╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗
           
                    *SBUM*
            *Sobat Bertanya*
         *Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 1⃣2⃣4⃣8⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
  https://grupislamsunnah.com

  *Kumpulan Soal Jawab SBUM*
  *Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

  *KHULU (GUGAT CERAI)*

*Pertanyaan*
Nama: Achie
Angkatan: 05
Grup : 12
Nama Admin : Luluk
Nama Musyrifah : Selvi
Domisili : DKI

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Izin Bertanya Ustadz,

saya menikah dengan seorang suami yang setiap kita bertengkar dia selalu pergi menghindar. 5 tahun pernikahan, dia selalu pergi tapi hanya 3 – 7 hari lalu kembali pulang.

Namun saat tahun 2019, dimana saya hamil setelah bertahun-tahun menunggu kehadiran anak. Kembali kami bertengkar, bahkan yang lebih parahnya suami saya pergi selama 3 bulan dan tidak pernah berkomunikasi sama sekali. Mungkin karena saya stress, akhirnya saya harus melahirkan secara prematur. Di sana saya hubungi suami saya, karena walau bagaimanapun dia ayah dari anak saya. Dia memang menemani saya di Rumah Sakit tapi hanya malam. Karena siang alasannya dia harus mencari uang.
Sampai akhirnya anak kami lahir dan harus di rawat di NICU selama sebulan, suami saya hanya 2-3x menengok anak saya. Sampai bayi kami meninggal, dia hanya menemani saya sampai H+1 bayi kami dimakamkan. Kembali suami saya meninggalkan saya selama berbulan-bulan. Setelah itu kami kembali lagi, tapi hanya 2 – 3 bulan dia pulang kerumah, untuk selanjutnya setiap bertengkar dia pergi tanpa komunikasi lagi selama berbulan-bulan.

Bahkan pernah di tahun 2020 – 2021, saya sampai tidak bertemu suami saya selama 9 bulan. Sampai akhirnya saya minta talak dan dia menalak saya lewat whatsapp. 2 bulan kemudian kami memutuskan rujuk. Tapi sikapnya dia tetap menghilang. Selalu datang dan pergi.

Dan sekarang kembali lagi di akhir bulan november 2022 sampai hari ini kami tidak pernah berkomunikasi. Setiap malam saya meminta tolong sama Allah Azza Wa Jalla. Dan hari ini saya meminta bertemu suami saya untuk menalak saya secara langsung tanpa melalui Whatsapp lagi. Tapi jawaban suami saya malah, tidak perlu lagi karena saya sudah mengganggap dia menalak saya. Seperti saya digantung.

Apakah saat saya meminta ini, sudah jatuh talak buat saya Ustadz ?

Mohon pencerahannya Ustadz.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والصلام على رسول الله اما بعد.

Ketika ukhty meminta khulu (gugat cerai) belum jatuh sampai ukhty bawa ke pengadilan agama. Namun yang menjadi catatan untuk perbaikan ukhty berumah tangga. Adalah :

1. Ajak suami untuk menuntut ilmu agama. Suami yang baik dalam beragama tidak mudah untuk mengucapkan kata cerai.

2. Perbaiki hubungan ukhty dan suami kepada Allah Ta’ala. Permasalahan rumah tangga baik sampai perceraian terjadi karena akibat dosa dari salah satu keduanya

3. Baik ukhty atau suami untuk bertaubat kepada Allah Ta’ala dengan sebenarnya taubat. Allah yang menyatukan kembali hati ukhty dan suami. Dengan ketakwaan maka semua akan mudah dalam urusan urusan keluarga.

4. Jika suami masih memberikan nafkah baik lahir dan batin dan menjalankan perintah agama dan menjauhi larangan Islam maka jangan meminta khulu (gugat cerai) karena perceraian adalah hal yang paling disukai oleh iblis. Dan berdampak negatif bagi mental anak-anak.

والله تعالى أعلم بالصواب.

  Dijawab oleh : Ustadz Aulia Ramdanu,Lc.

        Diperiksa oleh : …..

═══════ ° ೋ• ═══════

*Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣*

WebsiteGIS:
https://grupislamsunnah.com
Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah
Instagram: instagram.com/grupislamsunnah
WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com
Telegram: t.me/s/grupislamsunnah
Telegram Soal Jawab: https://t.me/GiS_soaljawab
YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading