❁ ﷽ ❁ YANG MASIH TERSISA MESKI TELAH MENINGGAL DUNIAInilah amalan yang akan masi…

❁ ﷽ ❁

YANG MASIH TERSISA MESKI TELAH MENINGGAL DUNIA

Inilah amalan yang akan masih tersisa meski telah meninggal dunia yakni sunnah Hasanah (menjadi pelopor dalam kebaikan).

Dari Jarir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ سَنَّ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كَانَ لَهُ أَجْرُهُ وَمِثْلُ أُجُورِهِمْ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

“Barang siapa melakukan suatu amalan kebaikan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya ganjaran semisal ganjaran orang yang mengikutinya dan sedikitpun tidak akan mengurangi ganjaran yang mereka peroleh.” (HR Muslim no 1017).

Sungguh mulia amalan ini yang tidak akan pernah terputus, maka bersemangatlah untuk menunjukkan kebaikan / menjadi pelopor dalam kebaikan, karena bisa jadi akan ditiru oleh org lain, dan pahala itu akan menjadi investasi kita di akhirat kelak. Namun waspada juga karena lanjutan hadist diatas menjelaskan tentang pelopor menunjukkan keburukan, dimana juga bisa menjadi dosa jariyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

وَمَنْ سَنَّ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهُ وَمِثْلُ أَوْزَارِهِمْ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْئًا

Sebaliknya, barangsiapa melakukan suatu amalan kejelekan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa semisal dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosanya sedikit pun.” (HR. Muslim, no. 1017)

Misalnya saja kita mengajarkan kejelakan untuk anak kita, contoh musik, menggambar makhluk bernyawa, dan lain-lain, ini bisa jadi dosa jariyah bagi orang tua, atau hal lainnya. Maka berhati-hatilah. Semoga Kita terjaga dari melakukan/menjadi pelopor keburukan yang menggiring dosa jariyah kepada kita, dan semoga kita dimudahkan untuk menjadi pelopor kebaikan sehingga menjadi amal jariyah bagi kita.

Semoga bermanfaat. Baarokallahu fiikum

Sumber :@taklimassunnah

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading