TUJUAN HIDUP MANUSIA DAN JINKajian Al-Mulakhkhos fi Syarhi Kitab At-Tauhid (1)ب…

TUJUAN HIDUP MANUSIA DAN JINKajian Al-Mulakhkhos fi Syarhi Kitab At-Tauhid (1)ب…


TUJUAN HIDUP MANUSIA DAN JIN

Kajian Al-Mulakhkhos fi Syarhi Kitab At-Tauhid (1)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Allah ‘azza wa jalla berfirman,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku.” [Adz-Dzariyat: 56]

MAKNA AYAT SECARA GLOBAL

أن الله -تعالى- أخبر أنه ما خلق الإنس والجن إلا لعبادته، فهي بيانٌ للحكمة في خلقهم، فلم يرد منهم ما تريده السادة من عبيدها من الإعانة لهم بالرزق والإطعام، وإنما أراد المصلحة لهم.

Allah ‘azza wa jalla mengabarkan bahwa Allah tidaklah menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepada-Nya. Maka ayat ini adalah penjelasan hikmah penciptaan manusia dan jin. Allah tidak menginginkan apa pun dari mereka seperti keinginan seorang tuan dari budaknya, berupa bantuan mencari rezeki dan makanan. Hanyalah yang Allah inginkan adalah kemaslahatan bagi mereka.

HUBUNGAN ANTARA AYAT DENGAN BAB YANG DIBAHAS

أنها تدل على وجوب التوحيد، الذي هو إفراد الله بالعبادة. لأنه ما خلق الجن والإنس إلا لأجل ذلك.

Ayat ini menunjukkan wajibnya tauhid, yang maknanya mengesakan Allah dalam ibadah, karena tidaklah manusia dan jin diciptakan kecuali untuk beribadah hanya kepada-Nya.

BEBERAPA PELAJARAN DARI AYAT

١- وجوب إفراد الله بالعبادة على جميع الثّقلين؛ الجن والإنس.

1. Kewajiban atas seluruh makhluk dari kalangan jin dan manusia untuk mengesakan ibadah hanya kepada Allah.

٢- بيان الحكمة من خلق الجن والإنس.

2. Penjelasan tentang hikmah penciptaan jin dan manusia (yaitu untuk mentauhidkan Allah dalam ibadah).

٣- أن الخالق هو الذي يستحق العبادة دون غيره ممن لا يخلُق، ففي هذا ردٌّ على عُبّاد الأصنام.

3. Bahwa Sang Pencipta, Dia-lah yang berhak diibadahi, bukan selain-Nya yang tidak mampu menciptakan. Maka ini merupakan bantahan terhadap penyembah patung dan selainnya.

٤- بيان غنى الله سبحانه وتعالى عن خلقه وحاجة الخلق إليه، لأنه هو الخالق، وهم مخلوقون.

4. Penjelasan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala tidak membutuhkan makhluk-Nya, dan makhluk selalu butuh kepada-Nya, karena Dia-lah Sang Pencipta dan mereka adalah makhluk yang diciptakan.

٥- إثبات الحكمة في أفعال الله سبحانه.

5. Penetapan adanya hikmah dalam setiap perbuatan Allah subhanahu wa ta’ala.

[Diringkas dari Kitab Al-Mulakhkhos fi Syarhi Kitab At-Tauhid karya Asy-Syaikh Prof. Dr. Shalih Al-Fauzan hafizhahullah]

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

═══ ❁✿❁ ═══

Simak Penjelasan Selengkapnya:

Yt: https://youtu.be/L_M8qX5nUtc

Fb: https://fb.watch/hal4Z8r_BN/

═══ ❁✿❁ ═══

Bimbingan dan Servis Umroh Bersama Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray, Lc hafizhahullah

Insya Allah Keberangkatan 2022 dan 2023
– 25 Desember 2022
– 28 Desember 2022
– 11 Februari 2023 (Plus Turki)
– 14 Februari 2023
– 15 Februari 2023
– Awal dan Akhir Ramadhan 2023

HUBUNGI WA wa.me/628118247111

Gabung Group WA KAJIAN ISLAM
Ketik: Daftar
Kirim ke Salah Satu Admin:
wa.me/628111833375
wa.me/628119193411
wa.me/628111377787

TELEGRAM
t.me/taawundakwah
t.me/sofyanruray
t.me/kajian_assunnah
t.me/kitab_tauhid
t.me/videokitabtauhid
t.me/kaidahtauhid
t.me/akhlak_muslim

Medsos dan Website:
youtube.com/c/kajiansofyanruray
instagram.com/sofyanruray.info
facebook.com/sofyanruray.info
instagram.com/taawundakwah
facebook.com/taawundakwah
twitter.com/sofyanruray
taawundakwah.com

#Yuk_share agar menjadi amalan yang terus mengalir insya Allah. Rasulullah shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa menunjukkan satu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkannya.” [HR. Muslim dari Abu Mas’ud Al-Anshori radhiyallaahu’anhu]

TUJUAN HIDUP MANUSIA DAN JINKajian Al-Mulakhkhos fi Syarhi Kitab At-Tauhid (1)


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading