╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗
           
                    *SBUM*
            *Sobat Bertanya*
         *Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 1⃣4⃣6⃣9⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
  https://grupislamsunnah.com

  *Kumpulan Soal Jawab SBUM*
  *Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

  *KETIKA IMAN LEMAH*

*Pertanyaan*
Nama : Dila
Angkatan: T. 03
Grup : 013
Nama Admin : Zatriana
Nama Musyrifah : Shurma Donna
Domisili : Jakarta

      

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Izin bertanya Ustadz.

Sejak ana lahiran anak kedua, iman ana turun naik. Ana banyak melakukan dosa besar. Seperti, ana kadang tidak sholat, karena bayi tidak mau ditinggal. Tidak bisa puasa, karena menyusui. Lalu beberapa kali ana pernah mencuri uang suami, karena suami (pelit) memberi uang.

Ia memberi nafkah, hanya nafkah saja. Kalau anak sakit, uang kurang beliau tidak mau tahu. Jadi, kalau terdesak ana terpaksa mengambil dari dompetnya.

Ana sudah sholat taubat dan beristighfar. Tetapi kenapa rasanya iman ana susah untuk di upgrade. Rasanya los saja, tidak ada pergerakan. Padahal semua sudah diperbaiki, waktu sholatnya, baca Qur’annya. Tapi selalu diserang dengan rasa malas dan sekuat ana melawan sekuat itu juga rasanya malas.

Ana bingung harus apa. Ana berdo’a seperti tidak ada.

1. Bolehkah meminta nasihat Ustadz ?

Jadi ana seperti dibawa kesesatan yang sangat jauh, tidak bisa up imannya, meski ana sudah melakukan banyak kegiatan-kegiatan kebaikan. Seperti mati hati.

2. Ana harus bagaimana Ustadz ?

Mohon pencerahannya Ustadz.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والصلام على رسول الله اما بعد.

Kehidupan rumah tangga banyak ujian didalamnya. Namun jika kita bersabar dalam menjalankan ujian tersebut, maka pahala besar menanti kita. Seorang suami yang terbaik disisi Allah kelak adalah yang paling berbuat baik kepada istri dan keluarganya. Seoarang istri jika mentaati suami dan menjalankan kewajibanya sebagai ibu rumah tangga, maka dia akan masuk surga.

1⃣ Sholat adalah kewajiban seorang hamba baik laki laki ataupun perempuan. Bahkan wanita sholihah adalah dia yang menunaikan kewajiban perintah Allah, kemudian taat kepada suaminya.

Allah Ta’ala berfirman:

{ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ }

“Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).”
(QS. An Nisaa: 34)

Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa wanita yang sholihah adalah wanita yang taat kepada Allah dan melaksanakan kewajiban kepada suaminya.

2⃣ Dalam masalah ini anda boleh membayar fidyah, jika anda kawatir terhadap bayi anda ketika anda berpuasa akan mengurangi hak asi bayi anda.

3⃣ Anda wajib bersabar dan berusaha menasehatinya dengan baik dan mengingatkannya supaya ingat kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan hari kiamat dan menasehatinya agar tidak pelit dalam harta.

Semoga dengan ini dia mendengar dan kembali ke jalan yang benar serta meninggalkan perangainya yang buruk. Jika dia tidak berubah, maka dia yang berdosa dan anda mendapatkan pahala yang besar dengan sebab kesabaran anda menghadapi keburukannya.

4⃣ Ketika anda masih merasa demikian itu adalah was-was syaithon. Solusinya anda berdoa minta kepada Allah Al Haadi, agar memberi cahaya pada hati anda, agar Allah memberi istianah/pertolonganNya kepada anda untuk segala urusan dunia maupun akhirat.

Doa terbaik anda bisa membaca, doa Nabi Ahallallahu ‘alaihi wasallam yang diajarkan kepada Fatimah radhiyallahu ‘anha ;

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading