❖ ﷽ ❖Untuk Siapa Putriku .Seorang lelaki berkata kepada Hasan Al Bashri rahumahu…

❖ ﷽ ❖

Untuk Siapa Putriku
.
Seorang lelaki berkata kepada Hasan Al Bashri rahumahullah: “Saya memiliki seorang putri yang telah menginjak usia menikah, sudah banyak orang yang melamarnya. Kepada siapakah saya harus menikahkannya?!”
.
Hasan menjawab,
“Nikahkanlah ia dengan seorang yang takut kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya. Sebab, kalau ia mencintainya maka ia akan memuliakannya (istri) dan apabila ia membencinya maka ia tidak akan menzhaliminya.”
(‘Uyuunul Akhbar (IX/17) Ibnu Qutaibah)
.
Nuh bin Maryam rahimahullah – salah seorang hakim di kota Marwa- saat ingin menikahkan putrinya, terlebih dahulu ia bermusyawarah dengan seorang tetangganya, lalu kata tetangganya, “Subhanallah!! Semua orang datang meminta fatwa kepadamu, tetapi engkau malah datang meminta fatwa kepadaku!!” Nuh menimpali, “Pokoknya, engkau harus memberikan pendapatmu!” tetangganya lalu berkata,
.
“Sesungguhnya pemimpin Persia memilih harta! Pemimpin Romawi memilih kecantikan! Pemimpin Arab memilih kehormatan! Nabi kalian, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih agama! Maka pilihlah sendiri, siapa diantara mereka yang Anda ikuti?!”
(Al Mustathraf (I/102) Al Absisyi)
.
— .
Diambil dari buku Mendulang Faedah dari Lautan Ilmu, Al-Ustâdz Abu Ubaidah Muhammad Yusuf bin Mukhtar bin Munthohir As-Sidawi, Media Taqwa Publishing

Referensi :@suamikusurgakuu

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan
.

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading