HUKUMAN ALLAH BAGI ORANG YANG TIDAK MEMANFAATKAN KESEMPATAN BERAMAL SALEH Al-Im…

HUKUMAN ALLAH BAGI ORANG YANG TIDAK MEMANFAATKAN KESEMPATAN BERAMAL SALEH

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

.أَنَّ الرَّجُلَ إِذَا حَضَرَتْ لَهُ فُرْصَةُ الْقُرْبَةِ وَالطَّاعَةِ؛ فَالْحَزْمُ كُلُّ الْحَزْمِ فِي انْتِهَازِهَا وَالْمُبَادَرَةِ إِلَيْهَا ، وَالْعَجْزُ فِي تَأْخِيرِهَا وَالتَّسْوِيفِ بِهَا
– وَلَا سِيَّمَا إِذَا لَمْ يَثِقْ بِقُدْرَتِهِ وَتَمَكُّنِهِ مِنْ أَسْبَابِ تَحْصِيلِهَا
– فَإِنَّ الْعَزَائِمَ وَالْهِمَمَ سَرِيعَةُ الِانْتِقَاضِ قَلَّمَا ثَبَتَتْ

Seorang yang kuat tekadnya adalah apabila datang kesempatan untuk mendekatkan diri dan taat kepada Allah, ia ambil kesempatan itu dan segera melakukannya. Adapun seorang yang lemah, ia akan mengakhirkan dan menundanya.
Terlebih apabila dia tidak merasa yakin terhadap kekuatan dan kemampuannya untuk mengerjakannya. Sebab, tekad dan cita-cita akan cepat hilang jika tidak kokoh menancap dalam jiwa.

وَاللَّهُ سُبْحَانَهُ يُعَاقِبُ مَنْ فَتَحَ لَهُ بَابًا مِنَ الْخَيْرِ فَلَمْ يَنْتَهِزْهُ ، بِأَنْ يَحُولَ بَيْنَ قَلْبِهِ وَإِرَادَتِهِ ، فَلَا يُمْكِنُهُ بَعْدُ مِنْ إِرَادَتِهِ عُقُوبَةً لَه

(Karena) Allah ta’ala akan memberi hukuman bagi orang yang tidak memanfaatkan kesempatan saat Dia membuka pintu kebaikan, dengan memberi penghalang antara kalbu dan keinginannya. Setelah itu, Dia tidak menganugerahkan keinginan untuk beramal sebagai hukuman baginya.

فَمَنْ لَمْ يَسْتَجِبْ لِلَّهِ وَرَسُولِهِ إِذَا دَعَاهُ حَالَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ قَلْبِهِ وَإِرَادَتِهِ ، فَلَا يُمْكِنُهُ الِاسْتِجَابَةُ بَعْدَ ذَلِكَ

Barang siapa tidak memenuhi panggilan Allah dan Rasul-Nya, Allah akan memberi penghalang antara kalbu dan keinginannya, sehingga Dia tidak memberi kemampuan pada dirinya untuk memenuhi panggilan-Nya setelah itu.

Allah berfirman (yang artinya),

 يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ.

“Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan Rasul-Nya saat menyeru kalian kepada hal-hal yang menghidupkan hati kalian. Ketahuilah, sesungguhnya Allah akan memberi penghalang antara seseorang dan hatinya” (Al-Anfal : 24)

Zadul Ma’ad, 3/501

WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://telegram.me/ForumSalafy


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading