*SABTU* 15 Rajab 1445 Hijriah 27 Januari 2024 Masehi *السَّلاَمُ عَلَيْك…

*SABTU*
15 Rajab 1445 Hijriah
27 Januari 2024 Masehi

*السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*

Alhamdulillāh..
Segala puji bagi Allāh ﷻ, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Rasūlullāh ﷺ.
Kita buka grup ini dengan membaca *بِسمِ الله* dan berdoa:

*اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً*

_*”Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal dan amal yang diterima.”*_ ( HR. Ibnu Majah)

‌‌‌‌‌‌ ‌‌‌‌

* TELITI SEBELUM MELAKUKAN SESUATU*

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

﴿وَلَا تَقۡفُ مَا لَیۡسَ لَكَ بِهِۦ عِلۡمٌۚ إِنَّ ٱلسَّمۡعَ وَٱلۡبَصَرَ وَٱلۡفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔولࣰا﴾ [الإسراء ٣٦]

“Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui ilmu tentangnya. Karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.” ( QS. Al-Isra’ (17) : 36)

Di dalam Tafsir al-Muyassar disebutkan,
-Tafsir al-Muyassar ialah tafsir yang disusun oleh tim ahli tafsir yang telah diseleksi para ulama di bawah pengawasan dan arahan Syaikh Dr. Shalih Alu asy-Syaikh hafizhahullahu ta‘ala-

ولا تتبع -أيها الإنسان- ما لا تعلم، بل تأكَّد وتثبَّت. إن الإنسان مسؤول عما استعمَل فيه سمعه وبصره وفؤاده، فإذا استعمَلها في الخير نال الثواب، وإذا استعملها في الشر نال العقاب.

Dan janganlah engkau mengikuti apa yang tidak engkau ketahui ilmu tentangnya. Akan tetapi cari dan pastikanlah kebenarannya terlebih dahulu.

Karena sesungguhnya semua manusia akan dimintai pertanggung jawaban mengenai bagaimana ia menggunakan pendengarannya, penglihatannya, dan hatinya.

Apabila dia mempergunakannya dalam perkara-perkara baik; niscaya ia akan memperoleh pahala, dan jika ia mempergunakannya dalam hal-hal buruk; maka dia akan mendapat hukumannya.”
•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
Demikianlah faedah yang ringkas ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga apa2 yg kita lakukan bisa bernilai ibadah di sisi Allah ﷻ

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم

  *Admin*
*Join Telegram* :https://t.me/ilmusyar1
•┈◎❅❀❦ *BIS* ❦❀❅◎┈•


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading