Maka mayoritas ulama mengatakan orang tersebut wajib berlepas diri dari harta te…

Maka mayoritas ulama mengatakan orang tersebut wajib berlepas diri dari harta tersebut bukan dalam makna sedekah namun dengan niat membersihkan hartanya. Bukan untuk bersedekah namun untuk membuang harta haram ini.

Kemana dia berikan?

Diberikan kepada fakir miskin atau untuk keperluan maslahat umum bukan dalam rangka sedekah atau mengharapkan pahala. Tidak! Tapi untuk membersihkan harta.

Karena harta ini tidak boleh dia manfaatkan. Harta ini haram dia gunakan, karena dia tahu bahwasanya harta tersebut diharamkan oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla. Dia tahu transkasi tersebut tidak dibolehkan namun dia dengan sengaja melakukan transaksi tersebut, maka orang seperti ini wajib berlepas diri membersihkan hartanya, mengeluarkan harta riba tersebut.

Kalau seandainya tadi kita katakan dia pinjamkan orang 50 Juta lalu dia tarik 80 Juta, maka di situ ada 30 Juta riba. Dan 30 Juta ini wajib dia keluarkan dia berikan kepada fakir miskin. Disamping dia bertaubat kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla atas perbuatan yang pernah dilakukan.

Wallāhu Ta’āla A’lam.

Sampai sini pembahasan kita, kajian sepuluh dalam masalah kaidah-kaidah Jual Beli dan Riba. Semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberikan hidayah kepada kita semua, berikan kita ilmu yang bermanfaat dan memberikan kita taufik untuk mengamalkan ilmu yang telah kita pelajari.

وصلى الله على نبينا محمّد و على آله وصحبه وسلم ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

*Mari saudara muslim yang dermawan.. Sisihkan sedikit dari rezeki Anda untuk Para Penuntut ilmu Syar’i dan operasional DAKWAH dalam menyebarkan kebaikan dengan ta’awun dan infak melalui rekening berikut ini:*

| Bank Syariah Indonesia
| Kode Bank [451]
| No. Rekening : 1184242374
| Konfirmasi : wa.me/+6282280288925

Kami mengucapkan terima kasih dan Jazaakumullahu Khairan atas donasi dan infak yang telah diberikan oleh para Donatur/Muhsinin. “Barakallahu fii Maalikum Wa ahliikum”

•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading