Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk bersungguh-sungguh d…

Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk bersungguh-sungguh di dalam mendisiplinkan diri, dalam menghiasi diri kita dengan perilaku yang terpuji, menjaga adab, menjaga jiwa, dan menjauhkan diri dari apa-apa yang dapat membahayakannya dan menghancurkannya., Dan salah satunya adalah apa? Tidak menjaga lisan kita, tidak menjaga pandangan kita, dan tidak menjaga pendengaran kita.

Lalu Syaikh Abdurrazaq menutup sebab kesembilan ini dengan memberikan nasihat perihal bahaya terus menerus bermain Handphone. Syaikh Abdurrazaq berkata, “Dan salah satu ujian yang menimpa manusia pada zaman ini, yang mana dengannya terbuka lebar pintu-pintu masuk bagi hal-hal yang tidak bermanfaat”.
Yaitu asyiknya diri kita saat melihat HP atau berpindah aplikasi, berseluncur di dunia maya hanya untuk menikmati hal-hal yang tidak bermanfaat atau kadang yang kita lakukan merupakan keburukan dan suatu hal yang tercela. Maka semua itu berimbas buruk dan membahayakan agama dan akhlak kaum muslimin, menyia-nyiakan waktu mereka, membuat mereka terperosok ke dalam berbagai macam dan ragam kesedihan, kegalauan, dan menyebabkan rasa sempit di dalam dada.

Syaikh menutup pembahasan ini dengan mengingatkan kita perihal bahayanya banyak bermain Handphone untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan yang kita lakukan itu adalah hal-hal yang tercela dan hal-hal yang membahayakan diri kita, yang mana bisa jadi yang kita lakukan itu adalah perbuatan dosa.

Dan cukup sekian pembahasan kita mengenai sebab kesembilan yaitu menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat. Dan yang paling penting, yang ditekankan oleh Syaikh Abdurrazaq hafidzahullāh pada pembahasan kali ini adalah mengurangi penggunaan Handphone atau mengurangi kebiasaan kita menggunakan Handphone di waktu kosong dan bisa kita coba untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla menghindarkan diri kita dari terjerumus dan terbiasa melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dan semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberkahi waktu kita sehingga apa yang kita lakukan, apa yang kita kerjakan adalah hal-hal yang bermanfaat untuk diri kita, hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupan kita di akhirat kelak.

وبالله التوفيق و الهداية
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

*Mari saudara muslim yang dermawan.. Sisihkan sedikit dari rezeki Anda untuk Para Penuntut ilmu Syar’i dan operasional DAKWAH dalam menyebarkan kebaikan dengan ta’awun dan infak melalui rekening berikut ini:*

| Bank Syariah Indonesia
| Kode Bank [451]
| No. Rekening : 1184242374

| a.n : APENDI
| Konfirmasi : wa.me/+6282280288925

Kami mengucapkan terima kasih dan Jazaakumullahu Khairan atas donasi dan infak yang telah diberikan oleh para Donatur/Muhsinin. “Barakallahu fii Maalikum Wa ahliikum”
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading