╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗
           
                    *SBUM*
            *Sobat Bertanya*
         *Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 1⃣4⃣6⃣3⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
  https://grupislamsunnah.com

  *Kumpulan Soal Jawab SBUM*
  *Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

  *CARA MELEPASKAN*
*IKATAN JIN NASAB*

*Pertanyaan*
Nama: Fulanah
Angkatan: 05
Grup : 19
Nama Admin : Anita
Nama Musyrifah :
Domisili : Jawa Barat

      

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Izin bertanya Ustadz.

1. Bagaimana cara melepaskan ikatan jin nasab ?

2. Bolehkah mengikuti kelas peleburan jin nasab dari Ustadz yang tidak bermanhaj salaf ?

Mohon pencerahannya Ustadz.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والصلام على رسول الله اما بعد.

1. Cara melepaskan belenggu dan ikatan jin nasab adalah dengan kembali kepada apa yang ada dalam al quran maupun hadis Nabi Shalallahu a’laihi wassalam.

Pertama, mengerjakan seluruh perintah Allah ta’ala dan meninggalkan seluruh larangnnya.

Kedua, merutinkan membaca zikir pagi petang.

Ketiga, merutinkan membaca zikir disetiap aktifitas, seperti ketika pakai baju, masuk dan keluar wc, dan keluar dan masuk rumah, mau tidur dan bangun tidur dan seterusnya.

Keempat, merutinkan baca al quran didalam rumaah maupun ketika diluar rumah, dan memahami apa yang dibaca.

Kelima, rutinkan ruqyah mandiri selain dari zikir pagi dan petang. Semisal baca al fatihah, ayat kursi, tiga qul, dan membaca ayat terakhir surah al baqoroh.

Keenam, menyakini bahwa yang mampu mendatangkan mudhorot dan manfaat itu merupakan hak dan kekhusuan Allah ta’ala, oleh sebab itu perbanyak lah minta doa dan perlindungan kepada Allah ta’ala dari segala macam kemudhorotan dari seluruh makhluk.

Ketujuh, meninggalkan kebiasaan yang lama dan beralih kepada aktifitas yang bermanfaat, baik manfaat bagi dunia maupun akhirat.

Kedelapan, selalu intropeksi diri dan selalu muhasabah, dan jangan pernah lalai dan melamun. Serta terus memperbaiki diri agar bisa mencapai hamba Allah yang sholeh dan bertaqwa.
Jin tidak memiliki kemampuan untuk menundukkan hamba-hamba Allah yang shalih. Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak memberikan kemampuan kepada setan untuk menguasai manusia dan memaksakan kepada mereka kesesatan dan kekafiran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya : Sesungguhnya hamba-hambaKu, kamu (setan) tidak dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Rabb-mu sebagai Penjaga. [Al Isra/17 : 65].

وَمَاكَانَ لَهُ عَلَيْهِم مِّن سُلْطَانٍ إِلاَّ لِنَعْلَمَ مَن يُؤْمِنُ بِاْلأَخِرَةِ مِمَّنْ هُوَ مِنْهَا فِي شَكٍّ

“Dan tidak adalah kekuasaan iblis terhadap mereka, melainkan hanyalah agar Kami dapat membedakan siapa yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat dari siapa yang ragu-ragu tentang itu“. [Saba/34 : 21].

Dan terakhir, melepaskan dan membuang atau membakar seluruh benda benda yang berkaitan dengan jin tersebut, berupa benda pusaka, benda keramat dan benda yang ada kaitan dengan jin tersebut.

Semoga Allah ta’ala selalu menjaga ada melindungi kita semua dari segala macam bahaya yang datang dari bangsa jin, aamiin.

2. Tidak masalah mengikuti kelas peleburan jin nasab dari ustad yang tidak bermanhaj salaf, selama yang diajarkan sesuai dengan petunjuk dan ajaran Nabi shalallau a’laihi wassalam dalam menyikai masalah jin dan dunianya.
Hanya saja kami sarankan bagi penanya, agar sekiranya ikut dan belajar dari asatizah yang sudah jelas metode belajar dan apa yang disampaikan dalam kajiannya. Dikarenakan jika penanya ikut kelas dari ustad yang belum jelas latar belakang belajarnya dan apa yang disampaikan dikhawatirkan apa yang disampaikan lebih banyak menyelisihi sunnah Nabi shalallahu a’lahi wasaalam dan menyelisihi apa yang ada dalam kandungan Al-quran.

والله تعالى أعلم بالصواب.

  Dijawab oleh : Mahatir Fathoni S.Ag
        Diperiksa oleh : …..

═══════ ° ೋ• ═══════

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading