โœฟ๏ทฝโœฟ๐Ÿ…•๐Ÿ…๐Ÿ…˜๐Ÿ…“๐Ÿ…๐Ÿ…— ๐Ÿ…ก๐Ÿ…๐Ÿ…œ๐Ÿ…๐Ÿ…“๐Ÿ…—๐Ÿ…๐Ÿ…_* Makanan Saat Berbuka Puasa*_Disunnahkan bagi orang yang ber…

โœฟ๏ทฝโœฟ

๐Ÿ…•๐Ÿ…๐Ÿ…˜๐Ÿ…“๐Ÿ…๐Ÿ…— ๐Ÿ…ก๐Ÿ…๐Ÿ…œ๐Ÿ…๐Ÿ…“๐Ÿ…—๐Ÿ…๐Ÿ…

_* Makanan Saat Berbuka Puasa*_

Disunnahkan bagi orang yang berpuasa agar berbuka dengan kurma, sama saja kurma basah atau kering, jika tidak ada kurma maka berbuka dengan air.

Dalil atas hal tersebut adalah hadits Sulayman bin โ€˜ฤ€mir radhiyallฤhu โ€™anhu, dari Nabi ๏ทบ, bahwa beliau ๏ทบ bersabda,

ยซุฅุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ู’ูŠููู’ุทูุฑู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุชูŽู…ู’ุฑูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌูุฏู’ ููŽู„ู’ูŠููู’ุทูุฑู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกูุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุทูŽู‡ููˆุฑูŒยป.

โ€œ Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma, jika tidak ada (kurma) maka dengan air, karena air itu suci.โ€

[HR. Abu Dawud dengan sanad shahih]

Namun, jika orang yang berpuasa itu tidak mendapatkan apapun untuk berbuka, maka hendaknya dia hadirkan niat dalam hati bahwa dia telah berbuka.

Syaikh Ibnu Shฤlih al-โ€˜Utsaimin berkata dalam Majmuโ€™ Fatฤwฤ beliau (20/261),

ยซูุฅู† ู„ู… ูŠุฌุฏ ุฑูุทูŽุจู‹ุง ูˆู„ุง ุชู…ุฑู‹ุง ูˆู„ุง ู…ุงุก ุฃูุทุฑ ุนู„ู‰ ู…ุง ุชูŠุณู‘ูŽุฑ ู…ู† ุทุนุงู… ุฃูˆ ุดุฑุงุจ ุญู„ุงู„ุŒ ูุฅู† ู„ู… ูŠุฌุฏ ุดูŠุฆู‹ุง ู†ูˆู‰ ุงู„ุฅูุทุงุฑ ุจู‚ู„ุจู‡ุŒ ูˆู„ุง ูŠูŽู…ุตู‘ู ุฅุตุจุนู‡ุŒ ุฃูˆ ูŠุฌู…ุน ุฑูŠู‚ู‡ ูˆูŠุจู„ุนู‡ุŒ ูƒู…ุง ูŠูุนู„ ุจุนุถ ุงู„ุนูˆุงู…ยป.

โ€œJika seseorang tak mendapati kurma basah, tak juga kurma kering, bahkan tak ada air, maka hendaknya dia berbuka dengan makanan atau minuman halal yang mudah dia dapatkan. Namun jika dia masih tak mendapat apapun, maka hendaknya dia meniatkan di dalam hati bahwa dia telah berbuka, bukan dengan cara mengisap jari, atau mengumpulkan air liur dalam mulut kemudian menelannya seperti yang dilakukan sebagian orang awamโ€.

Alih Bahasa : Ummu Abdirrahman ( Admin )

Muroja’ah :
@abinyasalma

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading