╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗
           
                    *SBUM*
            *Sobat Bertanya*
         *Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 1⃣4⃣0⃣0⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
  https://grupislamsunnah.com

  *Kumpulan Soal Jawab SBUM*
  *Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

*PANDANGAN SYARIAT*
*MENGENAI APLIKASI JOMBINGO*
      
*Pertanyaan*
Nama: Ai Juariah
Angkatan: T.5
Grup : 17
Nama Admin : Yana
Nama Musyrifah : Afiah
Domisili : Jawa Barat

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Afwan izin bertanya Ustadz.

Apakah Aplikasi Jombingo termasuk Riba?

Mohon pencerahannya Ustadz.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداه.

JomBingo Sharebuy merupakan aplikasi besutan PT. Bingboy Digital Kreasi yang bertempat di jalan Teluk Betung No.42 Kebon kacang Tanah Abang Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Aplikasi ini telah di rilis di Google Play Store, sehingga siapa saja bisa mendownload aplikasinya langsung.
Aplikasi ini juga mendapatkan rating yang bagus dan telah di download oleh ratusan ribu pengguna. Jombingo menawarkan produk-produk yang dapat dibeli dengan harga yang lebih murah. Selain itu, aplikasi ini menawarkan konsinyasi atau komisi bagi pengguna yang telah melakukan pembelian di aplikasi ini. Selain berbelanja secara online, pengguna juga bisa mendapatkan uang dengan cara menyelesaikan tugas-tugas yang di sediakan.Dibalik viralnya aplikasi ini, banyak juga yang menanyakan apakah jombingo halal atau haram, mengingat cara kerjanya tidak seperti marketplace pada umumnya.

Cara Kerja Aplikasi Jombingo

Aplikasi ini sebenarnya memberikan cara pembelian produk yang berbeda dengan aplikasi e-commerce lainnya. Karena dalam aplikasi ini kita tidak bisa beli produk sendiri atau secara mandiri. Melainkan kita hanya bisa beli produk secara berkelompok dan nantinya akan ditentukan pemenang satu orang.
Sebagai contoh, di aplikasi jombingo ada produk lampu tidur dengan harga Rp 20.000. Untuk membeli produk ini kita harus mulai grup yang beranggotakan 2 orang. Jadi pengguna A buat grup kemudian melakukan pembayaran Rp 20.000 dan pengguna B yang di undang bergabung dengan grup anda dan ia juga melakukan pembayaran Rp 20.000. Nah setelah pengguna A dan B telah berhasil membayar, nantinya salah satu dari keduanya akan ditentukan menjadi pemenang. Jika si B menang maka ia akan diberikan pilihan untuk meneruskan pesanan barang atau memilih konsinyasi sebesar Rp 10.000. Jika memilih pesanan barang, maka nantinya barang akan di kemas dan di kirimkan ke alamat pengiriman yang telah di buat. Sedangkan jika memilih konsinyasi, maka ia akan mendapatkan uang Rp 10.000 + Rp 20.000 (uang kembali). Jadi total uang yang di dapat adalah Rp 30.000.
Untuk pengguna A yang tadi gagal menjadi pemenang, maka uangnya akan kembali lagi Rp 20.000 kemudian ia akan dapat voucher partisipasi Rp 1000. Jadi total uang yang kembali adalah Rp 21.000.
Jadi setelah melakukan tugas belanja di aplikasi ini tidak ada pengguna yang di rugikan, malah keduanya akan mendapatkan keuntungan setelah bergabung atau membuat grup belanja. Hanya saja keuntungan yang di peroleh pemenang lebih besar bagi yang kalah.
Dengan mengetahui cara kerjanya maka anda mungkin sudah tahu apakah jombingo halal atau haram. Karena yang haram adalah pembelian yang bersifat merugikan.

Apakah Jombingo Halal atau Haram?

Setelah memahami cara kerjanya, tentu kita akan mendapatkan kesimpulan sendiri apakah jombingo halal atau haram. Seperti yang kita ketahui bahwa hukum asal segala perkara adalah mubah atau boleh. Kecuali ada suatu hal yang membuatnya diharamkan. Jika cara kerjanya seperti diatas sepanjang pengetahuan kami haram. dengan beberapa alasan :

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading