Hal ini karena ia cinta kebaikan untuk orang lain sebagaimana ia cinta kebaikan …

Hal ini karena ia cinta kebaikan untuk orang lain sebagaimana ia cinta kebaikan untuk dirinya sendiri, sehingga ketika ia menghadapi suatu kondisi tindakan atau respon yang akan ia lakukan pada situasi tersebut adalah hasil dari pancaran cinta kebaikan untuk manusia sebagaimana Ia cinta kebaikan untuk dirinya sendiri sehingga dalam setiap kondisi dan dalam setiap keadaan ia berpikir apa yang saya inginkan ketika menghadapi kondisi seperti ini? Kemudian ia pun melakukan untuk orang lain sebagaimana ia ingin diperlakukan. Ia akan memperlakukan manusia sebagaimana ia ingin diperlakukan oleh orang lain.

Sungguh hadits ini tadi merupakan dalil yang sangat agung untuk memperkuat dan memperkokoh akhlak mulia, oleh karenanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam memasukkan ke dalam salah satu konsekuensi iman yang wajib. Apa alasannya?

Karena setiap akhlak dan adab dalam Islam hanya akan terwujud ketika ada perasaan ini dalam hati yaitu perasaan apa perasaan cinta kebaikan untuk orang lain sebagaimana cinta kebaikan tersebut untuk diri kita sendiri. Ini disampaikan oleh Syaikh Abdurrozzaq dalam ceramahnya yang lain.

Jadi kunci ke-16 ini adalah cinta kebaikan, suka menjadi orang yang bermanfaat untuk manusia. Ini yang menjadi pondasi dari seluruh langkah di awal tadi. Demikian kunci ke-16.

Kemudian kita membaca penutup yang beliau sampaikan.

*PENUTUP*

Sebagai penutup buku ini saya memohon kepada Allah dengan seluruh nama dan sifat-Nya yang mulia, begitu juga dengan sifat-Nya yang menjadi pembuka (Al Fattah) dan Maha Mengetahui (Al Alim), bahkan Ia adalah sebaik-baik membuka (Khoirul Fatihin) saya memohon kepada-Nya untukku, untuk kedua orang tuaku, untuk guru-guruku, dan untuk seluruh kaum muslimin, agar Allah mengaruniakan kepada kita semua karunia yang agung dan pemberian yang banyak. Saya memohon kepada-Nya agar menjadikan kita semua sebagai seorang insan yang memiliki predikat sebagai pembuka pintu kebaikan dan penutup pintu keburukan. Begitu juga agar Allah memberikan hidayah dan petunjuk kepada kita, lalu menjadikan kita sebagai sebab hidayah dan sebab petunjuk bagi orang lain, lalu memudahkan petunjuk-Nya kepada kita semua.

Sebagai akhir do’a ini segala puji bagi Allah Rabb semesta alam semoga shalawat dan salam keberkahan dan nikmat selalu tercurahkan atas hamba Allah dan rasulNya nabi kita Muhammad beserta keluarga dan seluruh sahabatnya.

Demikian wallahu ta’ala a’lam bish-showab mohon maaf atas segala kekurangan. Jazakumullah khoiron atas perhatiannya, semoga kitab ini menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita, dan semoga kita dimudahkan untuk mengamalkannya.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت استغفرك وأتوب إليك
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Ratno Abu Muhammad, Lc
Dikantor Bimbingan Islām Yogyakarta

*Mari saudara muslim yang dermawan.. Sisihkan sedikit dari rezeki Anda untuk Para Penuntut ilmu Syar’i dan operasional DAKWAH dalam menyebarkan kebaikan dengan ta’awun dan infak melalui rekening berikut ini:*

| Bank Syariah Indonesia
| Kode Bank [451]
| No. Rekening : 1184242374
| a.n : APENDI
| Konfirmasi : wa.me/+6282280288925

Kami mengucapkan terima kasih dan Jazaakumullahu Khairan atas donasi dan infak yang telah diberikan oleh para Donatur/Muhsinin. “Barakallahu fii Maalikum Wa ahliikum”
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading