Mengqadha puasa ramadhan dahulu atau puasa syawal dahulu?

Mengqadha puasa ramadhan dahulu atau puasa syawal dahulu?

MENGQADHA PUASA RAMADHAN DAHULU ATAU PUASA SYAWAL DAHULU?

● Fatwa no. 2264

Pertanyaan

ﻫﻞ ﻣﻦ ﺻﺎﻡ ﺳﺘﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻣﻦ ﺷﻮاﻝ ﺑﻌﺪ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺇﻻ ﺃﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﻜﻤﻞ ﺻﻮﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﺣﻴﺚ ﻗﺪ ﺃﻓﻄﺮ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ﺑﻌﺬﺭ ﺷﺮﻋﻲ، ﻫﻞ ﻳﺜﺒﺖ ﻟﻪ ﺛﻮاﺏ ﻣﻦ ﺃﻛﻤﻞ ﺻﻴﺎﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﺃﺗﺒﻌﻪ ﺳﺘﺎ ﻣﻦ ﺷﻮاﻝ، ﻭﻛﺎﻥ ﻛﻣﻦ ﺻﺎﻡ اﻟﺪﻫﺮ ﻛﻠﻪ؟ ﺃﻓﻴﺪﻭﻧﺎ ﺟﺰاﻛﻢ اﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮا.

Apakah orang yang berpuasa enam hari pada bulan Syawal setelah bulan Ramadhan, tetapi ia belum menyempurnakan puasa Ramadhan. Sebab, ia berbuka (tidak berpuasa) pada bulan Ramadhan selama sepuluh hari karena suatu uzur syar’i.

Apakah ia akan mendapatkan pahala orang yang telah menyempurnakan puasa Ramadhan kemudian menyertainya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal dan (mendapatkan keutamaan) sebagaimana orang yang berpuasa setahun penuh?

Berilah kami bimbingan. Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

Jawaban

ﺗﻘﺪﻳﺮ ﺛﻮاﺏ اﻷﻋﻤﺎﻝ اﻟﺘﻲ ﻳﻌﻤﻠﻬﺎ اﻟﻌﺒﺎﺩ ﻟﻠﻪ ﻫﻮ ﻣﻦ اﺧﺘﺼﺎﺹ اﻟﻠﻪ ﺟﻞ ﻭعلى، ﻭاﻟﻌﺒﺪ ﺇﺫا اﻟﺘﻤﺲ اﻷﺟﺮ ﻣﻦ اﻟﻠﻪ ﺟﻞ ﻭعلى ﻭاﺟﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﻃﺎﻋﺘﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻻ ﻳﻀﻴﻊ ﺃﺟﺮﻩ

Penentuan kadar pahala suatu amalan yang dilakukan oleh para hamba adalah kekhususan bagi Allah Jalla wa ‘Ala. Apabila seorang hamba mencari pahala dari Allah Jalla wa ‘Ala dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan ketaatan kepada-Nya, maka Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala untuknya. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala,

إِنَّا لَا نُضِیعُ أَجۡرَ مَنۡ أَحۡسَنَ عَمَلًا

“Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang mengerjakan perbuatan yang baik.” (Al-Kahfi: 30]

ﻭاﻟﺬﻱ ﻳﻨﺒﻐﻲ لمن ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻴﻪ ﺷﻲء ﻣﻦ ﺃﻳﺎﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺃﻥ ﻳﺼﻮﻣﻬﺎ ﺃﻭﻻ ﺛﻢ ﻳﺼﻮﻡ ﺳﺘﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻣﻦ ﺷﻮاﻝ؛ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺘﺤﻘﻖ ﻟﻪ اﺗﺒﺎﻉ ﺻﻴﺎﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻟﺴﺖ ﻣﻦ ﺷﻮاﻝ ﺇﻻ ﺇﺫا ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﺃﻛﻤﻞ ﺻﻴﺎﻣﻪ.

Yang hendaknya dilakukan oleh orang memiliki tanggungan (utang) puasa Ramadhan adalah berpuasa (mengqadha) terlebih dahulu. Setelah itu, baru ia berpuasa enam hari di bulan Syawal. Sebab, tidaklah terealisasi penyertaan puasa Ramadhan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, kecuali apabila ia telah menyempurnakan puasa Ramadhan.

ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ اﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ

Fataawa al-Lajnah ad-Daimah

Fataawa al-Lajnah ad-Daimah 10/392-393

Fataawa al-Lajnah ad-Daimah

WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || https://telegram.me/forumsalafy


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading