هُوَ التَّقِيُّ النَّقِيُّ لاَ إِثْمَ فِيهِ وَلاَ بَغْىَ وَلاَ غِلَّ وَلاَ حَسَد…

هُوَ التَّقِيُّ النَّقِيُّ لاَ إِثْمَ فِيهِ وَلاَ بَغْىَ وَلاَ غِلَّ وَلاَ حَسَدَ ‏

“(yaitu) orang yang bertakwa lagi murni hatinya, tidak ada kedurhakaan, tidak ada kezhaliman kepadanya, begitu juga tidak ada kedengkian dan hasad dalam hatinya.”

(Hadīts shahīh riwayat Ibnu Mājah nomor 4216)

⑼ Keinginan untuk menunjukkan rasa kasihan dan prihatin kepada seseorang seperti dengan mengatakan, “Sungguh kasihan dengan si Fulan keadaannya yang tenggelam dalam kemaksiatan membuatku bersedih”.

⑽ Mengolok-olok serta menjadikan aib orang lain sebagai bahan candaan di mana ia menyebutkan keburukan seseorang untuk membuat orang lain tertawa, hal tersebut cukup menyenangkan baginya sehingga ia bumbui dengan ejekan serta berbagai kedustaan. Orang seperti ini masuk dalam ancaman yang Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam sebutan:

وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ بِالْحَدِيثِ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ فَيَكْذِبُ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ

“Celakalah seseorang yang mengatakan sesuatu demi membuat orang lain tertawa sehingga dia berdusta. Sungguh ia celaka….Dan sungguh ia celaka.”

(Hadīts hasan riwayat At-Tirmidzi nomor 2315)

⑾ Menisbatkan sebuah perbuatan buruk kepada dirinya sendiri namun kemudian ia menyangkalnya dengan mengatakan, “Tapi bukan aku yang melakukan perbuatan ini, melainkan si Fulan yang melakukannya”. Tujuannya ialah untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa ia tidak memiliki aib tersebut.

⑿ Perasaan curiga bahwa ada seseorang yang ingin menjatuhkan harga dirinya dihadapan sahabat atau teman dekatnya, sehingga ia mengambil langkah cepat dengan menceritakan keburukan orang yang ia curigai demi menjatuhkan citranya di mata orang lain terlebih dahulu.

Sahabat BiAS, kaum muslimin yang dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla, inilah duabelas faktor yang bisa mendorong kita untuk berbuat ghibah.

Semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla menjaga kita dari berbagai penyakit tersebut.

وصلى الله على نبينا محمّد و على آله وصحبه و سلم

Ustadz Afit Iqwanudin, Amd, Lc.
•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
*Mari saudara muslim yang dermawan.. Sisihkan sedikit dari rezeki Anda untuk Para Penuntut ilmu Syar’i dan operasional DAKWAH dalam menyebarkan kebaikan dengan ta’awun dan infak melalui rekening berikut ini:*

| Bank Syariah Indonesia
| Kode Bank [451]
| No. Rekening : 1184242374
| a.n : APENDI
| Konfirmasi : wa.me/+6282280288925

Kami mengucapkan terima kasih dan Jazaakumullahu Khairan atas donasi dan infak yang telah diberikan oleh para Donatur/Muhsinin. “Barakallahu fii Maalikum Wa ahliikum”
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading