❁ ﷽ ❁*Hak Orang Tua Atas Anaknya (bagian 23)*@fuadhbarabaJauhi oleh kalian durha…

❁ ﷽ ❁

*Hak Orang Tua Atas Anaknya (bagian 23)*

@fuadhbaraba

Jauhi oleh kalian durhaka kepada orang tua, karena itu dapat menghapus (pahala) amalan kalian.

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَرَأَيْتَ إِذَا صَلَّيتُ الصَّلَوَاتِ الخَمْسَ، وَصُمْتُ رَمَضَانَ،
وأدَّيتُ زكاةَ مَالِي، وَحَجَّيْتُ الْبَيْتَ فَمَاذَا فِيْ؟ فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: مَنْ مَاتَ عَلَى هَذَا، كَانَ مَعَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ يَوْمَ القِيَامَةِ، هَكَذَا – ونَصَبَ إِصْبَعَيْهِ – مَا لَمْ يَعُقَّ وَالِدَيْهِ

*Ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, aku tunaikan zakat hartaku dan aku melaksanakan ibadah haji ke Baitullah? Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: Barangsiapa yang mati atas hal ini, dia termasuk dalam (kelompok) shiddiqin dan orang-orang yang syahid pada hari kiamat nanti, dan -Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menegakkan jarinya- seraya mengatakan: selama tidak durhaka kepada kedua orang tuanya*. (HR. Ahmad, Al-Baghowi dan Ibnu Khaitsamah).

Dan jauhi oleh kalain durhaka kepada orang tua. Karena barangsiapa yang durhaka kepada orang tuanya, maka anaknya akan durhaka juga kepadanya.

Karen balasan itu sesuai dengan perbuatannya. Dan Rabb-mu tidaklah menzalimi seorangpun. Dan sebagaimana kamu berbuat, maka seperti itu pula akan dibalas. Allah Ta’ala berfirman:

وَجَزَٰٓؤُاْ سَيِّئَةٖ سَيِّئَةٞ مِّثۡلُهَاۖ

*Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal*. (QS. Asy-Syura: 40).

Ketahuilah bahwasanya jika kamu berbakti kepada kedua orang tuamu, maka kelak kamu akan bergembira dengan bakti anak-anakmu. Dan jika kamu durhaka kepada kedua orang tuamu, maka kelak kamu akan bersedih dengan kedurhakaan anak-anakmu.

_Ya Allah jadikanlah kami orang-orang yang berbakti kepada kedua orang tua kami_.

_Dari kitab Tabshirotul Anâm Bilhuqûqi Fil Islâm_.

Sumber :@fuadhbaraba79

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading