SYARAT-SYARAT IKTIKAF Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Buhutsi Al-Ilmiyah wal Ifta Perta…

SYARAT-SYARAT IKTIKAF

Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Buhutsi Al-Ilmiyah wal Ifta

Pertanyaan:

ما هي شروط الاعتكاف، وهل الصيام منها، وهل يجوز للمعتكف أن يزور مريضًا، أو يجيب الدعوة، أو يقضي حوائج أهله، أو يتبع جنازة، أو يذهب إلى العمل؟

”Apa syarat-syarat iktikaf? Apakah puasa termasuk syaratnya? Apakah seorang yang beriktikaf boleh menjenguk orang sakit, memenuhi undangan, atau melaksanakan kebutuhan keluarganya, atau mengantar jenazah, dan pergi bekerja?”

Jawaban:

 يشرع الاعتكاف في مسجد تقام فيه صلاة الجماعة، وإن كان المعتكف ممن يجب عليهم الجمعة ويتخلل مدة اعتكافه جمعة ففي مسجد تقام فيه الجمعة أفضل

ولا يلزم له الصوم، والسنة ألا يزور المعتكف مريضًا أثناء اعتكافه، ولا يجيب الدعوة، ولا يقضي حوائج أهله، ولا يشهد جنازة، ولا يذهب إلى عمله خارج المسجد

Yang disyariatkan, hendaknya iktikaf itu dilakukan di masjid yang dilaksanakan padanya shalat jamaah. Jika orang yang beriktikaf itu adalah orang yang wajib shalat jumat sedangkan masa iktikafnya itu melewati (hari) Jumat; maka beriktikaf di masjid yang ditegakkan padanya jumatan itu lebih baik.

Beriktikaf tidak harus dalam keadaan berpuasa. Dan sunnahnya, seorang yang beriktikaf itu tidak mejenguk orang sakit dimasa iktikafnya, tidak memenuhi undangan, tidak menunaikan kebutuhan keluarganya, tidak menyaksikan jenazah, dan tidak pergi bekerja keluar dari masjid.

Hal ini sebagaimana riwayat dari Aisyah radhiyallahu ‘anha (beliau berkata),

 السنة على المعتكف ألا يعود مريضًا، ولا يشهد جنازة، ولا يمس امرأة، ولا يباشرها، ولا يخرج لحاجة إلا لما لا بد منه 

”Sunnahnya bagi orang yang beriktikaf; hendaknya dia tidak menjenguk orang sakit, tidak menyaksikan jenazah, tidak berjimak dengan istrinya, tidak mencumbunya, tidak keluar masjid untuk keperluan kecuali karena keperluan yang harus dikerjakan.”

Fataawa al-Lajnah ad-Daimah jilid 10 hlm. 410-411

Kunjungi || http://forumsalafy.net/syarat-syarat-itikaf/

WhatsApp Salafy Indonesia
C
hannel Telegram || http://telegram.me/forumsalafy


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading