* ﷽ MENANAMKAN MENTAL “CINTA AKHIRAT”* Suami adalah nahkoda atas perahu rumah ta…

* ﷽ MENANAMKAN MENTAL “CINTA AKHIRAT”*

Suami adalah nahkoda atas perahu rumah tangganya. Bila ia telah tahu bahwa dunia hanyalah sebagai wasilah mendapatkan negeri akhirat, maka janganlah ia berpangku tangan tanpa upaya mendidik keluarganya. Agar kapal rumah tangganya tidak karam akibat badai dan ombak yang menggulung dahsyat, hendaknya dia pandai-pandai menyetir kapal dan mengendalikannya. Seorang suami harus pandai-pandai menanamkan sikap “cinta akhirat” kepada keluarganya.

✓ Seorang istri yang memahami hakikat kehidupan di dunia, akan lebih pandai bersyukur dengan pemberian suami, dan akan dapat bersabar dengan segala kekurangan dalam kehidupan rumah tangganya. Sehingga rumahtangga tersebut senantiasa dapat berlayar dengan baik, walau diuji dengan badai dan ombak yang besar.

Bukankah wanita seperti inilah wanita yang terpuji dan wanita yang baik. Ia adalah seorang pendamping yang akan senantiasa menyokong sang suami untuk memperoleh ridha Allah.
Bukan sebagai orang dalam yang senantiasa membisiki pikiran buruk untuk suaminya.

Perhatikanlah bimbingan Nabiyullah Ibrahim kepada putranya Nabi Ismail saat beliau mengunjungi Nabi Ismail, dan mendapatkan istri anaknya, sebagai wanita yang banyak mengeluh dan mencela hasil jerih payah suaminya. Beliau pun berpesan untuk anaknya,

غَيِّرَ عَتَبَةَبابِكَ قَالَ ذَاكِ أَبِي وَقَدْ أَ مَرَ نِي أَنْ أُفَارِ قَكِ الْحَقِي بِأَهْلِكِ فَطَلّقَهَا

​”Gantilah palang pintumu”​, maka ia (Ismail) berkata (kepada istri tersebut); “Itu adalah ayahku, ia memerintahkan untuk menceraikanmu. Pulanglah engkau kepada keluargamu.”
[H.R Al Bukhari]

Oleh karenanya, istri yang baik akan senantiasa bersyukur dan bersabar. Dan di antara hal yang bisa menumbukan jiwa syukur dan sabar adalah senantiasa ditegakkannya nasihat-menasihati antara suami dan istri.
Wallahu a’lam.

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Telegram BIS: https://t.me/ilmusyar1
* Grup Whatsapp* :https://bit.ly/grupbis

Silakan disebar Artikel ini dengan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya
┅┅══❃ ✿❃══┅┅ ✿❃══┅┅


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading