✧ ﷽ ✧Hak Anak Atas Orang Tuanya (bagian 7)Allah Ta’ala berfirman:إِنَّمَآ أَمۡو…

✧ ﷽ ✧

Hak Anak Atas Orang Tuanya (bagian 7)

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّمَآ أَمۡوَٰلُكُمۡ وَأَوۡلَٰدُكُمۡ فِتۡنَةٞۚ وَٱللَّهُ عِندَهُۥٓ أَجۡرٌ عَظِيمٞ

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang besar. (QS. At-Taghabun: 15).

Bahkan Allah ‘Azza wa Jalla menjelaskan di dalam kitab-Nya kepada para orang tua, bahwa anak-anaknya tidak akan mampu untuk membela mereka di hadapan Allah Ta’ala pada hari kiamat nanti. Allah Ta’ala berfirman:

وَمَآ أَمۡوَٰلُكُمۡ وَلَآ أَوۡلَٰدُكُم بِٱلَّتِي تُقَرِّبُكُمۡ عِندَنَا زُلۡفَىٰٓ إِلَّا مَنۡ ءَامَنَ وَعَمِلَ صَٰلِحٗا فَأُوْلَٰٓئِكَ لَهُمۡ جَزَآءُ ٱلضِّعۡفِ بِمَا عَمِلُواْ وَهُمۡ فِي ٱلۡغُرُفَٰتِ ءَامِنُونَ

Dan bukanlah harta atau anak-anakmu yang mendekatkan kamu kepada Kami; melainkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda atas apa yang telah mereka kerjakan; dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (dalam surga).
(QS. Saba’: 37).

Dan juga Allah Ta’ala berfirman:

وَلَا تُخۡزِنِي يَوۡمَ يُبۡعَثُونَ. يَوۡمَ لَا يَنفَعُ مَالٞ وَلَا بَنُونَ. إِلَّا مَنۡ أَتَى ٱللَّهَ بِقَلۡبٖ سَلِيمٖ

Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan. (Yaitu) pada hari (ketika) harta dan anak-anak tidak berguna. Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih. (QS. Asy-Syu’ara: 87-89).

Wahai para hamba Allah, anak-anak memiliki hak-hak yang besar atas orang tua mereka. Apabila orang tua menunaikan hak anak-anaknya maka mereka akan bersyukur atas nikmat tersebut, dan orang tua berbahagia dengan anak-anak mereka.

Namun jika para orang tua menyia-nyiakan hak anak-anaknya, maka nikmat itu akan berubah menjadi bencana.

Betapa banyak orang tua yang anak-anaknya menjadi ujian dan musibah bagi mereka, sehingga membuatnya tidak nyenyak tidur di malam hari karena sedih melihat anak-anaknya berfoya-foya, hancur, dan jauh dari ketaatan kepada Allah Ta’ala.

Dari kitab Tabshirotul Anâm Bilhuqûqi Fil Islâm

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading