Hukum-hukum Puasa bagi Musafir – Artikel Sofyan Chalid bin Idham Ruray

Hukum-hukum Puasa bagi Musafir – Artikel Sofyan Chalid bin Idham Ruray

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู…ู

Pertama: Keringanan bagi Musafir

Musafir, orang yang melakukan perjalanan jauh dibolehkan berbuka dan tidak diwajibkan berpuasa, berdasarkan dalil Al-Qurโ€™an, As-Sunnah dan ijmaโ€™.

Allah taโ€™ala berfirman,

ููŽู…ูŽู† ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ูƒูู… ู…ู‘ูŽุฑููŠุถู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽููŽุฑู ููŽุนูุฏู‘ูŽุฉูŒ ู…ู‘ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุฃูุฎูŽุฑูŽ

โ€œMaka siapa diantara kalian yang sakit atau dalam perjalanan jauh (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain (di luar Ramadhan).โ€ [Al-Baqoroh: 184]

Dan firman Allah taโ€™ala,

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุฑููŠุถู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽููŽุฑู ููŽุนูุฏู‘ูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุฃูุฎูŽุฑูŽ ูŠูุฑููŠุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจููƒูู…ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู ุจููƒูู…ู ุงู„ู’ุนูุณู’ุฑูŽ

โ€œDan siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain (di luar Ramadhan). Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.โ€ [Al-Baqoroh: 185]

Rasulullah shallallahuโ€™alaihi wa sallam bersabda,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆูŽุถูŽุนูŽ ุดูŽุทู’ุฑูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูุŒ ุฃูŽูˆู’ ู†ูุตู’ููŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู…ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูุณูŽุงููุฑูุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูุฑู’ุถูุนูุŒ ุฃูŽูˆู ุงู„ู’ุญูุจู’ู„ูŽู‰

โ€œSesungguhnya Allah taโ€™ala meringankan sebagian sholat atau separuh sholat dan puasa dari musafir dan dari wanita menyusui atau wanita hamil.โ€ [HR. Abu Daud dari Anas bin Malik Al-Kaโ€™bi radhiyallahuโ€™anhu, Shahih Abi Daud: 2083]

Al-โ€˜Allaamah Ibnul โ€˜Utsaimin rahimahullah berkata,

ูˆู‚ุฏ ุฃุฌู…ุน ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุฃู†ู‡ ูŠุฌูˆุฒ ู„ู„ู…ุณุงูุฑ ุงู„ูุทุฑ

โ€œUlama sepakat bahwa dibolehkan bagi musafir untuk berbuka.โ€ [Asy-Syarhul Mumtiโ€™, 6/326]

Kedua: Bolehkah Musafir Berpuasa?

Kondisinya ada tiga:

1) Apabila musafir berpuasa akan membahayakannya atau sangat memberatkannya maka hukumnya haram ia berpuasa, sebagaimana firman Allah taโ€™ala,

ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู‚ู’ุชูู„ููˆุงู’ ุฃูŽู†ููุณูŽูƒูู…ู’ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ ูƒูŽุงู†ูŽ ุจููƒูู…ู’ ุฑูŽุญููŠู…ู‹ุง

โ€œDan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.โ€ [An-Nisaโ€™: 29]

Dan firman Allah taโ€™ala,

ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูู„ู’ู‚ููˆุงู’ ุจูุฃูŽูŠู’ุฏููŠูƒูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุชู‘ูŽู‡ู’ู„ููƒูŽุฉู

โ€œDan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.โ€ [Al-Baqoroh: 195]

Sahabat yang Mulia Jabir bin Abdillah radhiyallahuโ€™anhuma meriwayatkan,

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุนูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ููŽุชู’ุญู ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ููŽุตูŽุงู…ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุจูŽู„ูŽุบูŽ ูƒูุฑูŽุงุนูŽ ุงู„ู’ุบูŽู…ููŠู…ูุŒ ููŽุตูŽุงู…ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฏูŽุนูŽุง ุจูู‚ูŽุฏูŽุญู ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุกู ููŽุฑูŽููŽุนูŽู‡ูุŒ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู†ูŽุธูŽุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุดูŽุฑูุจูŽุŒ ููŽู‚ููŠู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ: ุฅูู†ู‘ูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู‚ูŽุฏู’ ุตูŽุงู…ูŽุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ุงู„ู’ุนูุตูŽุงุฉูุŒ ุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ุงู„ู’ุนูุตูŽุงุฉู

โ€œBahwa Rasulullah shallallahuโ€™alaihi wa sallam keluar menuju Makkah di tahun Fathu Makkah di bulan Ramadhan, beliau ketika itu sedang berpuasa sampai tiba di bukit lembah Al-Ghamim, dan manusia ketika itu juga berpuasa, maka beliau meminta segelas air, lalu mengangkatnya agar manusia dapat melihatnya, kemudian beliau minum, maka dikatakan kepada beliau setelah itu: Sesungguhnya sebagian manusia masih ada yang berpuasa. Beliau bersabda: Mereka adalah orang-orang yang bermaksiat, mereka adalah orang-orang yang bermaksiat.โ€ [HR. Muslim]

2) Apabila musafir berpuasa akan memberatkannya, namun ia masih mampu untuk berpuasa maka hukumnya makruh, berdasarkan hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahuโ€™anhuma, beliau meriwayatkan,

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุณูŽููŽุฑูุŒ ููŽุฑูŽุฃูŽู‰ ุฒูุญูŽุงู…ู‹ุง ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ู‚ูŽุฏู’ ุธูู„ู‘ูู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุงุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ููˆุง: ุตูŽุงุฆูู…ูŒุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุจูุฑู‘ู ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู…ู ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑู

โ€œRasulullah shallallahuโ€™alaihi wa sallam pernah melihat kerumunan orang dan seseorang yang dinaungi (karena kepayahan). Beliau pun bersabda: Ada apa dengannya? Mereka berkata: Dia sedang puasa. Maka beliau bersabda: Tidak termasuk kebaikan, melakukan puasa ketika safar.โ€ [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Dalam riwayat An-Nasaai,

ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุจูุฑู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุตููˆู…ููˆุง ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุจูุฑูุฎู’ุตูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุฑูŽุฎู‘ูŽุตูŽ ู„ูŽูƒูู…ู’ ููŽุงู‚ู’ุจูŽู„ููˆู‡ูŽุง

โ€œSesungguhnya tidak termasuk kebaikan, kalian berpuasa ketika safar, hendaklah terhadap keringanan dari Allah yang Dia berikan kepada kalian, terimalah.โ€ [HR. An-Nasaai dalam As-Sunan Al-Kubro dari Jabir radhiyallahuโ€™anhu, Shahihut Targhib: 1054]

Dan sabda Rasulullah shallallahuโ€™alaihi wa sallam,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูŠูุญูุจู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุชูุคู’ุชูŽู‰ ุฑูุฎูŽุตูู‡ูุŒ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ุชูุคู’ุชูŽู‰ ู…ูŽุนู’ุตููŠูŽุชูู‡ู

โ€œSesungguhnya Allah mencintai keringanan-keringanan dari-Nya diambil, sebagaimana Allah membenci kemaksiatan kepada-Nya dilakukan.โ€ [HR. Ahmad dan Ibnu Hibban dari Ibnu Umar radhiyallahuโ€™anhuma, Shahihul Jaamiโ€™: 1886]

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

ุฅุฐุง ุงุดุชุฏ ุงู„ุญุฑุŒ ูˆุนุธู…ุช ุงู„ู…ุดู‚ุฉุŒ ุชุฃูƒุฏ ุงู„ูุทุฑุŒ ูˆูƒุฑู‡ ุงู„ุตูˆู… ู„ู„ู…ุณุงูุฑ

โ€œApabila sangat panas dan berat bebannya maka dimakruhkan bagi musafir untuk berpuasa.โ€ [Majmuโ€™ Fatawa Ibni Baz, 15/237]

3) Apabila musafir berpuasa tidak membahayakannya dan tidak pula memberatkannya, atau kondisinya sama saja, baik berbuka atau berpuasa tidak ada bedanya, maka boleh baginya untuk berpuasa dan boleh berbuka, berdasarkan hadits Aisyah radhiyallahuโ€™anha, beliau berkata,

ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุญูŽู…ู’ุฒูŽุฉู ุจู’ู†ู ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ู„ูŽู…ููŠู‘ู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑูุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู’ ุดูุฆู’ุชูŽ ููŽุตูู…ู’ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุดูุฆู’ุชูŽ ููŽุฃูŽูู’ุทูุฑ

โ€œHamzah bin Amr Al-Aslami radhiyallahuโ€™anhu pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahuโ€™alaihi wa sallam tentang puasa ketika safar? Beliau bersabda: Kalau kamu mau berpuasa silakan dan kalau kamu mau berbuka juga silakan.โ€ [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Juga hadits Anas bin Malik radhiyallahuโ€™anhu, beliau berkata,

ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูุณูŽุงููุฑู ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุนูุจู ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู…ููู’ุทูุฑูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู…ููู’ุทูุฑู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู

โ€œKami pernah melakukan safar bersama Nabi shallallahuโ€™alaihi wa sallam, maka orang yang berpuasa tidak mencela orang yang tidak puasa, dan orang yang tidak puasa tidak mencela orang yang berpuasa.โ€ [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

ูˆู…ู† ุตุงู… ูู„ุง ุญุฑุฌ ุนู„ูŠู‡ ุฅุฐุง ู„ู… ูŠุดู‚ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตูˆู…ุŒ ูุฅู† ุดู‚ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตูˆู… ูƒุฑู‡ ู„ู‡ ุฐู„ูƒ

โ€œBarangsiapa berpuasa maka tidak ada dosa atasnya apabila puasa tidak menyulitkannya, namun apabila memberatkannya maka dimakruhkan baginya berpuasa.โ€ [Majmuโ€™ Fatawa Ibni Baz, 15/237]

Ketiga: Dalam Kondisi Musafir Boleh Berbuka dan Boleh Berpuasa Mana yang Afdhal baginya?

Pendapat yang lebih kuat insya Allah adalah berpuasa yang afdhal baginya, karena empat alasan:[1]

1) Rasulullah shallallahuโ€™alaihi wa sallam pernah berpuasa ketika safar. Sahabat yang Mulia Abu Ad-Dardaโ€™ radhiyallahuโ€™anhu berkata,

ุฎูŽุฑูŽุฌู’ู†ูŽุง ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุจูŽุนู’ุถู ุฃูŽุณู’ููŽุงุฑูู‡ู ูููŠ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุญูŽุงุฑู‘ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุถูŽุนูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ูŠูŽุฏูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุฃู’ุณูู‡ู ู…ูู†ู’ ุดูุฏู‘ูŽุฉู ุงู„ุญูŽุฑู‘ูุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ูููŠู†ูŽุง ุตูŽุงุฆูู…ูŒ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุฑูŽูˆูŽุงุญูŽุฉูŽ

โ€œKami keluar bersama Nabi shallallahuโ€™alaihi wa sallam dalam sebagian safar beliau di hari yang sangat panas, sampai seorang laki-laki meletakkan tangannya di atas kepala karena sangat panasnya, dan tidak ada seorang pun diantara kami yang berpuasa selain Nabi shallallahuโ€™alaihi wa sallam dan Abdullah bin Rowahah.โ€ [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

2) Berpuasa lebih cepat menunaikan kewajiban, tidak tertunda.

3) Berpuasa lebih mudah ketika dilakukan bersama-sama kebanyakan kaum muslimin daripada melakukannya sendiri.

4) Berpuasa di bulan Ramadhan lebih afdhal.

Keempat: Jarak Safar yang Membolehkan Berbuka

Jarak safar yang membolehkan seseorang berbuka puasa adalah jarak safar yang membolehkannya meng-qoshor sholat, yaitu meringkas sholat yang tadinya empat rakaโ€™at menjadi dua rakaโ€™at. Berapa jarak minimalnya?

Pendapat Pertama: Mayoritas ulama berpendapat jarak minimalnya adalah kurang lebih 80 KM. Pendapat ini yang dikuatkan Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah dan Al-Lajnah Ad-Daimah.[2]

Pendapat Kedua: Sebagian ulama berpendapat bahwa jarak safar dikembalikan kepada kebiasaan (โ€˜urf) manusia.[3] Pendapat ini yang dikuatkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah[4] dan Asy-Syaikh Ibnul โ€˜Utsaimin rahimahumallah.[5]

Pendapat yang kuat insya Allah adalah pendapat kedua, karena tidak ada dalil yang shahih lagi sharih (tegas) yang menentukan jarak safar, maka dikembalikan kepada kebiasaan manusia (โ€˜urf).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

ูƒูู„ู‘ู ุงุณู’ู…ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ุญูŽุฏู‘ูŒ ูููŠ ุงู„ู„ู‘ูุบูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ูููŠ ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุนู ููŽุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฌูุนู ูููŠู‡ู ุฅู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูุฑู’ูู ููŽู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุณูŽููŽุฑู‹ุง ูููŠ ุนูุฑู’ูู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ููŽู‡ููˆูŽ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุนูŽู„ู‘ูŽู‚ูŽ ุจูู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽุงุฑูุนู ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ูŽ

โ€œSetiap nama yang tidak memiliki batasan dalam bahasa dan tidak pula dalam syariโ€™at, maka rujukan untuk menentukannya dikembalikan kepada kebiasaan, maka apa yang dianggap safar menurut kebiasaan manusia, itulah safar yang dikaitkan dengan hukum oleh Penetap syariโ€™at.โ€ [Majmuโ€™ Fatawa, 24/40-41]

Kelima: Apabila Terjadi Perbedaan Kebiasaan Manusia dalam Penentuan Jarak Safar

Apabila seseorang sulit memastikan kebiasaan manusia dalam penentuan satu jarak safar karena perbedaan kebiasaan mereka maka hendaklah kembali kepada pendapat jumhur ulama, yaitu 80 KM.

Asy-Syaikh Ibnul โ€˜Utsaimin rahimahullah berkata,

ูˆู„ุง ุญุฑุฌ ุนู†ุฏ ุงุฎุชู„ุงู ุงู„ุนุฑู ููŠู‡ ุฃู† ูŠุฃุฎุฐ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุจุงู„ู‚ูˆู„ ุจุงู„ุชุญุฏูŠุฏุ› ู„ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„ ุจู‡ ุจุนุถ ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ูˆุงู„ุนู„ู…ุงุก ุงู„ู…ุฌุชู‡ุฏูŠู†, ูู„ูŠุณ ุนู„ูŠู‡ู… ุจู‡ ุจุฃุณ ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰, ุฃู…ุง ู…ุงุฏุงู… ุงู„ุฃู…ุฑ ู…ู†ุถุจุทุงู‹ ูุงู„ุฑุฌูˆุน ุฅู„ู‰ ุงู„ุนุฑู ู‡ูˆ ุงู„ุตูˆุงุจ

โ€œTidak mengapa ketika terjadi perbedaan kebiasaan dalam jarak tertentu sehingga seseorang mengambil pendapat yang menentukan jarak safar (80 KM), karena itu adalah pendapat sebagian imam dan ulama mujtahid, maka tidak mengapa insya Allah, namun apabila perkaranya dapat dipastikan dengan kebiasaan maka dikembalikan kepada kebiasaan itulah yang benar.โ€ [Majmuโ€™ Fatawa wa Rosaail Ibnil โ€˜Utsaimin, 15/265 no.1098]

Keenam: Kapan Musafir Boleh Berbuka?

Musafir baru dibolehkan berbuka ketika ia telah berstatus sebagai musafir. Maka apabila seseorang berniat di malam hari untuk safar di siang hari, tidak boleh ia masuk waktu pagi dalam keadaan tidak berpuasa, karena ia baru meniatkan safar, belum melakukan safar.

Al-Imam Ibnu Abdil Barr rahimahullah berkata,

ูˆูŽุงุชู‘ูŽููŽู‚ูŽ ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูุณูŽุงููุฑู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆุฒู ู„ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุจูŽูŠู‘ูุชูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑูŽ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณูŽุงููุฑูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ู…ูุณูŽุงููุฑู‹ุง ุจูุงู„ู†ู‘ููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ู…ูุณูŽุงููุฑู‹ุง ุจูุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูู‡ููˆุถู ูููŠ ุณูŽููŽุฑูู‡ู

โ€œPara Fuqoha sepakat dalam permasalahan musafir di bulan Ramadhan bahwa ia tidak boleh bermalam dalam keadaan berniat tidak berpuasa, karena musafir tidak menjadi musafir dengan sekedar berniat safar, tetapi dengan perbuatan dan mulai melakukan safarnya.โ€ [At-Tamhid, 22/49]

Ketujuh: Di Mana Musafir Boleh Berbuka?

Pendapat Pertama: Apabila sudah meninggalkan perumahan kampungnya. Ini yang dikuatkan Asy-Syaikh Ibnul โ€˜Utsaimin rahimahullah.[6]

Pendapat Kedua: Apabila sudah siap melakukan safar walau masih berada di kampungnya. Ini yang dikuatkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah.[7]

Pendapat yang kuat insya Allah adalah pendapat yang kedua berdasarkan beberapa riwayat, diantaranya dari Tabiโ€™in yang Mulia Muhammad bin Kaโ€™ab rahimahullah, beliau berkata,

ุฃูŽุชูŽูŠู’ุชู ุฃูŽู†ูŽุณูŽ ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูุฑููŠุฏู ุณูŽููŽุฑู‹ุงุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูุญูู„ูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ุฑูŽุงุญูู„ูŽุชูู‡ูุŒ ูˆูŽู„ูŽุจูุณูŽ ุซููŠูŽุงุจูŽ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑูุŒ ููŽุฏูŽุนูŽุง ุจูุทูŽุนูŽุงู…ู ููŽุฃูŽูƒูŽู„ูŽุŒ ููŽู‚ูู„ู’ุชู ู„ูŽู‡ู: ุณูู†ู‘ูŽุฉูŒุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูู†ู‘ูŽุฉูŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฑูŽูƒูุจูŽ

โ€œAku mendatangi Anas bin Malik di bulan Ramadhan dan beliau ingin melakukan safar, kendaraannya pun telah disiapkan dan beliau telah mengenakan pakaian safar, maka beliau meminta makanan lalu memakannya. Aku pun berkata kepadanya: Apakah ini sunnah? Beliau berkata: Ya sunnah. Kemudian beliau naik kendaraan.โ€ [HR. At-Tirmidzi, Shahih At-Tirmidzi, 1/419]

Al-Imam At-Tirmidzi rahimahullah berkata,

ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุจูŽุนู’ุถู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุนูู„ู’ู…ู ุฅูู„ูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุญูŽุฏููŠุซูุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ููˆุง: ู„ูู„ู’ู…ูุณูŽุงููุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠููู’ุทูุฑูŽ ูููŠ ุจูŽูŠู’ุชูู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌูŽ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ู’ุตูุฑูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌูŽ ู…ูู†ู’ ุฌูุฏูŽุงุฑู ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู ุฃูŽูˆู ุงู„ู‚ูŽุฑู’ูŠูŽุฉูุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽ ุจู’ู†ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ุงู„ุญูŽู†ู’ุธูŽู„ููŠู‘ู

โ€œSebagian ulama berdalil dengan hadits ini, mereka berkata: Boleh bagi musafir untuk berbuka di rumahnya sebelum keluar, tetapi tidak boleh baginya meng-qoshor sholat sampai ia keluar dari perumahan kotanya atau kampungnya, ini adalah pendapat Ishaq bin Ibrahim Al-Hanzhali.โ€ [Sunan At-Tirmidzi, 2/155]

Kedelapan: Apabila Musafir Singgah di Satu Daerah, Masih Bolehkah baginya Berbuka atau Tidak Berpuasa?

Pendapat Pertama: Boleh berbuka hanya bagi musafir yang tinggal sementara di suatu daerah dalam waktu kurang dari empat hari, apabila lewat empat hari maka wajib baginya puasa dan tidak boleh meng-qoshor sholat. Pendapat ini yang dikuatkan Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah.[8]

Pendapat Kedua: Selama apa pun boleh baginya berbuka selama ia tidak berniat mukim. Pendapat ini yang dikuatkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah.[9]

Pendapat yang kuat insya Allah adalah pendapat yang kedua, karena tidak ada dalil shahih dan sharih yang menunjukkan penentuan batas waktu bagi musafir yang singgah di satu negeri, maka selama ia tidak menetap, statusnya masih musafir, berlaku baginya hukum-hukum musafir terkait sholat dan puasa.

Dan terdapat banyak riwayat para sahabat dan tabiโ€™in yang tinggal sementara di satu negeri selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun dalam keadaan meng-qoshor sholat, karena mereka tidak berniat untuk menetap atau bermukim.

Namun telah kami jelaskan di atas, dalam kondisi musafir mampu berpuasa dan tidak merasa berat, maka lebih afdhal melakukan puasa daripada berbuka.

Kesembilan: Orang yang Safar dengan Pesawat atau Kendaraan yang Nyaman, Masih Bolehkah Berbuka?

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

ูˆู„ุง ุญุฑุฌ ููŠู‡ ุณูˆุงุก ูƒุงู†ุช ูˆุณุงุฆู„ ุงู„ู†ู‚ู„ ู…ุฑูŠุญุฉ ุฃูˆ ุดุงู‚ุฉ ู„ุฅุทู„ุงู‚ ุงู„ุฃุฏู„ุฉ

โ€œTidak apa-apa bagi musafir untuk berbuka, sama saja apakah sarana transportasinya nyaman atau tidak nyaman, berdasarkan keumuman dalil-dalil (tidak memberikan pengecualiaan terhadap jenis transportasi tertentu).โ€ [Majmuโ€™ Al-Fatawa, 15/236]

Kesepuluh: Apabila Musafir Pulang di Siang Hari dalam Keadaan Tidak Berpuasa, Bolehkah baginya Makan, Minum dan Berhubungan Suami Istri?

Pendapat Pertama: Tidak boleh karena statusnya bukan lagi musafir. Pendapat ini dikuatkan Al-Lajnah Ad-Daimah.[10] Tetapi tidak sah baginya berpuasa apabila telah masuk waktu pagi dalam keadaan berbuka atau tadinya berpuasa kemudian telah berbuka karena safar, maka ia tetap harus meng-qodhoโ€™.

Pendapat Kedua: Boleh karena ia berbuka dengan sebab yang dibolehkan syariโ€™at. Pendapat ini dikuatkan Asy-Syaikh Ibnul โ€˜Utsaimin rahimahullah.[11]

Pendapat yang kuat insya Allah adalah pendapat kedua, karena tidak ada dalil shahih lagi sharih yang mengharuskannya untuk menahan diri dari makan, minum dan berhubungan suami istri dalam keadaan ia tidak berpuasa, dan terdapat beberapa riwayat dari Salaf yang menguatkan pendapat ini.

Sahabat yang Mulia Ibnu Masโ€™ud radhiyallahuโ€™anhu berkata,

ู…ู† ุฃูุทุฑ ุฃูˆู„ ุงู„ู†ู‡ุงุฑ ูู„ูŠูุทุฑ ุขุฎุฑู‡

โ€œBarangsiapa dibolehkan berbuka di awal hari maka boleh baginya berbuka di akhirnya.โ€ [Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah, 3/54]

Al-Imam Malik dan Asy-Syafiโ€™i rahimahumallah berkata,

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ู‚ูŽุฏูู…ูŽ ู…ูุณูŽุงููุฑูŒ ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุญูŽุงู„ู ููŽูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชูŽู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุทูŽู‡ูุฑูŽุชู’ ุฌูŽุงุฒูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุทู’ุคูู‡ูŽุง

โ€œAndai seorang musafir kembali dalam keadaan seperti ini, lalu ia mendapati istrinya baru bersih dari haid (dan tidak berpuasa karena sampai Shubuh masih haid), maka boleh baginya untuk menggauli istrinya tersebut.โ€ [At-Tamhid, 22/53]

Ats-Tsauri meriwayatkan dari Abu Ubaid, dari Jabir bin Zaid rahimahumullah,

ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุฏูู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุณูŽููŽุฑู ูููŠ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ููŽูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉูŽ ู‚ูŽุฏู ุงุบู’ุชูŽุณูŽู„ูŽุชู’ ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุถูŽุชูู‡ูŽุง ููŽุฌูŽุงู…ูŽุนูŽู‡ูŽุง

โ€œBahwa beliau ketika pulang dari safar di bulan Ramadhan, mendapati istrinya baru mandi besar dari haidnya, maka beliau menggaulinya.โ€ [At-Tamhid, 22/53]

Kesebelas: Suami Istri yang Melakukan Safar di Bulan Ramadhan

Suami istri yang melakukan safar bersama di bulan Ramadhan boleh berhubungan suami istri karena tidak wajib bagi mereka berpuasa.

Akan tetapi bila mereka melakukan safar hanya untuk bersiasat agar mendapat keringanan berhubungan suami istri maka dosa mereka lebih besar, karena mereka telah membatalkan puasa dengan berjimaโ€™ dan melakukan tipu daya dalam syariโ€™at.

Maka wajib atas mereka bertaubat kepada Allah taโ€™ala dan membayar kaffaroh, sebagaimana akan datang pembahasannya lebih detail insya Allah taโ€™ala.

Keduabelas: Apa Kewajiban Musafir yang Tidak Berpuasa?

Kewajibannya hanyalah meng-qodhoโ€™ sejumlah hari yang ia tinggalkan di bulan Ramadhan, sebagaimana firman Allah taโ€™ala,

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุฑููŠุถู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽููŽุฑู ููŽุนูุฏู‘ูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุฃูุฎูŽุฑูŽ ูŠูุฑููŠุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจููƒูู…ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู ุจููƒูู…ู ุงู„ู’ุนูุณู’ุฑูŽ

โ€œDan siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.โ€ [Al-Baqoroh: 185]

Ketigabelas: Puasa Pekerja yang Terus Melakukan Safar Seperti Pilot dan Supir

Keumuman dalil mencakup orang-orang yang bekerja dalam keadaan safar seperti supir, pilot dan yang semisalnya, maka boleh bagi mereka untuk berbuka dan meng-qoshor sholat.

Kewajiban mereka hanyalah meng-qodhoโ€™ puasa setelah bulan Ramadhan, selain di hari-hari yang terlarang berpuasa, yaitu dua hari raya dan hari-hari Tasyriq.[12]

Akan tetapi, sebagaimana telah kami jelaskan di atas, dalam kondisi musafir mampu berpuasa dan tidak merasa berat, maka lebih afdhal melakukan puasa daripada berbuka.

ูˆุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชูˆููŠู‚ ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู…

Catatan Kaki:

[1] Lihat Asy-Syarhul Mumtiโ€™, 6/330 dan 6/343.

[2] Lihat Fatawa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 10/203, no. 7652.

[3] Sebagai faidah seputar permasalahan โ€˜urf, lihat risalah ringkas kami yang berjudul โ€œAl-โ€˜Urf, Haqiqatuhu, wa Hujjiyyatuhu wa Tathbiqotuhโ€, yang kami susun di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Asy-Syaikh Dr. Hisyam Muhammad As-Saโ€™id hafizhahullah.

[4] Lihat Majmuโ€™ Al-Fatawa, 24/38-44.

[5] Lihat Majmuโ€™ Fatawa wa Rosaail Ibnil โ€˜Utsaimin, 15/265 no. 1098.

[6] Lihat Asy-Syarhul Mumtiโ€™, 6/346.

[7] Lihat risalah โ€œTashih Hadits Ifthoris Shooim Qobla Safarihi wa Baโ€™dal Fajriโ€.

[8] Lihat Majmuโ€™ Fatawa Ibni Baz, 12/276.

[9] Lihat Majmuโ€™ Al-Fatawa, 24/18.

[10] Lihat Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 10/210 no. 1954.

[11] Lihat Asy-Syarhul Mumtiโ€™, 6/409.

[12] Lihat Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 10/212.

โ•โ•โ• โโœฟโ โ•โ•โ•

Bimbingan Umroh & Haji Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray, Lc dan Asatidzah Ahlus Sunnah hafizhahumullah

Insya Allah Keberangkatan Umroh dan Haji 2024
โ€“ Umroh Iโ€™tikaf Akhir Ramadhan, Lebaran di Makkah 17 Hari (1 April โ€™24)
โ€“ Umroh Syawwal Libur Lebaran (15 April โ€™24)
โ€“ Haji Tanpa Antri 2024
โ€“ Umroh 17 Agustus 2024
โ€“ Umroh Desember (Akhir Tahun 2024)

HUBUNGI wa.me/628118247111

Gabung Grup WA Info dan Konsultasi Fikih Umroh dan Haji Asatidzah Ahlus Sunnah:

โ•โ•โ• โโœฟโ โ•โ•โ•

WA GROUP KAJIAN ISLAM
Ketik: Daftar
Kirim ke Admin:
wa.me/628111833375

TELEGRAM
t.me/taawundakwah
t.me/sofyanruray
t.me/kajian_assunnah
t.me/kitab_tauhid
t.me/videokitabtauhid
t.me/kaidahtauhid
t.me/akhlak_muslim

Medsos dan Website:
โ€“ youtube.com/c/kajiansofyanruray
โ€“ instagram.com/sofyanruray.info
โ€“ facebook.com/sofyanruray.info
โ€“ instagram.com/taawundakwah
โ€“ facebook.com/taawundakwah
โ€“ twitter.com/sofyanruray
โ€“ sofyanruray.info

#Yuk_share agar menjadi amalan yang terus mengalir insya Allah. Rasulullah shallallaahuโ€™alaihi wa sallam bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ุฏูŽู„ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽูŠู’ุฑู ููŽู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑู ููŽุงุนูู„ูู‡ู

โ€œBarangsiapa menunjukkan satu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkannya.โ€ [HR. Muslim dari Abu Masโ€™ud Al-Anshori radhiyallaahuโ€™anhu]





Source link


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Al-Qur'an Application

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading