❁ ﷽ ❁Hak Anak Atas Orang Tuanya (bagian 6)Anak-anak adalah (fitnah) ujian bagi o…

❁ ﷽ ❁

Hak Anak Atas Orang Tuanya (bagian 6)

Anak-anak adalah (fitnah) ujian bagi orang tua. Di mana umumnya kebanyakan orang tua diuji dengan anak-anak pada ketaatan kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam.

Para orang tua disibukan dengan anak-anak mereka dari mencintai Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka datanglah peringatan dari Allah ‘Azza wa Jalla kepada para orang tua terhadap fitnah anak-anak. Allah Ta’ala berfirman:

یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ لَا تُلۡهِكُمۡ أَمۡوَ ٰ⁠لُكُمۡ وَلَاۤ أَوۡلَـٰدُكُمۡ عَن ذِكۡرِ ٱللَّهِۚ وَمَن یَفۡعَلۡ ذَ ٰ⁠لِكَ فَأُو۟لَـٰۤىِٕكَ هُمُ ٱلۡخَـٰسِرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barang siapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS. Al-Munafiqun: 9).

Dan Allah Ta’ala juga berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِنَّ مِنۡ أَزۡوَٰجِكُمۡ وَأَوۡلَٰدِكُمۡ عَدُوّٗا لَّكُمۡ فَٱحۡذَرُوهُمۡۚ وَإِن تَعۡفُواْ وَتَصۡفَحُواْ وَتَغۡفِرُواْ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٞ رَّحِيمٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. At-Taghabun: 14).

Dari kitab Tabshirotul Anâm Bilhuqûqi Fil Islâm

Sumber :@fuadhbaraba79

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading