* ANCAMAN KERAS BAGI YANG SENGAJA BERBUKA PUASA RAMADHAN TANPA ALASAN SYAR’I SEB…

* ANCAMAN KERAS BAGI YANG SENGAJA BERBUKA PUASA RAMADHAN TANPA ALASAN SYAR’I SEBELUM TIBA WAKTUNYA*

Rasulullah ﷺ bersabda:

” بَيْنَا أَنَا نَائِمٌ إِذْ أَتَانِي رَجُلَانِ فَأَخَذَا بِضَبْعَيَّ فَأَتَيَا بِي جَبَلًا وَعْرًا فَقَالَا لِيَ: «اصْعَدْ» فَقُلْتُ: «إِنِّي لَا أُطِيقُهُ»، فَقَالَا: «إِنَّا سَنُسَهِّلُهُ لَكَ»، فَصَعِدْتُ حَتَّى إِذَا كُنْتُ فِي سَوَاءِ الْجَبَلِ إِذَا أَنَا بأَصْوَاتٍ شَدِيدَةٍ فَقُلْتُ: «مَا هَذِهِ الأَصْوَاتُ؟» قَالُوا: ”هَذَا عُوَاءُ أَهْلِ النَّارِ“ ، ثُمَّ انْطُلِقَ بِي فَإِذَا أَنَا بِقَوْمٍ مُعَلَّقِينَ بِعَرَاقِيبِهِمْ، مُشَقَّقَةٌ أَشْدَاقُهُمْ، تَسِيلُ أَشْدَاقُهُمْ دَمًا، قَالَ: قُلْتُ: ”مَنْ هَؤُلَاءِ؟“ قَالَ: هَؤُلَاءِ الَّذِينَ يُفْطِرُونَ قَبْلَ تَحِلَّةِ صَوْمِهِمْ.“

Artinya:
“Tatkala saya sedang tidur, ada dua orang yang mendatangiku, maka keduanya memegang dua pundakku, lalu membawaku ke sebuah gunung yang tidak rata, sulit untuk dilalui. Keduanya berkata: Naiklah engkau! Aku katakan: Saya tidak mampu. Keduanya berkata: Kami akan memudahkanmu.

Maka akupun menaikinya, sampai saya tiba di tengah gunung tiba-tiba terdengar suara yang sangat keras. Aku berkata: Suara apa ini? Mereka berkata: Teriakannya penghuni neraka.

Kemudian saya dibawa lagi, ternyata saya melihat suatu kaum yang sedang tergantung dengan urat kaki sedangkan mulut mereka robek dan bercucuran darah dari mulut mereka.

Maka aku berkata: Siapakah mereka ini? Ia berkata: Mereka adalah orang-orang yang berbuka (puasa) sebelum tiba waktunya.”

HR. Ibnu Khuzaimah (1986) dari sahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu anhu, dan hadits ini dishahihkan oleh syaikh Al-Albani dalam Silsilah Asshahihah (no. 3591) dan syaikh Muqbil dalam Shahih Al-Musnad (no. 483) semoga Allah merahmati keduanya.

Syaikh Al-Albani rahimahullahu ta’ala mengomentari hadits ini dalam kitab Silsilah Asshahihah no. 3591, seraya mengatakan:

《 فهـذه عقـوبة مـن صـام ثـم أفطـر عمـداً قـبل حـلول وقـت الإفـطار، فـكيف يكـون حـال مـن لا يصـوم أصـلاً ؟! نسـأل الله السـلامة والعافـية فـي الـدنيا والآخـرة 》.

“Maka ini adalah siksa bagi orang yang berpuasa kemudian ia sengaja berbuka sebelum tiba waktu berbuka, maka bagaimana pula keadaan orang yang tidak berpuasa sama sekali -di bulan Ramadhan,pent- ?!

Kita memohon kepada Allah ‘azza wa jalla agar diberi keselamatan dan kesehatan dunia dan akhirat.”

Telegram BIS: https://t.me/ilmusyar1
* Grup Whatsapp* :https://bit.ly/grupbis

Silakan disebar Artikel ini dengan tidak menambah atau mengurangi isi tulisan dan yang berkaitan dengannya
┅┅══❃ ✿❃══┅┅ ✿❃══┅┅

Belajar Ilmu Syar’iMemurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah


View Source


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading