BerbagiKebaikan:بسم اللّه الرحمن الرحيم الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله…

BerbagiKebaikan:
بسم اللّه الرحمن الرحيم
الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، ولاحول ولا قوة إلا بالله أما بعد

SIMPUL YANG INDAH

Pasangan hidup laksana pakaian bagi tubuh, yang melindungi kehormatan dan meredam syahwat, menghijabi aurat dari kehinaan, memperindah atas kekurangan, mengangatkan jiwa dari belenggu kesepian… Jangan sia-siakan pasanganmu, dialah yang terbaik bagimu… Jalani takdirmu dengan penuh sabar dan syukur bersamanya, niscaya musnahlah derita… Mengimani takdir akan menghilangkan rasa sakit…
Seorang Mukmin senantiasa baik keadaannya, dengan syukur dan sabar karena mengharap pahala dari Allāh semata…
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ؛ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya” (HR. Muslim no.7692).

Takdir adalah ketetapan Allãh    ﷻyang tidak bisa tertukar atau direvisi, apapun yang menimpa hidup adalah takdir yang wajib diimani. Berkeluh kesah dan meratap hanya akan menambah rentetan musinbah. Sabar dan syukur dalam menjalaninya akan menghilangkan kesusahan lahir batin.

Pasanganmu Teman Setiamu
Banyak orang yang tidak menyadari betapa besar kebutuhannya terhadap pasangannya, baik ia sebagai suami atau isteri lakonnya. Tatkala ia telah menikah dan menjadi bagian hidup dari pasangannya maka tiada yang lebih setia menemaninya dalam suka dan duka dalam mengarungi mahligai rumah tangga selain pasangannya. Ketika akan tidur dan saat bangun dari tidur, orang yang selalu ada di sisimu adalah pasanganmu, apabila engkau bahagia maka pasanganmu juga tersenyum merekah, saat episode sedih melanda pasanganmu juga menangis bersama, pasanganmu merupakan pendengar setia dalam setiap kisahmu. Pasanganmu adalah orang yang paling loyal dan mengerti serta menerima semua kekurangan dirimu tanpa pura-pura. Dia sahabatmu dalam terang dan gelapnya lembaran hidupmu.
Hargailah Pasanganmu
Sebagaimana telah diulas sebelumnya bahwa pasangan itu bak pakaian bagi tubuh. Apa-apa yang membuatnya bersih serta indah maka akan menjadikan suci dan indah yang memakainya sebaliknya apa-apa yang membuatnya kotor serta hina maka akan mengotori dan menghinakan pemakainya pula. Hiasi dan rawatlah pakaianmu agar senantiasa bersih, wangi dan mulia. Jangan membuka aibnya dan jangan pula merendahkannya. Pasanganmu adalah cerminan dirimu, baik buruknya sebahagian besar disebabkan olehmu.
Wahai para isteri, sebanyak apapun masalah rumah tangga yang engkau hadapi tidaklah menghalalkanmu untuk menggibahi suamimu, tidak ada rukhsoh bagimu untuk berkeluh kesah kepada makhluk apalagi curhat di sosmed hingga aib rumah tanggamu tersebar bagaikan debu. Bila engkau butuh nasehat maka datanglah kepada ahli ilmu yang dirasa dapat memberikan kebaikan dan wasilah solusi bagi urusanmu namun sebelum itu kau lakukan, hamparkanlah dahulu sajadahmu dan tenggelamlah dalam munajatmu kepada Penciptamu yang selalu mendengar semua keluh kesah dan do’amu. Andai tiada lagi bahu untuk bersandar, masih ada lantai untuk bersujud.
Sesuatu yang engkau anggap buruk dari suamimu dan begitu kau benci mungkin hal itulah yang banyak diimpikan para wanita yang belum bersuami. Mereka begitu ingin memiliki suami yang seperti suamimu, sungguh ironis bila kenikmatan itu engkau ingkari dengan rasa benci.
Karena Allāh ﷻ  telah berfirman,

و عسى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وهُوَ خَيْرٌ لكَمْ وَعَسى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئا وهو شرٌّ لكم واللهُ يعلمُ وأَنْتُمْ لا تَعْلمُوْنَ


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading