Kitāb Kaifa Takuunu Miftaahan Lil Khoir Halaqoh 11: Mengingat Hari Akhir Dan Me…

Kitāb Kaifa Takuunu Miftaahan Lil Khoir
Halaqoh 11: Mengingat Hari Akhir Dan Mengingat Saat-Saat Berdiri Dihadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala
Telegram: https://t.me/ilmusyar1

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم القيامة اما بعد

Sahabat Bimbingan Islām, rahimaniy wa rahimakumullāh, yang semoga selalu dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Pada kesempatan kali ini (in syā Allāh) kita akan membaca kunci kesepuluh atau langkah yang kesepuluh yang disebutkan dalam Kitāb: كيف تكون مفتاحاً للخير (Bagaimana Anda Menjadi Pembuka Pintu Kebaikan) yang dibawakan oleh Syaikh Abdurrazaq Al Badr hafizhahullāhu ta’āla.

KUNCI KESEPULUH: MENGINGAT HARI AKHIR DAN MENGINGAT SAAT-SAAT BERDIRI DI HADAPAN ALLĀH SUBHĀNAHU WA TA’ĀLA

Diantara hal yang dapat membantu seorang insan untuk menggapai predikat pembuka pintu kebaikan adalah ingat akhirat.

‌Ia ingat saat-saat ia berdiri di hadapan Allāh Subhānahu wa Ta’āla.
‌Ia ingat hari dibalasnya amal perbuatan.
‌Ia ingat bahwa seluruh ucapan dan perbuatan akan dibawa untuk bertemu Allāh Subhānahu wa Ta’āla pada hari kiamat.

Kemudian hendaknya ia juga perlu mengingat bahwa surga itu memiliki 8 pintu dan neraka memiliki 7 pintu.

Allāh Subhānahu wa Ta’āla berfirman:

وَسِيقَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓاْ إِلَىٰ جَهَنَّمَ زُمَرًاۖ حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءُوهَا فُتِحَتۡ أَبۡوَٰبُهَا وَقَالَ لَهُمۡ خَزَنَتُهَآ أَلَمۡ يَأۡتِكُمۡ رُسُلٞ مِّنكُمۡ يَتۡلُونَ عَلَيۡكُمۡ ءَايَٰتِ رَبِّكُمۡ وَيُنذِرُونَكُمۡ لِقَآءَ يَوۡمِكُمۡ هَٰذَاۚ قَالُواْ بَلَىٰ وَلَٰكِنۡ حَقَّتۡ كَلِمَةُ ٱلۡعَذَابِ عَلَى ٱلۡكَٰفِرِينَ

_Orang-orang yang kafir digiring ke neraka Jahanam secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai dipintu-pintu tersebut (neraka), pintu-pintunya dibukakan dan para penjaga berkata kepada mereka, “Apakah belum pernah datang kalian rasul-rasul dari kalangan kalian yang membacakan ayat-ayat Tuhan kalian, rasul-rasul yang memperingatkan kepada kaluan akan pertemuan (dengan) hari ini?” Mereka menjawab, “Benar, ada,” tetapi ketetapan azab pasti berlaku terhadap orang-orang kafir.”_

(QS. Az Zumar: 71)

Dikatakan kepada mereka, “Masukilah pintu-pintu neraka jahannam itu, kamu kekal di dalamnya, maka neraka jahannam itulah seburuk-buruk tempat tinggal bagi orang-orang yang menyombongkan diri.”

Dan orang-orang yang bertakwa kepada tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan sampai ketika mereka sudah berada di pintu-pintu surga, pintu-pintu tersebut dibukakan kepadanya. Penjaga-penjaga berkata kepada mereka, “Kesejahteraan dilimpahkan atas kalian, berbahagialah kalian, maka masuklah (kalian) ke dalamnya kekal di dalamnya.”

Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allāh, yang telah memenuhi janjinya kepada kami dan telah memberikan tempat ini kepada kami, sedang kami diperkenankan menempati surga di mana saja yang kami kehendaki,” maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.

Jadi surga itu memiliki pintu dan kunci, neraka juga memiliki pintu dan kunci. Kunci surga dan kunci neraka ini adanya di dunia bukan di akhirat. Di akhirat nanti hanya akan ada pembalasan dan hisab saja.

Di dunia inilah keberadaan kunci surga dan kunci neraka. Kunci surga adalah tauhīd, shalat, puasa, taat kepada Allāh dan menjalankan perintah-Nya. Neraka juga memiliki kunci, kuncinya adalah kesyirikan, kekufuran, kemaksiatan dan dosa. Orang yang melakukan kesyirik dan kekufuran maka pintu neraka akan terbuka baginya dan dia kekal di dalamnya selama-lamanya.

Adapun dosa dan kemaksiatan yang berada di bawah tingkat kekufuran dan kesyirikan maka apabila pelakunya masuk ke dalam neraka dia akan di adzab di sana sesuai kadar dosanya, tetapi dia tidak kekal. Hanya orang musyrik dan kafir yang kekal di sana.

Ada sebuah hadīts di dalam Shahīh Bukhāri dan Muslim dari hadīts dari shahabat Abū Hurairah radhiyallāhu ‘anhu, Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda:


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading