❁ ﷽ ❁Jangan Kau Hitung-hitung Pemberianmu Hadits ketiga puluh delapan dari buku …

❁ ﷽ ❁

Jangan Kau Hitung-hitung Pemberianmu

Hadits ketiga puluh delapan dari buku 100 hadits tentang Wanita

Pada asalnya bersedekah dengan sembunyi-sembunyi itu lebih utama, demikian pula hendaknya tidak menghitung-hitung apa yang telah disedekahkan.

Akan tetapi jika ada manfaat yang lebih besar dengan menampakkannya, maka menampakkan sedekah itu lebih utama. Agar manusia dapat mencontoh perbuatan baiknya yaitu bersedekah kepada orang yang membutuhkannya.

Dan jangan membiasakan untuk selalu menghitung-hitung pemberian kita kepada orang lain.

Dalam hadits disebutkan,

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ، قَالَ : كُنَّا يَوْمًا فِي الْمَسْجِدِ جُلُوسًا، وَنَفَرٌ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ فَأَرْسَلْنَا رَجُلًا إِلَى عَائِشَةَ لِيَسْتَأْذِنَ، فَدَخَلْنَا عَلَيْهَا، قَالَتْ: دَخَلَ عَلَيَّ سَائِلٌ مَرَّةً، وَعِنْدِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَرْتُ لَهُ بِشَيْءٍ، ثُمَّ دَعَوْتُ بِهِ، فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: *أَمَا تُرِيدِينَ أَنْ لَا يَدْخُلَ بَيْتَكِ شَيْءٌ، وَلَا يَخْرُجَ، إِلَّا بِعِلْمِكِ قُلْتُ: نَعَمْ، قَالَ: مَهْلًا يَا عَائِشَةُ، لَا تُحْصِي، فَيُحْصِيَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكِ*. وأَبُوْ دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ

“Dari Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif berkata: Pada suatu hari kami duduk-duduk di masjid dengan beberapa orang dari Muhajirin dan Anshar, lalu kami menyuruh seseorang untuk meminta izin masuk ke rumah Aisyah, lalu kami masuk ke rumahnya. Aisyah berkata: suatu saat ada seseorang masuk ke rumahku dan disisiku ada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, aku menyuruhnya dan aku memanggilnya lalu melarangnya, kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Apakah engkau mau agar seseorang tidak masuk ke rumahmu dan dia tidak keluar kecuali dengan sepegetahuanmu? Aku menjawab: Ya. Beliau bersabda: Tenanglah wahai Aisyah janganlah engkau menghitung-hitung pemberianmu, maka Allah pun akan memperhitungkan apa yang telah kamu perbuat”. (HR. Abu Daud dan An-Nasai).

Hadits ini memberikan pelajaran kepada kita agar selalu ikhlas dalam beramal.

Dan hendaklah seorang wanita tidak menghitung-hitung apa yang sudah diberikannya. Termasuk dalam masalah sedekah.

Allahu a’lam.

 ref :@fuadhbaraba79

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading