APRIL MOP Syaikh Khalid bin Dhahwi azh-Zhafiri hafizhahullahWahai hamba-hamba A…

APRIL MOP

Syaikh Khalid bin Dhahwi azh-Zhafiri hafizhahullah

Wahai hamba-hamba Allah…

Sungguh, sangat disayangkan, termasuk perkara yang tersebar (luas) di tengah-tengah sebagian kaum muslimin adalah apa yang dinamakan dengan April Mop (perayaan di awal bulan April dengan membolehkan berbohong di hari tersebut), yaitu hari ini.

Barang siapa melakukan hal itu (ikut merayakan April Mop), sungguh ia telah terjatuh dalam tasyabuh bil kuffar (membebek kepada kaum kafir yang terlarang dalam agama) dalam perayaan hari tersebut. (Sebab, April Mop) termasuk hari perayaan orang kafir. Demikian pula (dengan ikut merayakan April Mop), dia telah terjatuh dalam perbuatan dusta yang diharamkan walaupun niatnya hanya bercanda.

(Perbuatan merayakan April Mop) masuk dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barang siapa menyerupai suatu kaum, dia termasuk golongan mereka.” (HR. Abu Dawud no. 4026 dengan sanad yang hasan. Lihat Jilbab al-Mar’atul Muslimah hlm. 203 karya al-Albani, -pent.)”

Oleh karena itu, tinggalkanlah perbuatan meniru-niru orang kafir. Teladanilah Rasulullah yang (di antara akhlak beliau) jujur dan amanah, shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Wahai hamba-hamba Allah…

Sungguh, dusta adalah sumber dari sekian banyak akhlak yang buruk, seperti khianat, ingkar janji, curang, pengecut, dan bakhil. Seorang pendusta tidak akan dipercaya janjinya ketika ia menjanjikan sesuatu. Demikian pula, tidak akan dipercaya beritanya ketika ia memberitakan seusatu.

Sungguh, dusta adalah kerendahan dan kehinaan di dunia. Demikian pula (dusta itu) dosa dan azab (kelak) di hari kiamat. (Oleh karena itu), bersungguh-sungguhlah supaya tidak terjatuh dalam kedustaan. (Sebaliknya), kalian wajib (senantiasa) jujur.

(Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ ١١٩

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tetaplah bersama orang-orang yang jujur.” (At-Taubah: 119)

Sumber || https://t.me/aldhafiri/3236

Kunjungi || https://forumsalafy.net/april-mop

WhatsApp Salafy Indonesia
Chann
el Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading