Kitab ‘Asyratu Asbab Linsyirahis Shadr Ustadz Muhammad Idris, Lc hafidzhahulla…

Kitab ‘Asyratu Asbab Linsyirahis Shadr
Ustadz Muhammad Idris, Lc hafidzhahullah
*PENGERTIAN DAN KEUTAMAAN BERLAPANG DADA – HALAQAH 1*
*Join Telegram* :https://t.me/ilmusyar1
•┈┈┈•⊰✿✿⊱•┈┈┈•

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله رب الـعـالـمـيـن والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين أما بعد

Ikhawaniy wa Akhawatiy, Saudara Saudariku kaum Muslimin di manapun berada, semoga kita semua dilimpahkan rahmat oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Pertama-tama, marilah kita selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla dan menjalankan semua perintahnya serta meninggalkan semua larangannya.

Tak lupa, puji dan syukur selalu kita panjatkan kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla yang telah memberikan dan melimpahkan banyak kenikmatan kepada kita semua, baik itu nikmat Iman maupun nikmat Islam maupun nikmat Ihsan.

Dan yang tak kalah penting adalah nikmat sehat, sehingga kita bisa bersama-sama mengikuti dan mempelajari serta mengambil faedah dari salah satu kitab (kitab kecil) yang ditulis oleh salah satu ulama besar saat ini, yang tinggal di Madīnah Al-Munawarah yaitu _Syaikh Abdurrazaq ibnu Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahullāhu,_ yang mana kitab ringkas ini beliau tulis bersumber dari salah satu _Bab penting yang ditulis Imam Ibnul Qayyim di kitabnya Zaadul Ma’aad (زاد المعاد) yaitu Sebab-sebab lapangnya hati dan bagaimana memperolehnya secara sempurna._

Dan *Syaikh di sini memberikan judul عشرة أسباب لانشراح الصدر (Sepuluh Sebab Untuk Mendapatkan Kebahagiaan Dan Lapang Dada).*

Telah kita ketahui bersama, bahwa ketentraman hati serta lapang dada adalah dambaan setiap orang bahkan orang non muslim atau orang yang tidak beriman kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla pun menginginkannya. Menginginkan rasa lapang, menginginkan rasa nyaman. Dan itu semua adalah fitrah manusia.

Maka bisa kita dapati seseorang ketika dia sedang mencari rumah, maka dia akan mencari lingkungan rumah yang baik. Dan juga ketika kita mencari pekerjaan, kita mencari pekerjaan yang pasti.

Agar apa? Agar hati kita nyaman, agar dada kita lapang tanpa dibebani oleh rasa-rasa yang akan menyakitkan hati atau mengganggu hati kita. Dan lapang dada merupakan suatu tujuan yang sangat mulia serta merupakan pemberian yang sangat besar yang itu hanya bersumber dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Lalu harus kita ketahui bersama bahwa rasa lapang dada dan ketentraman hati ini murni datangnya dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla. Dan jikalau ada seseorang atau suatu kaum yang Allāh berikan harta, keturunan, pangkat, atau hal lain yang itu dipandang satu hal yang sangat besar di dunia ini, maka hal-hal tersebut hanyalah salah satu wasilah (perantara) untuk mendatangkan rasa lapang di hati kita.

Dan bisa jadi Allāh Subhānahu wa Ta’āla datangkan semua hal ini kepada seseorang namun itu semua hanyalah Istidraj dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla atau Allāh ingin menguji hamba ini, apakah dia termasuk hamba yang bersyukur atau tidak.

Sedangkan rasa lapang yang didatangkan dari Allāh yang berupa karunia, yang didatangkan langsung kepada seorang mukmin, maka jika itu sudah Allāh berikan kepada seorang hamba, baik itu rezeki berupa harta maupun keturunan. InsyaAllāh seorang hamba akan merasa tenang dan bukan sebagai ujian.

Dan bagaimana kita mengetahui apakah nikmat tersebut sebagai ujian atau karunia Allāh Subhānahu wa Ta’āla? Sehingga kita bisa semakin termotivasi untuk beribadah karena adanya rezeki ini, kita semakin fokus beribadah dan merasa lapang dada dengan rezeki ini, kecuali kalau kita mempelajari hakikat dari rasa lapang dada. _Apa hakikat rasa lapang dada itu dan bagaimana cara mendapatkan?_

Dan sudah banyak kisah yang beredar di antara kita dan kita dapati banyak di antara orang-orang kaya yang mereka bunuh diri, mereka sudah mendapatkan banyak harta, bisa mempunyai mobil mewah, rumah yang mewah, namun kita dapati di surat kabar, dia dikabarkan meninggal dunia dengan cara bunuh diri.

Kenapa itu bisa terjadi?


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading