Dan orang yang selamat adalah orang yang berada di tengah-tengah keduanya, yaitu…

Dan orang yang selamat adalah orang yang berada di tengah-tengah keduanya, yaitu mereka menjaga lisannya dari ucapan-ucapan yang buruk serta mengucapkan hal-hal yang bermanfaat baginya.

Karena bisa jadi seseorang datang pada hari kiamat membawa segunung kebaikan namun hal tersebut lenyap seluruhnya karena satu atau dua kalimat yang pernah ia ucapkan. Sebaliknya bisa jadi seorang datang dengan membawa dosa sebesar gunung namun dosa tersebut Allāh Subhānahu wa Ta’āla ampuni lantaran lisannya gemar berdzikir kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Seorang laki-laki pernah datang kepada Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam dalam rangka meminta nasihat. Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam lantas bersabda:

إِذَا قُمْتَ فِي صَلاَتِكَ فَصَلِّ صَلاَةَ مُوَدِّعٍ وَلاَ تَكَلَّمْ بِكَلاَمٍ تَعْتَذِرُ مِنْهُ وَأَجْمِعِ الْيَأْسَ عَمَّا فِي أَيْدِي النَّاسِ

_”Bila engkau hendak shalat, shalatlah layaknya shalat seperti orang yang sebentar lagi akan wafat. Jangan mengatakan satu ucapan yang kelak akan engkau sesali dan janganlah mengharapkan orang lain memberimu apa yang mereka miliki.”_

(Hadīts hasan riwayat Ibnu Mājah nomor 4171)

Saat shahabat Utbah bin Amir bertanya kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam tentang kunci keselamatan maka Beliau menjawab:

أَمْسِكْ عَلَيْكَ لِسَانَكَ وَلْيَسَعْكَ بَيْتُكَ وَابْكِ عَلَى خَطِيئَتِكَ

_”Jagalah lisanmu, buatlah rumahmu terasa luas bagimu dan tangisi dosa yang pernah engkau perbuat.”_

(Hadīts riwayat At Tirmidzi nomor 2406)

Kaum muslimin yang dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Kemudian di akhir kitab pengarang rahimahullāh mengungkapkan rasa syukur kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla yang telah memberikan rahmatnya sehingga beliau dapat menyelesaikan kitab ini.

Beliau juga menyampaikan bahwa sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan bahwa hadīts serta atsar yang tertulis di dalamnya merupakan riwayat yang shahīh.

Terakhir, beliau memohon kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla agar usaha beliau ini mendapatkan keridhaan dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla serta menjadikannya ilmu yang bermanfaat.

اللهم علمنا ما ينفعنا وانفعنا بما علمتنا وزدنا علما يارب العالمين
وصلى الله على نبينا محمّد وعلى آله وصحبه وسلم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz Afit Iqwanudin, Amd, Lc.
•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
*Mari saudara muslim yang dermawan.. Sisihkan sedikit dari rezeki Anda untuk Para Penuntut ilmu Syar’i dan operasional DAKWAH dalam menyebarkan kebaikan dengan ta’awun dan infak melalui rekening berikut ini:*

| Bank Syariah Indonesia
| Kode Bank [451]
| No. Rekening : 1184242374
| a.n : APENDI
| Konfirmasi : wa.me/+6282280288925

Kami mengucapkan terima kasih dan Jazaakumullahu Khairan atas donasi dan infak yang telah diberikan oleh para Donatur/Muhsinin. “Barakallahu fii Maalikum Wa ahliikum”
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading