Halaqah 30 | Hadits Yang Berkaitan Dengan Uban Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam
Telegram: https://t.me/ilmusyar1
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ الْخَلْقَ وَالْأَخْلَاقَ وَالْأَرْزَاقَ وَالْأَفْعَالَ، وَلَهُ الشُّكْرُ عَلَى إِسْبَاغِ نِعَمِهِ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ بِالْإِفْضَالِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّهِ وَرَسُولِهِ الْمُخْتَصِّ بِحُسْنِ الشَّمَائِلِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْمَوْصُوفِينَ بِالْفَوَاضِلِ وَالْفَضَائِلِ، وَعَلَى أَتْبَاعِهِ الْعُلَمَاءِ الْعَامِلِينَ بِمَا ثَبَتَ عَنْهُ بِالدَّلَائِلِ. أما بعد
Sahabat Bimbingan Islam rahīmaniy wa rahīmakumullāh.
Alhamdulilāh, Allāh masih memberikan kesempatan kepada kita semua untuk kembali mengkaji hadīts-hadīts yang berkaitan dengan sifat-sifat Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dalam Kitāb Asy Syamāil Al Muhammadiyyah, karya Imām Abū Īsā At Tirmidzī rahimahullāhu ta’āla.
Alhamdulillāh, pada pertemuan kali ini, (pertemuan ke-30) kita masih melanjutkan pembahasan uban Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam (Hadīts no 43-44)
Yang mana telah kita simpulkan bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam tidak memiliki banyak uban. Uban Beliau sekitar 14 hingga 20 helai saja. Sehingga apabila Beliau meminyaki rambutnya uban-uban tersebut seakan-akan tidak ada.
Dan yang perlu dicatat bahwa uban-uban Beliau muncul bukan karena memikirkan urusan dunia, akan tetapi karena ayat-ayat Al Qurān yang menggambarkan akan kengerian hari kiamat yang Beliau dengar dan tadabburi.
Dan Imām At Tirmidzī membawakan hadīts yang ke-43.
Beliau berkata :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ [من أشهر الشيوخ في خرسان ت 244 هـ] قَالَ: أَنْبَأَنَا شُعَيْبُ بْنُ صَفْوَانَ [كاتب القاضي ببغداد]، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ [قَالَ البُخَارِيُّ: كَانَ عَبْدُ المَلِكِ بنُ عُمَيْرٍ مِنْ أَفصَحِ النَّاسِ]، عَنِ إِيَادِ بْنِ لَقِيطٍ الْعِجْلِيِّ [قال الذهبي : من علماء التابعين]، عَنْ أَبِي رِمْثَةَ التَّيْمِيِّ [اختلف في إسمه]، تَيْمِ الرَّبَابِ قَالَ: أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَعِي ابْنٌ لِي، قَالَ: فَأَرَيْتُهُ، فَقُلْتُ لَمَّا رَأَيْتُهُ: «هَذَا نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهِ ثَوْبَانِ أَخْضَرَانِ، وَلَهُ شَعْرٌ قَدْ عَلَاهُ الشَّيْبُ، وَشَيْبُهُ أَحْمَرُ» [صححه الألباني 36]
_Berkata Āli Ibnu Hujr, beliau adalah seorang ulamā yang terkenal di Khurasān dan beliau meninggal pada tahun 244 H._
_Beliau mengatakan:_
_Syu’aib Ibnu Shafwān (beliau adalah sekretaris khatib Al Qadhi di Baghdad) memberikan kabar kepadaku, dari Abdul Mālik bin Umair (Imām Al Bukhāri mengatakan beliau ini termasuk seorang yang sangat fasih dalam berbicara)._
_Dari Iyād Ibnu Laqīd Al ‘Ijliy (Imām Adh Dhahabi mengatakan beliau adalah salah satu ulamā dari kalangan tābi’in)._
_Dari Abū Rimtsah At Taimiy (beliau ini diperselisihkan namanya, jadi di sini langsung disebutkan kunyahnya dan Imām At Tirmidzī membawakan kota asalnya yaitu dari Taim Ar Rabāb)_
_Beliau berkata :_
_Aku mendatangi Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersama dengan anakku, maka aku pun melihat Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam. Ketika aku melihatnya, aku berkata:_
_”Ini adalah Nabi Allāh.”_
_Dan ketika itu Beliau memakai dua pakaian yang hijau, dan rambut Beliau sudah ada ubannya, dan uban itu berwarna merah._
(Hadīts ini dishahīhkan oleh Syaikh Albāniy rahimahullāh)
• Faedah pertama | Uban Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam tidak lebat.
Karena lafazh: وَلَهُ شَعْرٌ قَدْ عَلَاهُ الشَّيْبُ , kita artikan: “Rambut Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) sudah ada ubannya (sudah muncul ubannya),” bukan: “Dan rambut Beliau telah banyak beruban.”
Karena jika kita mengartikan: “Dan rambut Beliau (shallallāhu ‘alayhi wa sallam) sudah ada ubannya,” atau: “Sudah muncul ubannya,” itu lebih mencocoki hadīts-hadīts yang lainnya, yang menyatakan bahwa uban beliau sh
allallāhu ‘alayhi wa sallam itu sedikit.
Leave a Reply