Segala puji bagi Allah. Selawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat beliau seluruhnya.
Berikut ini pembahasan-pembahasan ringan, namun lengkap insyaAllah, terkait dengan fikih khotbah hari raya. Semoga Allah memberikan taufik-Nya kepada kita semua, Amin.
Hukum khotbah hari raya
Khotbah hari raya, atau khotbah salat Id, atau biasa diringkas khotbah Id, hukumnya adalah sunah. Ini merupakan kesepakatan dari empat mazhab fikih: Hanafi, Maliki, Syafiโi, dan Hanbali.
Dari Sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu โanhuma, beliau berkata,
ุดูุฏุชู ุตูุงุฉู ุงูููุทุฑู ู ุน ูุจููู ุงูููู ุตูููู ุงูููู ุนููู ูุณูููู ุ ูุฃุจู ุจูุฑูุ ูุนูู ุฑูุ ูุนุซู ุงููุ ููููููู ููุตูููููุง ูุจูู ุงูุฎูุทุจุฉูุ ุซู ููุฎุทูุจุ ูุงู: ููุฒููู ูุจููู ุงูููู ุตูููู ุงูููู ุนููู ูุณูููู ูุฃูููู ุฃูุธูุฑ ุฅููู ุญูู ููุฌููููุณู ุงูุฑุฌุงูู ุจูุฏูุ ุซู ุฃููุจูู ููุดููููู ุ ุญุชู ุฌุงุกู ุงููููุณุงุกูุ ูู ุนู ุจูุงููุ ููุงู:
(ููุง ุฃููููููุง ุงููููุจูููู ุฅูุฐูุง ุฌูุงุกููู ุงููู ูุคูู ูููุงุชู ููุจูุงููุนููููู ุนูููู ุฃููู ููุง ููุดูุฑููููู ุจูุงูููููู ุดูููุฆูุง) [ุงูู ู ุชุญูุฉ: 12] ุ
ูุชููุง ูุฐู ุงูุขูุฉู ุญุชู ูุฑุบู ู ููุงุ ุซู ูุงู ุญูู ูุฑูุบ ู ููุง: ุฃูุชูููู ุนูู ุฐูููุ ููุงูุชู ุงู ุฑุฃุฉู ูุงุญุฏุฉูุ ูู ููุฌูุจูู ุบูุฑููุง ู ููููู: ูุนู ุ ูุง ูุจููู ุงููููุ ูุง ููุฏุฑูู ุญููุฆุฐู ู ู ููุ ูุงู: ูุชูุตุฏููููููุ ูุจูุณุทู ุจูุงูู ุซูุจููุ ุซู ูุงู: ููู ูู! ููุฏูู ููููู ุฃุจู ูุฃู ูููุ ูุฌุนูููู ูููููููู ุงููุชุฎูุ ูุงูุฎูุงุชู ู ูู ุซูุจู ุจูุงูู
โAku pernah menyaksikan salat Idul Fitri bersama Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam, Abu Bakar, Umar, dan Utsman. Mereka semua melaksanakan salat sebelum khotbah, kemudian berkhotbah. Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam turun, seolah-olah aku melihatnya saat beliau mendudukkan para pria dengan tangannya, lalu berjalan melewati mereka hingga sampai pada para wanita, bersama Bilal. Beliau bersabda,
(ููุง ุฃููููููุง ุงููููุจูููู ุฅูุฐูุง ุฌูุงุกููู ุงููู ูุคูู ูููุงุชู ููุจูุงููุนููููู ุนูููู ุฃููู ููุง ููุดูุฑููููู ุจูุงูููููู ุดูููุฆูุง)
โWahai Nabi, apabila datang kepadamu wanita-wanita yang beriman untuk berbaiat kepadamu, bahwa mereka tidak akan menyekutukan Allah dengan sesuatu apapunโ [1], lalu beliau membacakan ayat ini hingga selesai.
Setelah selesai, beliau bertanya, โApakah kalian setuju dengan hal itu?โ Seorang wanita menjawab, tidak ada yang menjawab selain dia, โYa, wahai Rasulullah.โ Tidak diketahui saat itu siapa dia.
Beliau bersabda, โBersedekahlah.โ Bilal membentangkan kainnya, lalu berkata, โKemarilah! Demi ayah dan ibuku sebagai tebusanmu.โ Mereka mulai memberikan sedekah berupa perhiasan dan cincin ke dalam kain Bilal.โ [2]
Selain itu, terdapat hadis lain dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu โanhu, beliau berkata,
ุฅููู ุงููุจููู ุตูููู ุงูููู ุนููู ูุณูููู ูุงู ู ููู ู ุงูููุทุฑูุ ูุตููููุ ูุจุฏุฃ ุจุงูุตูููุงุฉู ูุจู ุงูุฎูุทุจุฉูุ ุซู ุฎุทูุจู ุงููููุงุณูุ ููู ููุง ูุฑูุบู ูุจููู ุงูููู ุตูููู ุงูููู ุนููู ูุณูููู ูุฒูููุ ูุฃุชู ุงููููุณุงุกูุ ูุฐููููุฑูููููโฆ
โSesungguhnya Nabi shallallahu โalaihi wasallam berdiri pada hari Idul Fitri, lalu salat. Beliau memulai dengan salat sebelum khotbah, kemudian berkhotbah kepada orang-orang. Setelah selesai, beliau turun dan mendatangi para wanita, mengingatkan mereka โฆโ [3]
Sisi pendalilan dari kedua hadis di atas adalah penundaan khotbah setelah salat Id menunjukkan bahwa khotbah tersebut tidak wajib. Khotbah ditempatkan pada waktu yang memungkinkan bagi mereka yang ingin meninggalkannya untuk pergi, tidak seperti khotbah Jumat. [4]
Waktu khotbah hari raya
Khotbah pada hari Jumat dilakukan sebelum salat, sedangkan khotbah pada hari Id dilakukan setelah salat. [5]
Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu โanhu,
ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููุงูู ููุตููููู ููู ุงูุฃูุถูุญูู ููุงูููุทูุฑูุ ุซูู ูู ููุฎูุทูุจู ุจูุนูุฏู ุงูุตููููุงุฉู
โRasulullah shallallahu โalaihi wasallam biasa melaksanakan salat Idul Adha dan Idul Fitri, kemudian berkhotbah setelah salat.โ [6]
Dan dari Ibnu Umar radhiyallahu โanhu,
ูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุฃุจู ุจูุฑ ูุนู ุฑ ูุตููู ุงูุนูุฏูู ูุจู ุงูุฎุทุจุฉ
โNabi shallallahu โalaihi wasallam, Abu Bakar, dan Umar biasa melaksanakan salat Idul Fitri dan Idul Adha sebelum khotbah.โ [7]
Jumlah khotbah hari raya
Disunahkan untuk melaksanakan dua khotbah Id, dan ini merupakan kesepakatan dari empat mazhab fikih: Hanafi, Maliki, Syafiโi, dan Hanbali. Kesepakatan (ijmaโ) juga telah dinyatakan mengenai hal ini. Ini merupakan qiyas dengan khotbah Jumat, dan karena ini adalah kebiasaan dalam khotbah Nabi shallallahu โalaihi wasallam. [8]
Ibnu Hazm rahimahullah berkata,
ูุฅุฐุง ุณูููู ุงูุฅู ุงู ู ูุงู ูุฎุทูุจ ุงููุงุณ ุฎูุทุจุชููุ ูุฌูุณ ุจูููู ุง ุฌูุณุฉ, ูุฅุฐุง ุฃุชู ูููู ุง ุงูุชุฑู ุงููุงุณ. ูุฅูู ุฎุทูุจ ูุจู ุงูุตูููุงุฉ ูููุณุชู ุฎูุทุจุฉ, ููุง ูุฌูุจ ุงูุฅูุตุงุช ูู, ูููู ูุฐุง ูุง ุฎููุงูู ููู ุฅูููุง ูู ู ูุงุถุน ูุฐููุฑูุง ุฅูู ุดุงุก ุงููู ุชุนุงูู
โSetelah imam selesai (salat), beliau berdiri dan berkhotbah kepada orang-orang dengan dua khotbah, dengan duduk sejenak di antara keduanya. Setelah selesai, orang-orang bubar. Jika beliau berkhotbah sebelum salat, maka itu bukan khotbah dan tidak wajib mendengarkannya. Semua ini tidak ada perbedaan pendapat, kecuali dalam beberapa hal yang akan kami sebutkan, insyaAllah.โ [9]
Ketika menjelaskan khotbah salat hari raya, Syekh Sholeh Fauzan hafidzahullah mengatakan,
ูุฅุฐุง ุณูู ู ู ุงูุตูุงุฉุ ุฎุทุจ ุฎุทุจุชููุ ูุฌูุณ ุจูููู ุงุ ูู ุง ุฑูู ุนุจูุฏ ุงููู ุจู ุนุจูุฏ ุงููู ุจู ุนุชุจุฉุ ูุงู: โุงูุณูุฉ ุฃู ูุฎุทุจ ุงูุฅู ุงู ูู ุงูุนูุฏูู ุฎุทุจุชููุ ููุตู ุจูููู ุง ุจุฌููุณโุ ุฑูุงู ุงูุดุงูุนูุ ููุงุจู ู ุงุฌู ุนู ุฌุงุจุฑ: โุฎุทุจ ูุงุฆู ุงุ ุซู ูุนุฏ ูุนุฏุฉุ ุซู ูุงู โ
โSetelah selesai salat, dia berkhotbah dua khotbah, duduk di antara keduanya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ubaidillah bin Ubaidillah bin Utba, beliau berkata, โSunahnya adalah imam berkhotbah pada Idul Fitri dan Idul Adha dengan dua khotbah, dipisahkan oleh duduk di antara keduanya.โ Diriwayatkan oleh Syafiโi. Dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Jabir, โBeliau berkhotbah sambil berdiri, lalu duduk sejenak, kemudian berdiri lagi.โโ [10]
Hal-hal yang disunahkan dalam khotbah Idul Fitri
Di dalam khotbah, disunahkan hal-hal berikut:
Dalam pembukaan khotbah, disunahkan untuk memulai khotbah dengan pujian (hamdalah) seperti khotbah-khotbah lainnya, bukan dengan takbir.
Ini adalah pendapat sebagian ulama Syafiโiyah dan sebagian ulama Hanabilah. Ini juga merupakan pilihan Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim, Ibnu Rajab, dan Ibnu Baz rahimahumullah.
Hal ini didasarkan pada dua alasan berikut:
Pertama, tidak ada bukti yang kuat dari Nabi shallallahu โalaihi wasallam bahwa beliau memulai khotbah Idul Fitri atau khotbah lainnya dengan takbir.
Kedua, memulai dengan hamdalah adalah kebiasaan Nabi shallallahu โalaihi wasallam dalam khotbah-khotbah beliau. [11]
Dalam materi khotbah, disunahkan untuk mengajarkan kepada orang-orang tentang hukum-hukum Idul Fitri, memberi nasihat, dan anjuran bersedekah. Pada Idul Adha, diajarkan tentang hukum-hukum kurban. Ini merupakan kesepakatan dari empat mazhab fikih: Hanafi, Maliki, Syafiโi, dan Hanbali.
Dalil dari hal ini adalah hadis-hadis yang telah berlalu tentang keberadaan khotbah beliau shallallahu โalaihi wasallam. Selain itu, salah satu tujuan disyariatkannya khotbah Id adalah untuk mengajarkan hukum-hukum yang berkaitan dengan waktu tersebut. [12]
Dianjurkan ada nasihat khusus yang ditujukan kepada mereka dalam khotbah Id.
Hal ini didasarkan pada hadis Abdullah bin Abbas radhiyallahu โanhuma di awal artikel.
Syaikh Sholeh Al-Fauzan berkata,
ููุจุบู ุฃู ุชูุฌู ุฅูููู ู ูุนุธุฉ ุฎุงุตุฉ ุถู ู ุฎุทุจุฉ ุงูุนูุฏุ ูุฃูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุง ุฑุฃู ุฃูู ูู ูุณู ุน ุงููุณุงุกุ ุฃุชุงููุ ููุนุธููุ ูุญุซูู ุนูู ุงูุตุฏูุฉุ ูููุฐุง ููุจุบู ุฃู ูููู ูููุณุงุก ูุตูุจ ู ู ู ูุถูุน ุฎุทุจุฉ ุงูุนูุฏุ ูุญุงุฌุชูู ุฅูู ุฐูู ูุฅูุชุฏุงุก ุจุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โDianjurkan ada nasihat khusus yang ditujukan kepada mereka dalam khotbah Id. Karena Nabi shallallahu โalaihi wasallam, ketika melihat bahwa para wanita tidak mendengar, beliau mendatangi mereka, memberi nasihat, dan menganjurkan mereka untuk bersedekah. Demikian pula, seharusnya para wanita mendapatkan bagian dari topik khotbah Id karena kebutuhan mereka akan hal itu dan mengikuti contoh Nabi shallallahu โalaihi wasallam.โ [13]
Mendengarkan khotbah salat Id adalah sunah
Tidak mengapa bagi mereka yang telah melaksanakan salat Id untuk pergi dan tidak duduk mendengarkan khotbah. Namun, mendengarkan khotbah tentu lebih utama. [14]
Dalilnya adalah hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin As-Saโib, beliau berkata, โAku menyaksikan Id bersama Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam. Setelah selesai salat, beliau bersabda,
ุฅูุง ูุฎุทูุจูุ ูู ููู ุฃุญุจูู ุฃูู ูุฌููุณู ููุฎูุทุจุฉู ูููููุฌููุณูุ ูู ููู ุฃุญุจูู ุฃูู ูุฐููุจู ูููููุฐููุจู.
โKita akan berkhotbah. Barangsiapa yang ingin duduk untuk khotbah, silakan duduk. Barangsiapa yang ingin pergi, silakan pergi.โ โ [15]
Demikian penjelasan ringkas, dan insyaAllah menyeluruh, tentang khotbah hari raya. Semoga selawat dan salam senantiasa tercurah bagi Nabi Muhammad, keluarga, dan pengikut beliau.
***
Rumdin Ponpes Ibnu Abbas Assalafy Sragen, 2 Zulhijah 1445.
Penulis: Prasetyo, S.Kom.
Artikel: Muslim.or.id
ย
Referensi utama:
Al-Fiqh Al-Muyassar fi Dhouโil Kitab was Sunnah, Tim Ulama Saudi, Darul Alamiyah โ Mesir, cet. ke-2, 2016 M.
Al-Mulakhkhash Al-Fiqhiy, Syekh Shalih Fauzan Al-Fauzan, Darul Aqidah โ Mesir, 2009 M.
Al-Mausuโah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, Tim Ulama Kuwait, Dar Shofwah โ Mesir, cet. ke-1, 1421 (Maktabah Syamilah)
ย
Catatan kaki:
[1] QS. Al-Mumtahanah: 12.
[2] HR. Bukhari no. 4895 dan Muslim no. 884.
[3] HR. Bukhari no. 981 dan Muslim no. 885.
[4] lihat juga Al-Mausuโah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, 19: 186.
[5] Mausuโatul Fiqhil Islamiy, At-Tuwaijiriy, 2: 662; dan lihat Al-Fiqh Al-Muyassar, hal. 104.
[6] HR. Bukhari no. 957 dan Muslim no. 888.
[7] HR. Bukhari no. 963.
[8]
[9] Al-Muhalla, 5: 82, lihat referensi sebelumnya
[10] Al-Mulakhkhash Al-Fiqhiy, hal. 199.
[11]
[12]
[13] Al-Mulakhkhash Al-Fiqhiy, hal. 200.
[14]
[15] HR. Abu Dawud no. 1155, disahihkan oleh Imam Al-Albani rahimahullah.
Leave a Reply