¤ ﷽ ¤ Iri kepada orang yang berilmu (dalam masalah agama)Dari Abdullah bin Mas’u…

¤ ﷽ ¤

Iri kepada orang yang berilmu (dalam masalah agama)

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا حسدَ إلا في اثنتين : رجلٌ آتاه اللهُ مالًا؛ فسلَّطَ على هَلَكَتِه في الحقِّ ، ورجلٌ آتاه اللهُ الحكمةَ؛ فهو يَقضي بها ويُعلمُها

“tidak boleh hasad (iri) kecuali pada dua orang: seseorang yang diberikan harta oleh Allah, kemudian ia habiskan harta tersebut di jalan yang haq, dan seseorang yang diberikan oleh Allah ilmu dan ia memutuskan perkara dengan ilmu tersebut dan juga mengajarkannya” (HR. Al Bukhari no.73, Muslim no.816).

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah: “Hasad yang dimaksud di sini adalah ghibthah. Maksudnya, tidak boleh berangan-angan untuk mendapatkan sesuatu yang ada pada orang lain, kecuali pada dua orang. Yang pertama, orang yang Allah berikan harta, kemudian ia habiskan harta tersebut di jalan yang haq, dan ia muamalahkan dalam kebenaran serta kebaikan terhadap manusia. Ini adalah ghibthah terhadap kebaikan. Yang kedua, orang yang diberikan oleh Allah berupa hikmah (ilmu) dan ia memutuskan perkara dengan ilmu tersebut dan juga mengajarkannya. Ini juga ghibthah” (Mauqi’ Ibnu Baz, @https://bit.ly/2KgZazQ).

Referensi :@fawaid_kangaswad

Barakallahu fiikum ____
~~~~
https://t.me/Berbagi_Kebaikan

BerbagiKebaikanBerbagi info peluang amal sholih dan ketaatan… Untuk bekal kita menghadapi Yaumul Mizan…


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading