Barang Siapa Memaafkan dan Berbuat Baik (Kepada Orang yang Berbuat Jahat) Maka P…

Barang Siapa Memaafkan dan Berbuat Baik (Kepada Orang yang Berbuat Jahat) Maka Pahalanya dari Allah.

Allah Ta’ala berfirman:

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi barang siapa memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (QS. Asy-Syūrā: 40).

Dalam ayat ini Allah menyebutkan 3 (tiga) level balasan: adil, utama, dan zalim. Level adil, yaitu membalas keburukan dengan keburukan semisalnya, tidak lebih tidak kurang; nyawa dengan nyawa, luka dengan luka semisalnya, harta dengan jaminan setara dengannya.

Level utama, yaitu memaafkan dan memperbaiki pelaku kejahatan. Oleh karena itu, Allah berfirman, “… tetapi barang siapa memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah.” Allah akan membalasnya dengan balasan yang besar dan pahala yang banyak.

Allah mensyaratkan pemaafan dengan adanya perbaikan, karena jika orang jahat tidak layak untuk dimaafkan, dan untuk kemaslahatan syariat dia harus dihukum, maka dalam kondisi ini ia tidak diperintahkan untuk memaafkan.

Terkait pahala memaafkan, dijamin langsung oleh Allah. Hal tersebut dapat memotivasi kita untuk memaafkan dan memperlakukan sesama manusia sebagaimana dia ingin Allah memperlakukannya seperti itu juga. Seseorang suka jika Allah memaafkannya, maka hendaknya dia juga suka memaafkan orang lain.

Ketika ia suka jika Allah menoleransinya, maka bertoleransilah kepada orang lain, karena balasan sesuai dengan jenis perbuatannya. Adapun level kezaliman, Allah menyebutkan dalam firman-Nya, “Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim,” yaitu orang yang mengawali perbuatan jahat, atau membalas kejahatan dengan lebih jahat lagi, maka berlebihan adalah kezaliman.

(Mutiara Adab Tafsir As-Sa’di Hal. 40)

__
bimbinganislam.com | Follow IG, FB, TWT, TG, YT : Bimbingan Islam


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading