╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗
           
                    *SBUM*
            *Sobat Bertanya*
         *Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 1⃣3⃣7⃣1⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
  https://grupislamsunnah.com

  *Kumpulan Soal Jawab SBUM*
  *Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

  *BERSABAR DALAM*
*BERUMAH TANGGA*

*Pertanyaan*
Nama : Ummu
Angkatan: T.03
Grup : –
Nama Admin : Dwi
ummu Atiqah
Nama Musyrifah : Santi
ummu Nabilah
Domisili : –

      

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Semoga ustadz dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah ﷻ.

Izin bertanya Ustadz.
Bagaimana cara kita sebagai istri bertahan dengan suami yang mengatakan perasaannya sudah hambar pada istrinya ?

Bahkan tidak ada lagi panggilan seperti biasa, misalnya ummi ke istrinya sebelum memulai bicara. Suami juga masih menyimpan dendam atas kesalahan istri di masa lalu. Bahkan suami sampai dekat dengan wanita lain dan dari segi ibadah sholatnya bolong-bolong.

Antara suami istrinya juga sudah berbeda visi dan misi. Di mana istri ingin mengajak belajar bersama mengenal salaf, tetapi suami menolak dan mengatakan lebih baik biasa-biasa saja.

Mohon solusi terbaik dari ustadz.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والصلام على رسول الله اما بعد.

1⃣ Yang pertama kami nasehatkan kepada ukhty untuk bersabar dalam berumah tangga. Iblis dan bala tentaranya sangat senang untuk memisahkan pasangan, bahkan iblis yang berhasil memisahkan dengan pasangannya akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi raja iblis.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

[ إِنَّ إِبْلِيْسَ يَضَعُ عَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ ثُمَّ يَبْعَثُ سَرَايَاهُ فَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَنْزِلَةً أَعْظَمُهُمْ فِتْنَةً يَجِيْءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُوْلُ فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا فَيَقُوْلُ مَا صَنَعْتَ شَيْئًا قَالَ ثُمَّ يَجِيْءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُوْلُ مَا تَرَكْتُهُ حَتَّى فَرَّقْتُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ امْرَأَتِهِ قَالَ فَيُدْنِيْهِ مِنْهُ وَيَقُوْلُ نِعْمَ أَنْتَ ]

“Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air (laut) kemudian ia mengutus bala tentaranya. Maka yang paling dekat dengannya adalah yang paling besar fitnahnya. Datanglah salah seorang dari bala tentaranya dan berkata, “Aku telah melakukan begini dan begitu”. Iblis berkata, “Engkau sama sekali tidak melakukan sesuatupun”. Kemudian datang yang lain lagi dan berkata, “Aku tidak meninggalkannya (untuk digoda) hingga aku berhasil memisahkan antara dia dan istrinya. Maka Iblis pun mendekatinya dan berkata, “Sungguh hebat (setan) seperti engkau.”
(HR. Muslim)

Dengan bersabar akan kekurangan dalam diri suami dan saling memenuhi hak dan kewajiban, InsyaaAllah Allah akan melanggengkan keharmonisan rumah tangga ukhty

2⃣ Berkaitan dengan ibadah sholat yang ukhti katakan masih bolong bolong. Apabila yang ditinggalkan sholat wajib, boleh bagi ukhty untuk mengajukan gugatan cerai ke pengadilan agama. Karena para ulama membolehkan seorang istri untuk meminta cerai apabila suami meninggalkan kewajiban seperti sholat lima waktu atau puasa Ramadhan atau melakukan perbuatan dosa besar seperti berbuat zina.

3⃣Namun kedepankan cara yang bijaksana dalam menentukan keputusan. Anak-anak ukhty yang memiliki ikatan batin dengan suami, pastinya akan berdampak negatif jika perceraian terjadi.

Maka berikan nasihat baik lewat ukhty atau orang ketiga seperti mertua atau ustadz, yang dipandang oleh suami ukhty untuk dapat memperbaiki ibadah wajib.

4⃣ Apabila memang tidak ada perubahan setelah adanya nasihat, baik secara langsung atau tidak langsung, maka boleh bagi ukhty untuk mengambil jalan no 2. Tentunya dengan beristikhoroh kepada Allah.

Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiq kepada kita untuk selalu melaksanakan kewajiban-kewajibanNya dan meninggalkan larangan-laranganNya

والله تعالى أعلم بالصواب
أولياء رمضان

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading