✧ ﷽ ✧Hukum Mabit Di Muzdalifah Dan Sebagian Sunnah-Sunnahnya Hadits keempat pulu…

✧ ﷽ ✧

Hukum Mabit Di Muzdalifah Dan Sebagian Sunnah-Sunnahnya

Hadits keempat puluh sembilan dari buku 100 hadits tentang Wanita

Mabit di Muzdalifah termasuk wajib dalam pelaksanaan ibadah haji. Adapun sunnahnya mabit di Muzdalifah yaitu dengan tidak meninggalkan Muzdalifah kecuali setelah shalat Subuh dan setelah langit menjadi terang sebelum matahari terbit.

Namun bagi orang-orang yang lemah, seperti orang yang sakit, wanita dan orang-orang tua, diperbolehkan meninggalkan Muzdalifah pada tengah malam. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan keringanan kepada mereka.

Mari perhatikan hadits berikut,

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: نَزَلْنَا الْمُزْدَلِفَةَ فَاسْتَأْذَنَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَوْدَةُ أَنْ تَدْفَعَ قَبْلَ حَطْمَةِ النَّاسِ، وَكَانَتِ امْرَأَةً بَطِيئَةً، فَأَذِنَ لَهَا فَدَفَعَتْ قَبْلَ حَطْمَةِ النَّاسِ، وَأَقَمْنَا حَتَّى أَصْبَحْنَا نَحْنُ ثُمَّ دَفَعْنَا بِدَفْعِهِ، فَلَأَنْ أَكُونَ اسْتَأْذَنْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا اسْتَأْذَنَتْ سَوْدَةُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ مَفْرُوحٍ بِهِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Aisyah radliallahu ‘anha berkata:

Kami berhenti di Muzdalifah, lalu Saudah meminta izin kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk berangkat (ke Mina) terlebih dahulu sebelum sesak oleh orang-orang yang berangkat, karena dia termasuk wanita yang lambat jalannya; dan beliau mengijinkan“.

Maka dia bertolak sebelum manusia berdesak-desakan sedangkan kami tetap berdiam di sana hingga pagi hari. Kemudian kami bertolak menuju jumrah bersama beliau“.

Sungguh bagiku meminta izin kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam seperti yang dilakukan oleh Saudah lebih aku sukai dari apapun yang menyenangkan“. (HR. Muttafaq ‘alaih).

Hadits yang mulia ini menunjukan kepada kita bahwa orang-orang yang lemah, seperti orang yang sakit, wanita dan orang-orang tua, diperbolehkan meninggalkan Muzdalifah pada tengah malam.

Allahu a’lam.

Semoga bermanfaat bagi kita semua…

 Referensi :@fuadhbaraba79

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading