalam hadits dia kembali ke perbuatan zinanya, maka tentu ia sangat diharapkan bisa menjadi penghuni surga. Jika ini dipahami, maka tidak ada kerancuan lagi dalam memahami hadits di atas.

✓ Hadits ini juga menunjukkan tentang luasnya sifat Allah Al Ghofur dan Asy Syakur, Allah mengampuni dosa hamba dan menerima dan membalas amal shalih seorang hamba.

Al Munawi rahimahullah menjelaskan,

فإنه تعالى يتجاوز عن الكبيرة بالعمل اليسير إذا شاء فضلا منه

“Allah Ta’ala memaafkan dosa besar karena sebab amalan yang sederhana, jika Allah kehendaki. Sebagai bentuk karunia dari Allah”.
(Faidhul Qadir, 4/406).

Allahu A’lam.

Dijawab oleh : Ustadz Wukir
Saputro, Lc.

═══════ ° ೋ• ═══════

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading