Karena kita ketahui bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang paling lapang dada, se…

Karena kita ketahui bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang paling lapang dada, sehingga jika kita mengikutinya maka kita akan mendapatkan yang seperti itu pula yaitu mendapatkan kelapangan dada.

Imam Ibnul Qayyim rahimahullāh berkata maksudnya adalah Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam merupakan makhluk yang paling sempurna, karena sifat-sifat yang membuahkan rasa lapang dada dan luasnya hati serta sejuknya mata serta apa yang beliau dapatkan secara khusus dari kelapangan secara eksplisit (gamblang, tegas, dan terus terang).

Sejauh mana seseorang mengikuti Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam secara sempurna, sejauh itu pula kelapangan dada, kelezatan, dan sejuknya mata yang ia dapatkan. Karena Nabi Muhammad merupakan makhluk dengan kedudukan yang tinggi serta memiliki keluasan dada dan namanya adalah yang paling sering disebut oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla di atas langit dan bagaimana beratnya timbangan Belìau shallallāhu ‘alayhi wa sallam di akhirat kelak.

Salah satu keutamaan orang yang mengikuti Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah penjagaan dan perlindungan dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla untuk mereka, serta ia akan mendapatkan kemuliaan dan pertolongan dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla sesuai dengan sejauh mana ia mengikuti Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam.

Lalu bagaimana cara kita mengikuti Sunnah-sunnah Beliau di kehidupan sehari-hari, sehingga dengan melakukan hal tersebut kita memperoleh kelapangan dada serta tenangnya pikiran?

Ada beberapa sunnah Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam yang bisa kita praktikkan di kehidupan sehari-hari yang mana sering kali hal-hal ini dilupakan oleh seorang muslim.

⑴ Membiasakan diri untuk selalu membaca dzikir pagi dan petang yaitu membaca ayat kursi, membaca surat Al-Ikhlas, membaca surat Al-Falaq, membaca surat An-Nās dan lain sebagainya.
⑵ Mempraktikkan adab-adab saat berjumpa dengan muslim lainnya. Walaupun orang tersebut tidak kita kenal yaitu dengan mengucapkan salam, tersenyum serta menjabat tangannya.
⑶ Melakukan adab-adab ketika hendak makan yaitu membaca doa sebelum makan, lalu makan dengan tangan kanan, serta menjilat sisa-sisa makanan yang ada di jari jemarinya setelah kita selesai makan, sehingga kita bisa mendapatkan keberkahan makanan tersebut. Karena kita tidak tahu di mana letak keberkahan makanan itu, bisa jadi itu ada di sisa makanan (yang menempel di jari jemari kita).
⑷ Mengerjakan shalat sunnah Nawafil yaitu shalat sunnah yang berjumlah 12 raka’at di rumah (bukan di masjid) berdasarkan hadits Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam,

فَإِنَّ خَيْرَ صَلاَةِ الْمَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلاَّ الصَّلاَةَ الْمَكْتُوبَةَ ‏

_”Sebaik-baik shalat seorang hamba adalah di rumahnya kecuali shalat wajib lima waktu.”_

(Hadits shahīh riwayat Muslim).

Di antara sunnah-sunnah lainnya adalah:

⑸ Sunnah saat bersin yaitu mengucapkan Alhamdulillāh (اَلْحَمْدُ ِللهِ) setelah bersin dan orang yang mendengarnya mengucapkan Yarhamukallāh (يَرْحَمُكَ اللهُ) kemudian orang yang bersin membalasnya dengan mengucapkan Yahdīkumullāh wa Yushlih Bālakum ( يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ).

Ada beberapa keutamaan yang akan kita peroleh saat kita mengikuti sunnah Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam, di antaranya:

⑴ Meraih kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan di akhirat.
⑵ Mendapatkan pengawasan dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla serta terkabulnya doa-doa kita.
⑶ Ketika kita menjalankan sunnah-sunnah Nabi Muhammad shallallāhu ‘alayhi wa sallam, maka itu akan menutupi kekurangan dan ketidak sempurnakan kita saat melaksanakan atau mengerjakan ibadah wajib dan menjauhi jalan-jalan yang akan mengantarkan Kita kepada kesesatan.
⑷ Sebab hidupnya hati dan lapangnya dada.
⑸ Meraih cinta dan ridha dari Allāh Subhānahu wa Ta’āla

Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin menutup pembahasan sepuluh sebab meraih lapang dada ini dengan doa,

“Ya Allāh lapangkan dada kami, mudahkan urusan kami, dan hiasi kami dengan perhiasan iman dan jadikan kami hamba-hamba-Mu yang mendapatkan petunjuk.


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading