•❁ ﷽ ❁•Kewajiban Mengqadha Puasa Ramadhan  Hadits keempat puluh satu dari buku 1…

•❁ ﷽ ❁•

Kewajiban Mengqadha Puasa Ramadhan
 

Hadits keempat puluh satu dari buku 100 hadits tentang Wanita

Puasa ramadhan hukumnya wajib. Bahkan termasuk salah satu rukun islam. Siapa pun yang memiliki hutang puasa ramadhan, maka wajib untuk mengqadhanya, sebelum ramadhan berikutnya tiba.

Namun bagi wanita yang kesulitan mengqadha puasanya, dia boleh mengqadhanya sampai bulan sya’ban. Karena hutang puasa tidak gugur tanpa sebab syar’i.

Mari kita perhatikan bagaimana penjelasan Aisyah radhiallahu ‘anha,

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: لَقَدْ كَانَتْ إِحْدَانَا تُفْطِرُ فِي رَمَضَانَ فَمَا تَقْدِرُ عَلَى أَنْ تَقْضِيَ حَتَّى يَدْخُلَ شَعْبَانُ، مَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ فِي شَهْرٍ مَا كَانَ يَصُومُ فِي شَعْبَانَ، كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ إِلَّا قَلِيلًا، بَلْ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha berkata:

“Sungguh salah seorang dari kami pernah berbuka pada bulan ramadhan, kemudian tidak mampu untuk mengqadhanya hingga masuk bulan Sya’ban. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah berpuasa satu bulan penuh seperti pada bulan Sya’ban; beliau berpuasa semuanya (satu bulan penuh) kecuali hanya sedikit (beberapa hari); bahkan beliau pernah berpuasa semuanya (satu bulan penuh)”. (HR. Muttafaq ‘alaih)

Hadits ini menunjukan kepada kita bahwa boleh hukumnya mengqadha puasa tidak secara langsung di bulan syawal, akan tetapi sesuai dengan kemampuan, kapan saja dia mampu maka hendaknya bersegera untuk mengqadhanya.

Allahu a’lam.

Semoga bermanfaat bagi kita semua…

 Refrensi :@fuadhbaraba79

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading