Bekerja di Yayasan Milik Non MuslimPertanyaan:Mau tanya ustadz, sekarang saya be…

Bekerja di Yayasan Milik Non Muslim

Pertanyaan:
Mau tanya ustadz, sekarang saya bekerja di instansi/yayasan non muslim yang kategori banyak umat Nasrani. Yang saya tanyakan, apakan rezeki/upah gaji saya dari tempat saya bekerja tersebut halal dan berkah. Terima kasih atas perhatiannya Ustadz.

(Dari Fulan Anggota Grup Whatsapp Sahabat BiAS)

Jawaban:
Apabila yayasan tersebut bukan yayasan keagamaan, jenis pekerjaannya halal dan tidak mengandung unsur menolong dan menyukseskan ibadah dan dakwah mereka. Kemudian keberadaan seorang muslim di sana tidak terhinakan maka tidak mengapa.

Sebaliknya jika hal-hal tersebut di atas tidak terpenuhi maka tidak boleh bekerja di sana. Syeikh Muhammad Ali Farkus Al Jazairi menyatakan dalam fatwa beliau:

“Kesimpulannya apabila pekerjaan muslim di sisi orang kafir mengandung unsur menjilat dalam hal agama. Atau pekerjaannya dilarang oleh agama, atau keberadaan muslim di sana terhina dan menjadi bahan olok olok, maka tidak boleh bekerja di sisi orang kafir.

Karena terdapat unsur memuliakan orang kafir dan memuliakan kemaksiatan yang mereka lakukan. Padahal Allah telah menghinakan dan merendahkan mereka, Allah berfirman:

‘Sampai mereka orang orang kafir itu membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan terhina.’ (QS At-Taubah: 29).

Adapun jika bersih dari hal-hal di atas maka ia adalah pekerjaan serta upah yang dibolehkan. Namun demikian janganlah menganggap mereka sebagai tuan dan jangan memulai mengucapkan salam kepada mereka ! berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang rang munafiq:

‘Jangan kalian menyatakan kepada orang munafik bahwa ia adalah tuan. Karena jika ia menjadi tuan maka kalian telah membuat Rabb kalian murka.’ (HR Muslim: 2164).

Dan orang kafir lebih lebih lagi, juga sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Janganlah memulai mengucapkan salam kepada orang yahudi dan orang nasrani. Apabila kalian bertemu dengan mereka di jalan maka desaklah mereka ke bagian pinggirnya.’ (HR Bukhari : 6207, Muslim: 1798).

(Fatawa Syeikh Muhammad Ali Farkus Al Jazairi no. 308).

Wallahu a’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله
Senin, 15 Jumadal Awwal 1443 H/20 Desember 2021 M

Baca selengkapnya: https://bimbinganislam.com/bekerja-di-yayasan-milik-non-muslim/

__
bimbinganislam.com | Follow IG, FB, TWT, TG, YT : Bimbingan Islam

Bekerja di Yayasan Milik Non Muslim | Bimbinganislam.comBekerja di Yayasan Milik Non Muslim. Apabila pekerjaannya dilarang oleh agama, atau keberadaan muslim di sana terhina, maka tidak boleh untuk orang kafir.


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading