✧ ﷽ ✧20 KEUTAMAAN PADA 10 HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH (1) (1). Amal-amal shali…

✧ ﷽ ✧

20 KEUTAMAAN PADA 10 HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH (1)

(1). Amal-amal shalih pada hari itu lebih dicintai oleh Allah Ta’ala

ﻣﺎ ﻣﻦ ﺃﻳﺎﻡ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﺼﺎﻟﺢ ﻓﻴﻬﻦ ﺃﺣﺐ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻳﺎﻡ ﺍﻟﻌﺸﺮ . ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻭﻻ ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ؟ ﻗﺎﻝ : ﻭﻻ ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻻ ﺭﺟﻞ ﺧﺮﺝ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺮﺟﻊ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺑﺸﻲﺀ

“Tidak ada hari-hari dimana amal shalih di saat itu akan lebih dicintai oleh Allah dari pada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari (pertama) dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : “Wahai Rasulullah, tidak juga berjihad fii sabilillah ?” Beliau menjawab : “Tidak juga berjihad fii sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, lalu tidak kembali dengan sesuatu apapun (yaitu mati syahid)” (HR. Bukhari no. 969, hadits dari Ibnu Abbas)

(2). Dilipatgandakan pahala amal-amal shalih seperti shalat, bersedekah, baca al-Qur’an, berpuasa, berdzikir dll

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit & bumi, (dan) di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yg empat itu” (QS. At-Taubah [9]: 36)

Ibnu ’Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata :
“Allah mengkhususkannya pada 4 bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan mulia, melakukan maksiat pada bulan itu dosanya akan lebih besar dan amal-amal shalih yang dilakukan (di bulan itu) akan menuai pahala yang lebih banyak” (Lathaa-iful Ma’aarif hal 207)

(3). Berpuasa sunnah selama 9 hari dari tanggal 1 s/d 9 Dzulhijjah

Dari Hunaidah bin Khalid, dari istrinya, dari beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْر

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
biasa berpuasa pada 9 hari pertama di bulan Dzulhijjah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram) dan berpuasa tiga hari setiap bulannya (di tgl 13, 14 dan 15 pada bulan Islam)…” (HR. Abu Dawud no. 2437, dan an-Nasaa’i no. 2372 & 2417, Ahmad no. 2269 dan juga al-Baihaqi IV/284, Shahiih Sunan Abi Dawud no. 2106)

Sahabat Nabi ﷺ yang mempraktekkan puasa sunnah selama 9 hari awal bulan Dzulhijjah adalah Abdullah bin Umar. Di antara ulamanya tabi’in seperti al-Hasan al-Bashri, Ibnu Sirin serta Qotaadah juga menyebutkan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut, & inilah yang menjadi pendapat mayoritas ulama” (lihat Kitab Lathaa-iful Ma’aarif hal 461)

(4). Disyariatkan puasa Arafah tgl 9
“Puasa di hari Arafah karena mengharap‎ ‎pahala dari Allah dapat melebur dosa2 setahun sebelumnya & sesudahnya” (HR. Muslim no. 1162, hadits Abu Qotadah)

(5). Allah Ta’ala telah bersumpah dgn menyebutkan keutamaan hari-hari itu
Allah Ta’ala berfirman : “Demi malam yang sepuluh” (QS. Al-Fajr [89]: 2)

(6). Terdapat sebaik-baik hari di dunia, yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah (HR. Al-Bazzar, lihat Shahiihul Jaami’ ash-Shaghiir no. 1133, hadits dari Jabir)

(7). Allah Ta’ala telah menamakan bulan Dzulhijjah dengan asyhurun ma’luumaat (beberapa bulan yang telah dimaklumi/diketahui), dimana jamaah haji itu mulai menyiapkan bekal dan juga melakukan perjalanan haji, yaitu di bulan Syawwal, Dzulqo’dah dan Dzulhijjah

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِي الْحَجِّ 

“(Musim) haji itu beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yg menetapkan niat dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka dia tidak boleh rafats, berbuat fasik & juga berbantah-bantahan dalam masa mengerjakan haji…” (QS. 2 : 197)

(8). Allah Ta’ala menamakan awal bulan Dzulhijjah dengan sebutan al-ayyaamul ma’luumaat (hari yang telah ditentukan) untuk memperbanyak dzikir


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading