✸ ﷽ ✸ BAGI YG TIDAK BISA QURBAN Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :مَا مِن…

✸ ﷽ ✸

BAGI YG TIDAK BISA QURBAN

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

مَا مِنْ عَمَلٍ أَزْكَى عِنْدَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَلاَ أَعْظَمَ أَجْرًا مِنْ خَيْرٍ يَعْمَلُهُ فِي عَشْرِ الأَضْحَى

“Tidak ada suatu amalan yang lebih suci di sisi Allah ‘Azza wa Jalla dan juga lebih besar pahalanya melebihi kebaikan yang dilakukan di 10 hari awal Dzulhijjah” (HR. Ad-Darimi no. 1776 dan al-Baihaqi dalam Syu’abul Iiman no. 3476, hadits dari Ibnu Abbas, lihat Shahiihut Targhiib no. 1148)

Dan di antara amalan yang “disyariatkan” adalah dgn menyembelih hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha. Tetapi bagi yg benar-benar tidak mampu utk berqurban maka janganlah berkecil hati, karena ada amalan yg lain yang bisa mereka lakukan untuk bisa mendapatkan pahala yg besar dari Allah Tabaaraka wa Ta’ala.

Dan perlu diperhatikan bahwa amalan ini Niatnya Bukan utk Menggantikan Syariat Qurban, atau “sebanding” dengan Pahala penyembelihan qurban, “namun” sebagai alternatif saja dari sekian banyak amalan shalih yg Dapat dilakukan Agar Bisa juga mendapat pahala dari Allah, “khususnya” pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Ummu Haani binti Abu Thalib berkata :
“Suatu hari Rasulullah ﷺ “Melewatiku”. Lantas aku pun berkata : “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku telah lanjut usia dan lemah, maka perintahkan kepadaku dgn Suatu Amalan Yang Dapat Aku Kerjakan dalam keadaan duduk”, maka Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda : 

سبّحِي اللهَ مائةَ تسبيحةٍ ، فإنها تعدلُ لكِ مائةُ رقبةٍ تُعتقيها من ولدِ إسماعيلَ ، واحمدِي اللهَ مائة تحميدةٍ تعْدِلُ لكِ مائة فرسٍ مُسرجةٍ مُلجمةٍ تُحملينَ عليها في سبيلِ اللهِ ، وكبّري اللهَ مائةَ تكبيرةٍ ، فإنها تعدِلُ لكِ مائة بدنةٍ مُتقلدَةٍ متقبلةٍ ، وهلّلي اللهَ مائةَ تهليلَةٍ – قال ابن خَلَفٍ : أحسبهُ قال – تمْلأ ما بينَ السماءِ والأرضِ ، ولا يُرفعُ يومئذٍ لأحدٍ عملٌ ، إلا أن يأتِي بمثلِ ما أتيتِ به

Bertasbihlah engkau kepada Allah 100 x karena sesungguhnya bagimu itu pahala sprti engkau memerdekakan 100 hamba sahaya dari “keturunan Nabi Ismail”. Dan bertahmidlah kepada Allah 100 x, karena dengannya itu engkau akan memperoleh pahala seperti menyedekahkan 100 ekor kuda yang diberi pelana dan juga kendali yang membawa perbekalan fii Sabiilillah. Bertakbirlah Kepada Allah 100 x. Karena dengannya itu engkau akan memperoleh pahala Seperti Berqurban 100 Ekor Unta yang diikat dan diterima.

Dan juga membaca TAHLIL 100 x, Ibnu Khalaf (sang Perawi dari ‘Aashim) telah berkata : “Aku kira beliau ﷺ bersabda : “Ia pun akan Memenuhi Apa yang Ada di antara Langit dan Bumi dan pada hari itu “Tidak Ada” suatu amalan Bagi Siapapun “yang lebih tinggi”, melainkan seseorang yang “mengamalkan” sebagaimana yang engkau amalkan”
(HR. Ahmad VI(6)/344, An-Nasaa’i Dalam As-Sunan Al-Kubra no. 10680, & juga Al-Baihaqi Dalam Syu’abul Iman no. 612, lihat ash-Shahiihah 3/302)

Dengan redaksi hadits yang mirip telah diriwayatkan oleh Ibnu Majah no. 3810, lihat Kitab Shahih Ibnu Majah no. 3087, dan Silsilah ash-Shahiihah no. 1316)

Ustadz Najmi Umar Bakkar

Referensi :@najmiumar

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading