╔══❖•ೋ°° ೋ•❖══╗
           
                    *SBUM*
            *Sobat Bertanya*
         *Ustadz Menjawab*

╚══❖•ೋ°° ೋ•❖══╝

*NO : 1⃣6⃣8⃣0⃣*

*Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS*
  https://grupislamsunnah.com

  *Kumpulan Soal Jawab SBUM*
  *Silakan Klik :* https://t.me/GiS_soaljawab

═══════ ° ೋ• ═══════

  *PENGERTIAN AS-SUNNAH*

*Pertanyaan*
Nama :Yohanifah
Angkatan: 06
Grup : 14
Nama Admin : Velya
Nama Musyrifah : Zatriana
Domisili : Limpung, Batang Jawa Tengah

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Semoga ustadz dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah ﷻ.

Izin bertanya Ustadz,

1. Bagaimana hukumnya saham trading online Ustadz ?
Mohon penjelasannya.

2. Di keluarga kami yang mengikuti sunnah pertama kedua kakak saya. Alhamdulillah sudah dari 2010 kurang lebih, ana baru mulai belajar sunnah 1 tahun ini Ustadz.

Dulu ketika awal kakak saya ikut sunnah, semua keluarga besar maupun masyarakat sekitar, semua mengatakan kakak saya sebagai orang (wahabi) afwan. Sekarang Alhamdulillah sudah baik-baik saja.

Masalah yang saya sekarang hadapi justru dengan suami Ustadz. Beliau termasuk orang yang disepuhkan di masyarakat.

Beliau ini kelihatan tidak suka jika ana ikut kajian-kajian, zoom, live Youtube dari Ustadz sunnah. Beliau selalu mengatakan kitab yang dikaji itu dari ulama wahabi, begitu Ustadz.

Dan beliau mengatakan Ustadz Sunnah tidak mau membaca kitab seperti fatkhul’muin dan lain-lain. Yang biasa digunakan untuk rujukan orang NU.

Jujur ana belum tahu yang sebenarnya perbedaan antara Sunnah dan NU, amalan apa yang berbeda atau bagaimana Ustadz.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

*Jawaban*

بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداه.

As-Sunnah adalah petunjuk yang telah dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Sahabatnya, baik tentang ilmu, i’tiqad (keyakinan), perkataan maupun perbuatan. Dan ini adalah As-Sunnah yang wajib diikuti, orang yang mengikutinya akan dipuji dan orang yang menyalahinya akan dicela.Buhuuts fii ‘Aqidah Ahlis Sunnah (hal. 16).

Pengertian As-Sunnah menurut Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullah (wafat 795 H): “As-Sunnah ialah jalan yang ditempuh, mencakup di dalamnya berpegang teguh kepada apa yang dilaksanakan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para khalifahnya yang terpimpin dan lurus berupa i’tiqad (keyakinan), perkataan dan perbuatan. Itulah As-Sunnah yang sempurna. Oleh karena itu generasi Salaf terdahulu tidak menamakan As-Sunnah kecuali kepada apa saja yang mencakup ketiga aspek tersebut. (Jaami’ul ‘Uluum wal Hikam (hal. 495) oleh Ibnu Rajab, tahqiq)

Disebut al-Jama’ah, karena mereka bersatu di atas kebenaran, tidak mau berpecah-belah dalam urusan agama, berkumpul di bawah kepemimpinan para Imam (yang berpegang kepada) al-haqq (kebenaran), tidak mau keluar dari jama’ah mereka dan mengikuti apa yang telah menjadi kesepakatan Salaful Ummah.
Imam Abu Syammah asy-Syafi’i rahimahullah (wafat th. 665 H) berkata: “Perintah untuk berpegang kepada jama’ah, maksudnya adalah berpegang kepada kebenaran dan mengikutinya. Meskipun yang melaksanakan Sunnah itu sedikit dan yang menyalahinya banyak. Karena kebenaran itu apa yang dilaksanakan oleh jama’ah yang pertama, yaitu yang dilaksanakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Sahabatnya tanpa melihat kepada orang-orang yang menyimpang (melakukan kebathilan) sesudah mereka.”Mujmal Ushuul Ahlis Sunnah wal Jamaa’ah fil ‘Aqiidah.
Berdasarkan pernyataan tersebut maka Ahlussunnah adalah mereka senantiasa mengikuti Al Qur’an dan Hadits sesuai pemahaman para sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bukan partai, golongan, ormas atau aliran sesat.

والله تعالى أعلم بالصواب

  Dijawab oleh : Ustadz Abdus Syakur Musawiru,S.Ud.,M.Pd

═══════ ° ೋ• ═══════

*Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣*

View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading