╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗
           
                    *SBUM*
            *Sobat Bertanya*
         *Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 1⃣5⃣0⃣3⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
  https://grupislamsunnah.com

  *Kumpulan Soal Jawab SBUM*
  *Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

*HUKUM BACAAN*
*SETIAP ANGGOTA WUDHU SAAT BERWUDHU*
      
*Pertanyaan*
Nama : Ibu Nenah.
Angkatan :06
Group : T12
Nama Admin : Nisa nurhasanah & Zuniati
Musyrifah : Zatriana
Domisili : Cikembar Sukabumi

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Afwan Ustadz, mohon penjelasan hukum bacaan pada setiap anggota badan ketika berwudhu.

Karena ana mengajarkan kepada anak-anak tahfidz, ana hanya membaca bismillah ketika mau berwudhu.

Namun kemarin ada orang tua murid mengatakan, ketika berwudhu tidak membaca doa di setiap yang dibasuh maka sholatnya tidak sah.

Mohon penjelasannya ustadz. Agar ana bisa menjelaskan kepada beliau.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Perlu ukhty ketahui bahwasanya dalam beribadah kepada Allah kita memiliki kaidah yaitu hukum asal dalam ibadah terlarang sampai datang dalilnya.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam telah mencontohkan dalam beberapa hadits secara langsung bagaimana nabi berwudhu.

Di antaranya hadits dari Ustman bin Affan.

حُمْرَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ أَخْبَرَهُ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ – رضى الله عنه – دَعَا بِوَضُوءٍ فَتَوَضَّأَ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْمِرْفَقِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْكَعْبَيْنِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِى هَذَا ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِى هَذَا ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ لاَ يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ». قَالَ ابْنُ شِهَابٍ وَكَانَ عُلَمَاؤُنَا يَقُولُونَ هَذَا الْوُضُوءُ أَسْبَغُ مَا يَتَوَضَّأُ بِهِ أَحَدٌ لِلصَّلاَةِ.

Humran pembantu Utsman menceritakan bahwa Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu pernah meminta air untuk wudhu kemudian dia ingin berwudhu. Beliau membasuh kedua telapak tangannya 3 kali, kemudian berkumur-kumur diiringi memasukkan air ke hidung, kemudian membasuh mukanya 3 kali, kemudian membasuh tangan kanan sampai ke siku tiga kali, kemudian mencuci tangan yang kiri seperti itu juga, kemudian mengusap kepala, kemudian membasuh kaki kanan sampai mata kaki tiga kali, kemudian kaki yang kiri seperti itu juga. Kemudian Utsman berkata, “Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian beliau bersabda, “Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini kemudian dia shalat dua rakaat dengan khusyuk (tidak memikirkan urusan dunia dan yang tidak punya kaitan dengan shalat, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaqun Alaihi)

Dalam hadits di atas tidak ada satupun bacaan yang dijelaskan dalam membasuh atau mengusap setiap anggota tubuh ketika berwudhu. Hanya yang diajarkan oleh Nabi yaitu membaca basmalah ketika hendak berwudhu.

Hendaknya ketika kita mendapatkan sesuatu hal yang rancu dalam syariat maka kita kembalikan kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga jelas mana yang benar dan mana yang salah.

Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiq kepada kita dalam meniti ajaran agama sesuai dengan apa yang telah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam ajarkan kepada umatnya.

والله تعالى أعلم بالصواب

  Dijawab oleh : Ustadz Aulia Ramdanu Lc

═══════ ° ೋ• ═══════

*Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣*

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading