Sebelum Ditinggal  – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah MA

Sebelum Ditinggal – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah MA

Sebelum Ditinggal – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah MA

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook :
Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah M.A / https://www.facebook.com/SyafiqRizaBasalamahOfficial

Instagram :
https://www.instagram.com/syafiqrizabasalamah_official/

Twitter :
@ustadzsyafiq https://twitter.com/ustadzsyafiq

Telegram :
Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official
https://t.me/SRB_Official

Website :
http://syafiqrizabasalamah.com/

source


Comments

17 responses to “Sebelum Ditinggal – Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah MA”

  1. BaarakAllahu fiik ustadz

  2. SALAM DAN ASTAGHFIRULLAH AL-ADZIM SUBHANALLAH ALHAMDULILLAH ALLAHUAKBAR MASYAALLAH INSYAALLAH TABARAKALLAH AAMIIN LAILAHAILALLAH MUHAMMAD RASULULLAH ALLAHUMA SOLI ALA MUHAMMAD WAALA ALIHI WASOBIHI WASSALAM

  3. Masya'Allah Alhamdulilah bisa menonton dn menyimak semua kajian 2 nya pak ustadz yang sangat bermamfaat semoga pak ustadz serta keluarga dn timnya selalu sehat dn selalu ada dalam lindungan Allah subhanahu wata'alaa..Aamiin…

  4. جزاكم الله خيرا و بارك الله فيكم 𝓤𝓼𝓽𝓪𝓭𝔃 𝓭𝓪𝓷 𝓽𝓮𝓪𝓶

  5. Jazakallahu khairan ustadz

  6. ✨✨SEBELUM DITINGGAL✨✨

    🎙️ Ustadz : Dr. Syafiq Riza Basalamah. MA

    10-04-2023 ⏱️ 09.00 – Selesai

    Bismillah…..

    Bulan Ramadhan adalah bulan yang berkah, segala pintu kebaikan dibuka dan segala pintu keburukan ditutup, syetan² dibelenggu. Setiap malamnya ada orang² yang dibebaskan dari api neraka selama bulan Ramadhan.

    (QS. Yunus : 57 -58) ayat2 tentang Al Qur'an sebagai Rahmat dan penyejuk bagi orang² yang beriman. Maka jadikanlah Al Qur'an sebagai penyebab kegembiraan bagi hambanya. Namun manusia justru mencari kegembiraan pada hal yang bersifat semu.

    Bulan Ramadhan akan segera pergi, dan kita tidak tau akankah kita berjumpa ramadhan hingga akhir nanti? sementara banyak sudah orang² yang telah pergi terlebih dulu tanpa merasakan ramadhan ini hingga akhir, bahkan ada yang sama sekali belum bertemu ramadhan, namun Allah telah memanggilnya lebih awal.

    Maka dari itu, di bulan Ramadhan ini hendaknya kita saling berlomba mengumpulkan amal kebaikan sebanyak²nya, sebelum ramadhan ini pergi dan entah akankah kita bertemu lagi di tahun berikutnya.

    Balasan amal sesuai tingkat kelelahan dalam menjalankannya, balasan sesuai amal perbuatannya.

    Usahakan di sisa 10 terakhir ramadhan nanti, tingkatkan kualitas dalam beribadah dan beribadah lah seolah ini ramadhan terakhir kita. Jangan justru disibukan dengan mempersiapkan lebaran. Waktu ramadhan ini hanya sedikit dan sebentar lagi dia akan pergi meninggalkan kita semua. Ibarat kita akan ditinggalkan oleh orang yang kita cintai, maka kita akan berusaha disisa waktu yang ada, maksimal dalam membersamainya. Waktu² istimewa itu pun akan segera berlalu dan kita akan merindukannya di waktu² setelahnya…

    10 hari ini gunakanlah untuk beri'tikaf dimasjid bagi laki², bagi para wanita solatnya yang terbaik di rumahnya. Namun para lelaki tidak boleh melarang para wanita untuk i'tikaf dimasjid, selama mereka menjaga batasan² yang disyariatkan. Karna para istri rosulullah pun melakukan i'tikaf setelah beliau wafat.

    Malam Lailatul Qadar itu terjadi di 10 hari terakhir ramadhan. Malaikat turun berduyun², termasuk malaikat Jibril. Maka pergunakan sebaik mungkin untuk beribadah dan berdoa sebanyak²nya.

    Doa yang disunnahka dibaca saat malam Lailatul Qadar adalah : Allaahumma innaka afuwwun tuhibbul Afwan fa'fuanni : Ya Allah engkau maha pemaaf dan mencintai pemaaafan maka maafkanlah aku. Ini adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah pada Aisyah saat malam Lailatul Qadar.

    Tutuplah akhir Ramadan nanti dengan mengeluarkan zakat fitrah sebesar 2 sha, atau 2,5kg beras. Dan perbanyak takbir di malam terakhir Ramadhan menjelang idul fithr, hingga akhir setelah solat idul fithr.

    Q n A Time ;

    Q : 1. Apakah malam 19 sudah termasuk malam Lailatul Qadar? dan apa ciri²nya?
    A : Malam 19 belum masuk malam Lailatul Qadar, karna itungan malam Lailatul Qadar adalah di malam 21 permulaanya.
    • Tanda²nya banyak malaikat yang turun dimalam hari, penuh kedamaian, udara sejuk pagi hari nya dan matahari tidak menyengat. Semoga kita mendapatkannya

    Q 2. Apakah suami yang menyuruh menjaga jarak dengan orangtua di bulan ramadhan ini, dengan dalih untuk menjaga kebaikan rumah tangganya, karna orangtua istri mejadi penyebab istrinya berbuat dosa, harus ditaati?
    A : Ya, perintah suami bagi istri dalam rangka menjaga kebaikan rumah tangga mereka, maka harus ditaati. Karna apa yang dilarang suami adalah untuk kemaslahatan kedua pihak

    Q 3. Apa amalan pengganti bagi istri yang tidak bisa beri'tikaf di masjid ? Lalu apakah i'tikaf harus dilakukan 10 terus menerus?
    A : I'tikaf ada yang Sunnah dan wajib. Maka i'tikaf yg Sunnah tidak perlu pengganti dengan amalan i'tikaf di lain harinya
    *. I'tikaf bisa dilakukan di rumah dengan menyibukkan dengan ibadah, baca Alquran, dzikir dan menjauhi HP dll. Fokus untuk beribadah

    Q 4. Apakah boleh i'tikaf bagi seorang wanita tanpa mahrom?
    A : Tidak mengapa i'tikaf tanpa mahrom bagi seorang wanita, dengan syarat ada ijin dari suaminya atau orangtuanya bagi yang belum menikah, dan tanpa menelantarkan kewajibannya di rumah.

    Q 5. Bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar bagi wanita haid dan yang sibuk bekerja? Dan bagaimana cara meredam amarah?
    A : Lailatul Qadar bisa didapatkan semua orang, hanya kualitas dan kuantitas ibadahnya lah yang menentukan.
    *. Wanita memiliki karakter masing², maka berdoalah kepada Allah memohon diberikan karakter yang penyabar dan lebih baik. Lalu melatih diri saat amarah itu datang, dan memohon pertolongan Allah dalam menjalaninya.

  7. Subhaanalloh.. Barokalloh.. 🙏 💞

  8. Barakaallah fiikum Ustadz

  9. Assalamu'alaikum warohmarullahi wabarokatuh Pakistan menyimak

  10. Alhamdulillah,msh bisa menyimak ilmu yang sngt berharga terimakasih, Ustadz Syafik

  11. Mendorong pemerataan pembangunan sehingga tidak terjadi lagi Jayapura sentris namun akan bermetamorfosis menjadi Papua sentris yang merata.

  12. Indonesia adalah negara hukum dan hukum harus ditegakkan !

  13. Assalamualaaikum

    Bolehkah anaa minta link untuk zoom nya ummi??
    Syukron… Jazaakillah khoiron

  14. Alhamdulillah…
    BAROKALLAHUFIIK USTADZ SYAFIQ…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading