❦ ﷽ ❦ I ’ T I K Ā FSyaikh DR. Shalih al-‘Ushaimy berkata,“Ibnu Rajab rahimahull…

❦ ﷽ ❦

I ’ T I K Ā F

Syaikh DR. Shalih al-‘Ushaimy berkata,

“Ibnu Rajab rahimahullah berkata,

« الاعتكاف هو قطع العلائق عن الخلائق للاشتغال بخدمة الخالق »

“I’tikāf itu sejatinya ialah memutus berbagai hubungan dengan para makhluk (yakni manusia), dengan tujuan untuk menyibukkan diri melayani Sang Khalik”. [selesai]

والمراد بالخدمة: العبادة، والتعبير بها أكمل

Dan yang dimaksud “melayani” di sini yaitu beribadah, dan ungkapan “melayani” itu lebih lengkap.

الذي يلزم مسجدا وهو مشتغل بالكلام مع الناس والعبث ويقضِّي وقته بالطعام والنوم واستعمال الانترنت ونحو ذلك فإنه لا يسمى اعتكافا، بل يسمى إقامة، وهو يخدع نفسه، وينبغي تنزيه المسجد عن هذه الأحوال الرديئة.

Orang yang menetap di masjid namun ia sibukkan dengan obrolan bersama orang-orang dan hal sia-sia, bahkan ia habiskan waktunya dengan makan dan tidur, asyik berselancar di internet, dan sebagainya, maka ini sejatinya tidak disebut i’tikāf, tapi menumpang tinggal (di masjid), dan (orang seperti itu) menipu dirinya sendiri. Karena seharusnya masjid itu dibersihkan dari hal-hal rendahan seperti ini.

للإنسان أن يعتكف في أي حين من السنة ولو لم يكن صائما ، ولو كان لمدة يسيرة ؛ فقد روى عبدالرزاق وغيره بإسناد صحيح عن يعلى بن أمية: ” إني لأدخل المسجد لا أريد إلا أن أعتكف ساعة”.

(Dianjurkan) bagi seseorang agar dia ber-i’tikāf kapan saja dalam setahun walaupun saat dia tidak berpuasa, meski hanya sebentar waktunya;
Abdurrazzāq dan selainnya telah meriwayatkan dengan sanad yang shahih, dari Ya’lā bin Umayyah, “Saya benar-benar akan masuk masjid, dan saya tidak ingin (melakukan apapun) selain ber-i’tikāf sesaat saja (sā’atan)”.

الساعة هي البرهة المستكثرة من الزمن، وهي في تقدير الدقائق في زمننا هذا بين الأربعين إلى خمس وأربعين دقيقة وهو الذي أدركت عليه كبار السن ، وأخبرني أحد أصحابنا عن العلامة أبي تراب الظاهري -وهو من شيوخ اللغة المعروفين- أن الساعة التي تعرفها العرب أقرب ما تكون ٤٥ دقيقة بتوقيتنا .

“Sesaat” (as-sā’ah) di sini maksudnya “waktu sejenak yang waktunya diperpanjang”, dan itu kalau diukur dengan hitungan menit pada zaman kita ini berarti sekitar 40-45 menit, dan itulah yang kudapati dari para orang tua.
Salah seorang sahabat kami pun mengabarkanku, dari al-‘Allāmah Abū Turāb azh-Zhāhiri —beliau adalah salah satu ahli bahasa yang terkenal—, bahwa “Kata as-Sā’ah (sesaat) yang dikenal oleh orang Arab adalah mendekati 45 menit menurut perhitungan waktu kita”.

لا يتقيد الاعتكاف برمضان، و لا يُشترط الصوم للاعتكاف؛ فيشرع للعبد أن يعتكف في أي حين من السنة ولو لم يكن صائما ولو كان لمدة يسيرة .

Pelaksanaan i’tikāf tidak terikat dengan Ramadhan saja, juga tidak disyaratkan puasa untuk ber-i’tikāf; Disyariatkan bagi seorang hamba —maksudnya seorang muslim— agar dia ber-i’tikāf kapan saja dalam setahun walaupun dia tidak berpuasa dan meski hanya sebentar waktunya.

المختار أن الاعتكاف عامٌّ لجميع المتعبدين من الرجال والنساء لا فرق بين شاب ولا شيخ .

(Pendapat) yang terpilih adalah bahwa i’tikāf itu umum bagi seluruh orang yang gemar beribadah dari kalangan laki-laki maupun perempuan, tak ada bedanya pemuda ataupun orang tua.

ما يفعله كثير من الناس من جعلهم محل اعتكافهم محطّاً للزوار ومجلسا للمعاشرة ، فإن هذا الاعتكاف لون والاعتكاف النبوي لون آخر .

Yang dikerjakan kebanyakan orang adalah mereka menjadikan tempat i’tikāf mereka —yakni masjid— sebagai tempat persinggahan pelancong dan majelis untuk kumpul-kumpul, maka i’tikāf ini berbeda jenisnya dari i’tikāf yang dicontohkan Nabi.

Dari Channel Syaikh Shālih al-‘Ushaimi
______

Catatan :
Di sini ada yg menarik dari definisi syaikh al-Ushaimi ttg kata ساعة (sesaat) yg dikaitkan dg makna “jam” (waktu) di zaman ini, dimana jam ini kaitannya dg يوم (hari = 24 jam) dan kaitannya dg دقائق (menit dimana 1 jam = 60 menit)…

Padahal dalam terma fikih, kata ساعة tdk berkaitan dg “jam”, namun berkaitan dg البرهة المطلقة (waktu pendek secara mutlak) yaitu “sekejap, sejenak, sebentar, sekilas, dll”…
Di dalam at-Ta’rîfât al-Fiqhiyah (hal. 110) disebutkan :


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading