Kitāb Āfātul Lisān Fī Dhau’il Kitābi Wa As-Sunnah (آفات اللسان في ضوء الكتاب وا…

Kitāb Āfātul Lisān Fī Dhau’il Kitābi Wa As-Sunnah (آفات اللسان في ضوء الكتاب والسُّـنَّة)
Karya Syaikh Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthāni rahimahullāh
Halaqah 03: Sebab Munculnya Ghibah
Telegram: https://t.me/ilmusyar1

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله و صلاة وسلم على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، و لَاحول ولاقوة الا بالله

Kaum muslimin yang dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

In syā Allāh, kita akan kembali melanjutkan pembahasan dari Risalah Āfātul Lisān Fī Dhau’il Kitābi Wa As-Sunnah ( آفات اللسان في ضوء الكتاب والسُّـنَّة) karya Syaikh Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthāni rahimahullāh.

BAB 6: SEBAB MUNCULNYA GHIBAH

Sebab-sebab munculnya ghibah atau berbagai faktor yang bisa mendorong seseorang terjatuh ke dalam dosa ghibah.

Terhitung ada dua belas sebab yang dibawakan oleh penulis rahimahullāhu ta’āla dalam risalah ini, di antaranya:

⑴ Usaha untuk membela dirinya sendiri serta melampiaskan rasa marah dalam dadanya terhadap orang lain. Sehingga muncullah inisiatif untuk menggunjingnya, berdusta tentangnya hingga mengadu-domba.

⑵ Iri dan dengki terhadap orang lain, sehingga ia berusaha memadamkan perasaan tersebut dengan menggunjingnya. Dan tentunya ini bukan sifat orang mukmin yang sempurna imannya. Semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla menjauhkan kita dari sifat seperti ini.

⑶ Keinginan untuk menjadi mulia serta membuat orang lain menjadi rendah.

Contohnya; dengan mengatakan Fulan adalah orang yang jahil, dia lambat dalam memahami sesuatu, Fulan adalah orang yang penyakitan, Fulan adalah orang yang omongannya sulit dipahami atau kalimat-kalimat semisal.

Tujuannya adalah agar perhatian orang tertuju kepadanya dengan menampakkan bahwa ia tidak memiliki berbagai kekurangan tersebut. Sikap seperti ini merupakan bentuk bangga terhadap diri sendiri, di mana hal ini termasuk perkara yang membinasakan. Sebagaimana pernah dijelaskan oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dalam sebuah hadīts yang shahīh.

⑷ Mendukung pendapat sahabat atau teman-teman terdekatnya demi menyenangkan mereka. Hal ini disebabkan oleh lemahnya iman serta tidak merasa diawasi oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

⑸ Menampakkan sikap terheran-heran terhadap para pelaku maksiat seperti dengan mengatakan, “Tidak ada orang yang lebih membuatku ta’jub dari si Fulan, bagaimana mungkin iya bisa jatuh dalam kesalahan seperti ini, padahal dia adakah orang yang berilmu, orang yang terpandang”, atau kalimat-kalimat semisalnya.

Ucapan seperti ini sejatinya boleh diungkapkan namun dengan catatan tanpa perlu menyebutkan identitas orang yang dimaksud, sehingga orang yang diajak bicara tidak mengetahui siapa orang yang dimaksud tersebut.

⑹ Keinginan untuk merendahkan dan mencela orang lain.

⑺ Menunjukkan sikap الغضب لله yaitu membenci sesuatu karena Allāh Subhānahu wa Ta’āla yang sejatinya merupakan sifat terpuji, hanya saja ia melakukannya dengan cara yang salah yaitu dengan menyebutkan kemungkaran sekaligus identitas dari pelakunya. Sehingga ia terjatuh dalam dosa ghibah.

⑻ Hasad kepada orang lain karena mereka banyak disukai dan dipuji, sehingga dia berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut namun ia tidak memiliki cara untuk melakukannya kecuali dengan menghibahinya. Harapannya agar orang yang ia gunjing menjadi kecil dihadapan mereka yang pernah memujinya.

Sikap seperti ini membuatnya masuk ke dalam golongan manusia terburuk padahal Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam pernah bersabda:

أَىُّ النَّاسِ أَفْضَلُ؟

“Siapakah manusia yang paling baik?”

Kemudian Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda:

كُلُّ مَخْمُومِ الْقَلْبِ صَدُوقِ اللِّسَانِ

“Orang yang terbaik adalah orang yang hatinya bersih dan perkataannya jujur.”

Kemudian para sahabat berkata:

صَدُوقُ اللِّسَانِ نَعْرِفُهُ فَمَا مَخْمُومُ الْقَلْبِ

“Wahai Rasūlullāh, orang yang perkataannya jujur kita sudah memahaminya, lalu apa yang dimaksud dengan مَخْمُومُ الْقَلْبِ?”

Kemudian Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam menjawab:


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading