* MAAFKAN, SAAT ENGKAU MAMPU UNTUK MEMBALAS SAUDARAMU *Rasulullah صلى الله عليه …

* MAAFKAN, SAAT ENGKAU MAMPU UNTUK MEMBALAS SAUDARAMU *

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :
“Musa bertanya kpd Rabbnya tentang 6 perkara, di antaranya beliau bertanya : “Siapakah hamba-Mu yg paling mulia ?” Maka Allah Ta’ala pun menjawab : “Orang yang mampu untuk membalas, tetapi dia lebih memilih untuk memaafkan” (HR. Ibnu Hibban, ad-Dailamy & Ibnu Asaakir dalam Taariikh Dimasyq, hadits dari Abu Hurairah, ash-Shahiihah no. 3350)

Imam Ibnul Qayyim رحمه الله berkata :

من أحب أن يُقَابل الله إساءته بالإحسان، فليقابل هُوَ إساءة النَّاس إليه بالإحسان

“Barangsiapa ingin kejelekannya dibalas oleh Allah dgn kebaikan, maka hendaklah ia membalas kejelekan manusia dengan kebaikan” (Miftah Daris Sa’aadah I/292)

Imam adz-Dzahabi رحمه الله berkata :

مسعود بن محمد الهمذاني رحمه الله ‏كان من خيار الناس وكان كثيرًا ما يصفح عن الناس بقوله : الماضي لا يُذكر ‏قيل إنّه رُؤيَ في المنام فقيل له : ما فعل الله بك قال : أوقفني بين يديه وقال لي : يا مسعود الماضي لا يُذْكَر، انطلقوا به إلى الجنّة

“Mas’uud bin Muhammad al-Hamadzaani رحمه الله termasuk orang pilihan. Beliau seringkali memaafkan manusia dengan perkataannya : “Yang telah berlalu tidak perlu utk diingat lagi”. Dikatakan bahwa ada yang bermimpi melihatnya. Maka ia ditanya : “Apa yang telah Allah lakukan terhadapmu ?” Maka ia menjawab : “Dia memberdirikanku di hadapan-Nya dan berfirman kepadaku : “Wahai Mas’ud, yang telah berlalu tidak perlu diingat lagi. Pergilah kalian (Malaikat) dengan (membawa)nya ke Surga” (Taariikhul Islam 42/327)

  Ustadz Najmi Umar Bakkar

Telegram BIS: https://t.me/ilmusyar1
* Grup Whatsapp* :https://bit.ly/grupbis

Silakan disebar Artikel ini dengan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya
┅┅══❃ ✿❃══┅┅ ✿❃══┅┅


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading